Makna Simbol Ular dalam Dunia Kesehatan


SLPI - Pahamkah kalian akan simbol ular yang ada pada semua lambang profesi dibidang dunia kesehatan?

Gambar berupa simbol ular yang melilit sebuah tongkat begitu familiar dengan dunia medis. Mulai dari kemasan obat, lambang semua profesi kesehatan, hingga keterangan-keterangan di rumah sakit.

Mendengar kata ular seringkali membuat orang takut membayangkan wujudnya, gigitannya hingga racunnya yang berbahaya dan mematikan.

Namun di masa lampau dijaman kuno, ular juga menjadikan perlambangan dari hal yang terkait dengan pengobatan dan penyembuhan. Ular memiliki bisa yang sangat mematikan dan juga dapat menyembuhkan.
Sama halnya dengan semua profesi yang bergelut dalam bidang kesehatan baik sebagai tenaga medis maupun tenaga non-medis, yang dimana dalam mengemban kewajibannya seperti sebuah jembatan yang menghubungkan antara kehidupan (sembuh/selamat) dengan kematian (meninggal)-nya seorang pasien yang ditanganinya.

Simbol seekor ular yang melingkar pada sebuah tongkat yang kerap menjadi identitas dunia medis merujuk pada tongkat dewa Asclepius, seorang dewa mitologi Yunani kuno yang merupakan dewa pengobatan dan penyembuhan. Asclepius senantiasa membawa sebuah tongkat kayu yang dililit oleh seekor ular.

Inilah yang kemudian dijadikan inspirasi pembuatan logo dunia medis modern. Seringkali kita temui simbol ular yang melilit pada kayu dimodifikasi dalam bentuk ular yang melilit tongkat/pena/gelas cawan/mangkok yang diidentikan dengan jenis profesi yang ada dalam dunia kesehatan.
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Makna Simbol Ular dalam Dunia Kesehatan"