Kesabaran Adalah Kunci Menjaga Kehormatan Diri Perawat


SLPI - Karena perawat bekerja menghadapi  berbagai macam manusia yang berbeda karakter dan kebiasaan, perawat harus mampu bersikap sabar dan bijaksana dalam segala suasana. Hal ini penting agar perawat dapat menghadapi kesulitan-kesulitan dalam bekerja yang berasal dari ketersinggungan perasaan perasaan oleh orang lain.

“Kehormatan diri seorang perawat merupakan modal utama dalam bekerja. Dengan menjaga kehormatan dirinya, perawat akan mudah membangun kepercayaan pada saat bekerja”

Perawat di tuntut mudah bergaul dengan semua orang. Untuk itu, perawat mesti berhati-hati dalam bertindak dan bekerja yang berasal dari ketersinggungan perasaannya oleh orang lain, khususnya dengan pasien dan keluarga pasien yang di tanganinya. Selain itu perawat di tuntut untuk mengungkapkan perkataan simpatinya dan menunjukkan perhatian tulus kepada pasien. Agar perawat mudah bersimpati, ia mesti berlatih untuk berpikir dan bertindak dengan menggunakan sudut pandang si penderita.

Bekerja dengan gembiran dan bersemangat juga merupakan sikap bijkasana perawat yang harus di jaga. Perawat harus meyakini bahwa dengan memperlihatkan sikap optimisnya ketika bekerja, ia secara tak langsung akan mengubah suasan batin penderita dan keluarganya dari kemuraman menjadi keriangan. Hal ini bisa membangkitkan rasa optimisme si sakit dan keluarga terhadap kesembuhan penyakit tersebut. Adapun beberapa poin penting untuk menjaga kehormatan diri seorang perawat antara lain:

Menjaga Hubungan Antara Si Sakit Dan Perawat Sebatas Hubungan Keperawatan

Perawat sebisa mungkin memposisikan dirinya sebagai seorang yang siap sedia merawat  pasien. Ia tidak boleh sibuk sendiri dengan urusan pribadi ketika sedang melakukan asuhan keperawatan terhadap pasien, misalnya sedang sibuk berbicara di telepon genggamnya. Selain itu, perawat juga harus menjaga agar hubungan dengan pasien tidak berkembang ke hubungan yang bersifat pribadi yang dapat mengabaikan tugasnya terhadap tugas yang lain.

Mencegah Timbulnya Kecelakaan Di Rumah Sakit

Biasanya kecelakaan yang terjadi di Rumah Sakit karena pelanggaran atau kelalaian. Baik yang dilakukan oleh pasien dan keluarga yang menunggunya maupun oleh perawat sendiri. Oleh karena itu, perawat harus disiplin dalam bekerja dan mentaati seluruh aturan pekerjaan untuk mencegah kecelakaan yang timbul dari kelalaian. Perawat juga berkewajiban menjaga pasien dan keluargannya tidak berbuat kecerobohan yang dapat memicu kecelakaan yang tidak di inginkan.

Tetap Berjaga Penuh Ketika Dinas Malam

Dinas malam merupakan  tugas praktik yang penting bagi perawat. Dinas malam juga merupakan waktu yang menuntut perhatian dari perawat dibandingkan dengan waktu lainnya. Oleh karena itu, pengamatan perawat terhadap penderita harus lebih besar. Tanggung jawab perawat di malam hari juga lebih berat. Perawat harus meyakinkan dan menenangkan penderita agar dapat tidur, mengurangi rasa sakit penderita yang umumnya memuncak di malam hari, semisalnya dengan cara menggosok-gosok penggung pederita. Perawat juga harus lebih waspada di malam hari dan bersiaga menghadapi keadaan mendadak yang di alami penderita.

Tidak Menerima Tanda Terima Kasih Dari Pasien Dan Keluarganya

Perawat harus menjelaskan kepada pasien atau keluarganya bahwa ia bekerja dengan tulus, tanpa mengharap imbalan dari pasien dan keluarganya. Selain itu, Negara melarang perawat menerima tanda terima kasih dari pasien. Apalagi, jika tanda terima kasih tersebut diberikan pasien dengan tujuan agar ia mendapatkan perlakuan yang lebih dan fasilitas yang mewah. Hal ini jelas merupakan pelanggaran kode etik perawat.

Beribu cara kucari,beribu cara kujalani..
Kulakukan pengabdian ini.
Ku ingin menjadi manusia berguna dengan pengabdian ini

Sungguh kulakukan pengabdian ini dengan ikhlas,
pada jiwa jiwa yang perlu disembuhkan

Dengan sepenuh hati untuk mengobati
Untuk mengabdi pada negeri
Jangan biarkan lelah menjadi pemberat langkahku
Pada jiwa jiwa yang membutuhkan

TUHAN,,,,,,
Jangan pernah temukan aku pada titik lelah,
Jangan biarkan bosan menjadi pembelenggu dalam hati
Jangan biarkan malas menjadi penghalang,
yang dapat menjadikan pengabdian ini berhenti ditengah
Jangan pernah kenalkan aku pada titik jenuh,

Semoga pengabdian ini bisa membawa senyum mereka,
dan selamanya…

 Kesehatan mereka dan kebahagiaan mereka…
 Hari ini….
 Esok…. 
dan selamnya...

Penulis: Iwansyah
Founder Suara Literasi Perawat Indonesia
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Kesabaran Adalah Kunci Menjaga Kehormatan Diri Perawat"