Ini Cara Penanganan bradikardia


SLPI ~ Bradikardi merupakan kondisi saat denyut jantung kurang dari 60 kali permenit. Orang normal pada umumnya memiliki kecepatan denyut jantung antara 60-100 kali permenit. Namun, pada orang-orang yang jantungnya terlatih, seperti atlet, denyut jantungnya dapat kurang dari 60 kali permenit. Jika jantung kurang terlatih seperti pada mereka yang jarang berolahraga atau beraktifitas fisik, denyut jantung cenderung lebih cepat. Hal tersebut berkaitan dengan curah jantung yang lebih tinggi tiap kali jantung memompa pada mereka yang jantungnya terlatih dibandingkan yang tidak.

Meskipun batasan bradikardia adalah 60 kali permenit, tetapi umumnya tanda dan gejala akan dapat timbul apabila denyut jantung kurang dari 50 kali permenit. Pasien dapat menunjukan gejala sesak napas, nyeri dada, pusing, penurunan kesadaran, lemah, maupun pingsan. Pada pemeriksaan bisa didapatkan kondisi hipotensi, syok, edema paru serta akral dingin dengan penurunan produksi urin.

Dalam situasi gawat darurat, selalu nilai kesesuaian denyut jantung dengan kondisi klinis. Apabila pasien tidak menunjukan gejala dan tanda yang berarti, pasien cukup dimonitor dan diobservasi. Namun, jangan lupa untuk tetap melakukan penilaian ABC. Pastikan jalan napas paten dan tidak ada gangguan dalam bernapas. Jika terdapat hipoksemia, ditandai dengan penurunan saturasi atau pasien mengalami gangguan pola napas, berikan oksigen sesuai kebutuhan. Selanjutnya lakukan penilaian tekanan darah serta identifikasi irama. Siapkan juga akses intravena serta pemeriksaan EKG 12 sadapan. Pemeriksaan EKG tidak boleh membuat penundaan terapi bradikardi.

Hal yang harus segera dipastikan apabila menjumpai pasien dengan denyut nadi kurang dari atau sama dengan 50 kali permenit adalah apakah bradikardia tersebut menyebabkan hipotensi, penurunan kesadaran, tanda-tanda syok, nyeri dada iskemia atau gagal jantung akut? Jika tidak, pasien cukup dimonitor dan diobservasi. Jika iya, pasien perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Atropin menjadi pilihan utama pada pasien bradikardi kecuali pada kasus AV blok derajat 2 tipe 2 atau AV blok total. Pada kedua kasus tersebut, yang perlu segera dilakukan adalah pemasangan pacu jantung transkutan sambil menunggu pemasangan pacu jantung transvena.

Atropin diberikan secara intravena dengan dosis 0.5 mg bolus. Jika belum didapatkan denyut jantung target, pemberian atropin dapat diulang setiap 3-5 menit hingga 6 kali. Total dosis atropin maksimal adalah 3 mg.

Apabila ternyata dengan pemberian atropin dosis maksimal target denyut jantung belum tercapai, dapat dipilih salah satu dari 3 terapi yaitu pacu jantung transkutan, dopamin drip atau epinefrin drip.

Selain pacu jantung transkutan (tidak dibahas pada artikel ini), kita dapat memilih menggunakan obat (kecuali pada AV blok derajat 2 tipe 2 atau AV blok total yang mana pilihannya adalah pacu jantung) yaitu dopamin atau epinefrin.

Dopamin diberikan secara drip intravena.
Dosis dopamin pada bradikardia lebih rendah apabila tidak disertai dengan kasus hipotensi dan syok yaitu 2-10 mcg/kgbb/menit. Sementara pada kasus hipotensi dan syok dosis dopamin adalah 2-20 mcg/kgbb/menit. Hal tersebut dikarenakan pada dosis >10 mcg/kgbb/menit dopamin menyebabkan vasokonstriksi. Apabila terjadi bradikardi disertai dengan tekanan darah yang rendah, dopamin dengan dosis yang dapat menyebabkan vasokonstriksi tetap baik diberikan.

Sementara itu, epinefrin drip intravena dosisnya adalah 2-10 mcg/menit (tidak menggunakan kgbb). Selanjutnya, dilakukan pengawasan perkembangan pasien serta konsultasi pada ahli.
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Ini Cara Penanganan bradikardia"