Free Download Buku "Memotivasi Diri Dan Bergerak Menjadi Perawat Pengusaha"

SLPI - Disaat banyak sekali perawat yang berfikir bahwa beratnya tugas seorang perawat tidaklah sebanding dengan penghargaan yang harus diterimanya. Sebenarnya siapakah yang salah? Institusi pendidikan, pemerintah, penyedia lapangan kerja atau keluguan masyarakat ? Rasanya untuk menyelesaikan masalah ini tidaklah perlu kita saling menyalahkan siapapun, karena tentu tak akan ada yang mau dipersalahkan atas keadaan sulit yang menimpa professi ini jika itu memang telah dirasa sulit. Kalau anda tetap ingin mencari biang kerok dari ketidakpuasan terhadap professi ini, saran saya salahkanlah diri sendiri, dan tunjuklah hidung sendiri yang selama ini tidak mampu memaknai professi ini dengan sebaik-baiknya, menghormatinya, dan memantaskannya untuk menjadikan diri sendiri terhormat dan bahagia

Ketika kita berbicara tentang profesi keperawatan, selama ini biasanya persepsi kita seperti sudah terpola secara sistematis bahwa seorang perawat adalah insan yang dicetak untuk menjadi seorang pelayan yang lebih identik dengan pola kerja sebagai seorang karyawan. Apapun spesifikasi kerja yang digelutinya, seorang perawat telah terlanjur terpersepsikan sebagai seorang professional yang dicetak untuk bekerja pada sebuah institusi yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan, baik di luar maupun di dalam negeri.

Perawat sepertinya hanya dapat bekerja sebagai pemberi asuhan keperawatan di rumah sakit, klinik, puskesmas ataupun institusi pendidikan keperawatan yang tentunya identik dengan gajian atau menunggu gaji bulanan. Satu hal besar yang seharusnya tidak di abaikan oleh seorang perawat adalah betapa besarnya peluang bagi seorang perawat untuk menjadi seorang wirausahawan atau entrepreneur. Luasnya dimensi pelayanan keperawatan dalam ranah profesi kesehatan, seharusnya dapat dijadikan sebagai peluang oleh para perawat dalam membangun budaya berwirausaha, baik itu berupa barang maupun jasa. Meningkatnya minat perawat untuk berwirausaha diharapkan dapat menciptakan persepsi baru bahwa profesi keperawatan adalah profesi yang sangat menjanjikan yang mampu memberikan pencitraan positif bagi profesi keperawatan, yang dimulai dari meningkatnya status ekonomi seorang perawat yang pada saat ini sepertinya masih belum membanggakan, atau dapat dikatakan bahwa rata-rata tingkat ekonomi perawat masih berada di bawah profesi kesehatan lainnya.

Agak sedikit susah bagi kita sebagai perawat atau masyarakat awam untuk membayangkan seorang perawat yang menjadi pemilik apotek, pemilik klinik keperawatan, pemilik toko obat, pemilik kantin makanan sehat, atau pemilik sebuah institusi atau perusahaan yang menciptakan lapangan kerja bagi orang lain atau minimal bagi dirinya. Lebih mudah kita membayangkan laboratorium milik seorang analis, Apotek milik seorang apoteker, klinik atau rumah sakit milik seorang dokter bahkan hebatnya bidan yang notabene merupakan saudara muda profesi perawat, lebih dikenal sebagai pemilik rumah bersalin serta bidan praktek swasta dengan prospek yang sangat menjanjikan.

Dalam menyikapi hal tersebut tidaklah tepat jika seorang perawat hanya bisa menyalahkan profesi lain yang telah disebutkan di atas sebagai penghambat ruang gerak perawat dalam menunjukan kemampuannya dalam berwirausaha. Justru kita harus mampu menjadikan mereka sebagai mitra yang mampu membuka peluang yang lebih luas bagi seorang perawat dalam berwirausaha. Sudah saatnya kita meninggalkan perdebatanperdebatan internal yang selalu mempermasalahkan masalah definisi, atau menyalahkan orang atau profesi lain sebagai penyebab terhambatnya kemajuan profesi keperawatan. Satu hal yang harus disadari adalah bahwa untuk menjadi seorang wirausahawan yang baik kata kuncinya adalah praktek atau melaksanakan sesuatu mulai dari hal yang terkecil dengan pandangan yang positif dan penuh dengan keberanian.

Cepat atau lambat seharusnya waktu dapat mengajarkan kita bagaimana untuk melakukan sesuatu yang terbaik dalam hidup ini tanpa harus membuang percuma waktu kita dengan hanya mengeluh dan menyalahkan orang lain atas ketidak berdayaan kita.

Buku ini adalah buku yang ditulis untuk membangkitkan kembali ghiroh atau semangat seorang perawat dalam meningkatkan kualitas hidupnya tidak hanya sebagai seorang karyawan saja, tetapi lebih dari itu yaitu mampu membuka wawasan untuk bergerak menjadi seorang pengusaha yang mampu berinovasi dan menciptakan peluang baru dalam berwirausaha.


Terlepas dari segala kekurangan yang ada dalam isi maupun tehnik penyajian dalam buku ini, saya berharap agar pembaca dapat memberikan masukan dan kritik membangun dalam proses penyempurnaan buku ini. Semoga buku ini dapat menjadi wacana yang mampu membangkitkan semangat berwirausaha seorang perawat serta membuatnya untuk segera bergerak nyata sekecil apapun upaya yang dilakukannya tanpa harus menunggu atau menundanya, karena meskipun dirinya masih menjadi seorang mahasiswa keperawatan sekalipun semua bisa dan mungkin untuk melakukannya tanpa harus meninggalkan tugas dan kewajibannya sebagai seorang perawat ataupun mahasiswa keperawatan.

Untuk mendapatkan buku "Memotivasi Diri Dan Bergerak Menjadi Perawat Pengusaha"
Silahkan Download DISINI

Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Free Download Buku "Memotivasi Diri Dan Bergerak Menjadi Perawat Pengusaha""