File Lengkap Pokja PAB Standar Kemenkes 2022


Tindakan anestesi, sedasi, dan intervensi bedah merupakan proses yang kompleksdan sering dilaksanakan di rumah sakit. Hal tersebut memerlukan:

  1. Pengkajian pasien yang lengkap dan menyeluruh;
  2. Perencanaan asuhan yang terintegrasi;
  3. Pemantauan yang terus menerus;
  4. Transfer ke ruang perawatan berdasar atas kriteria tertentu;
  5. Rehabilitasi; dan
  6. Transfer ke ruangan perawatan dan pemulangan.
Anestesi dan sedasi umumnya merupakan suatu rangkaian proses yang dimulai darisedasi minimal hingga anastesi penuh. Tindakan sedasi ditandai dengan hilangnya refleks pertahanan jalan nafas secara perlahan seperti batuk dan tersedak. Karena respon pasien terhadap tindakan sedasi dan anestesi berbeda-beda secara individu dan memberikan efek yang panjang, maka prosedur tersebut harus dilakukan pengelolaan yang baik dan terintegrasi. Bab ini tidak mencakup pelayanan sedasi di ICU untuk penggunaan ventilator dan alat invasive lainnya.

Karena tindakan bedah juga merupakan tindakan yang berisiko tinggi maka harus direncanakan dan dilaksanakan secara hati-hati. Rencana prosedur operasi dan asuhan pascaoperasi dibuat berdasar atas pengkajian pasien dan didokumentasikan. Bila rumah sakit memberikan pelayanan pembedahan dengan pemasangan implant,maka harus dibuat laporan jika terjadi ketidak berfungsinya alat tersebut dan proses tindak lanjutnya.

Standar pelayanan anestesi dan bedah berlaku di area manapun dalam rumah sakityang menggunakan anestesi, sedasi ringan, sedang dan dalam, dan juga pada tempat dilaksanakannya prosedur pembedahan dan tindakan invasif lainnya yang membutuhkan persetujuan tertulis (informed consent). Area ini meliputi ruang operasi rumah sakit, rawat sehari (ODC), poliklinik gigi, poliklinik rawat jalan, endoskopi,radiologi, gawat darurat, perawatan intensif, dan tempat lainnya.

Fokus pada standard ini mencakup:
  1. Pengorganisasian dan pengelolaan pelayanan sedasi dan anastesi.
  2. Pelayanan sedasi.
  3. Pelayanan anastesi.
  4. Pelayanan pembedahan
Bagi bapak/ibu yang menginginkan file lengkap Pokja PAB standar Kemenkes 2022 silahkan whatsapp 081242949477 
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "File Lengkap Pokja PAB Standar Kemenkes 2022"