Kami (Perawat) Bukan Pembantu

Ilustrasi

SLPI ~ Bidang yang menurut orang-orang adalah bidang yang hanya mencetak "Pembantu-pembantu" berkedok medis yang nantinya hanya bekerja untuk membersihkan pup pasien, membersihkan muntahan dan memandikan mereka.

Ya. terserahlah...

"Iiiiiih jadi perawat nanti nyebokin orang dong??? Mandiin orang ya??? iiih"

Teman-teman, beberapa detik pasca mendengarkan pertanyaan mereka saya hanya tertawa geli atau tersenyum kecut. Saya tidak tertawa untuk menyembunyikan perasaan sedih saya.

Saya hanya tertawa karena saya berpikir :
  1. "Mengapa banyak orang yg masih begitu picik pikirannya?"
  2. "Mengapa masih banyak diantara mereka yg belum memiliki wawasan tentang karir di bidang ini dan sebuah reputasi dan prestasi tempat saya mengambil bidang ini?Apakah mereka belum Pernah dengar ada yang disebut dengan 'internet' di dunia ini untuk mencari informasi?"
  3. "Mengapa banyak orang yg seolah-olah menghina bidang ini padahal mereka pun belum tentu lebih baik daripada orang-orang yg sama dengan saya, yg juga mengambil bidang ini?"
Pertama-tama, terimakasih kepada orang-orang yg melontarkan pertanyaan ini.
"Iiiiih jadi perawat nanti nyebokin orang dong??? mandiin orang ya??? iiih"

Sekali lagi terimakasih.

Kali ini untuk persepsi anda yang telah menghina dan merendahkan profesi kami.

Tepuk tangan!

Apakah hanya hal-hal itu yang anda ingat dari seorang suster yg baik dan ramah ketika merawat anda?
  1. Pernahkah anda ingat ketika anda atau saudara anda sakit kemudian harus melewati masa rawat inap, lalu mereka memasangkan infus kepada anda untuk rehidrasi agar keadaan anda cepat kembali pulih?
  2. Pernahkah anda ingat mereka yg menyuntikkan obat di tangan anda atau di selang infus anda ketika anda sakit dan tidak berdaya?
  3. Pernahkah anda ingat mereka yg menenangkan anda dan memberikan informasi yg benar ketika anda ketakutan dg penyakit yg anda alami?
  4. Pernahkah anda ingat bahwa merekalah yg setia mendampingi anda utk menjaga kondisi anda tetap stabil saat dokter sulit sekali ditemui dan sudah lama tidak datang memeriksa anda?

Dan apakah anda tahu. mereka-perawatlah yang berjuang memberikan saran pengobatan yg lebih baik utk anda kepada dokter ketika seorang dokter diperkirakan menawarkan metode penanganan yang kurang tepat yg justru akan memperparah keadaan anda?

Apakah anda tahu merekalah-para perawat yg berjuang memberi tahu dokter tentang kekurangan-kekurangan anda utk membayarkan obat yg mahal sekali harganya dan menanyakan apakah ada alternatif lain yg sama baiknya dg terapi yang disarankan dokter tapi bisa anda jangkau?

Apakah anda tahu bahwa banyak sekali puskesmas yg sulit mendapatkan jasa seorang dokter dan perawatlah yg sesungguhnya menangani anda 100% sampai memilihkan dan memberikan obat demi kesembuhan anda?? padahal itu menyimpang dari peraturan pemerintah dan mereka bisa saja dipenjarakan karena memberikan obat kepada anda demi kesembuhan anda karena tidak ada seorangpun dokter yg bisa datang menangani anda???

Lalu kenapa yg anda ingat hanya ketika mereka membersihkan muntahan anda, menceboki anda, atau memandikan anda?

Memang benar. perawat memandikan pasien. memang benar perawat kadang menceboki pasien. Memang benar kadang perawat membersihkan muntahan pasien. lalu kenapa??? adakah yg salah???

Apa hanya karena itu kami dikatai pembantu???

perawat berusaha membantu anda memenuhi kebutuhan dasar yg tidak dapat anda penuhi sendiri ketika anda tidak berdaya karena sakit

Perawat adalah tonggak terdepan yg mengetahui kondisi anda secara keseluruhan. perawat yg mengetahui keadaan anda selama 24 jam.

Dan setelah itu semua, anda menghina profesi seorang perawat???

Setelah perawat begitu besarnya mencurahkan tenaga demi kesembuhan anda???

Apakah anda tidak merasakan bahwa pekerjaan perawat itu sungguh mulia???

Sama halnya ketika anda jatuh ke sebuah lembah, lalu seseorang menolong anda, dan anda malah mendorong penolong anda itu sampai ia terperosok ke dalam lembah.

Bejatnya anda bukan? silahkan pikir sendiri.

Terimakasih
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Kami (Perawat) Bukan Pembantu"