Lima Nilai Professional dalam Keperawatan



Literasi Perawat ~ Menurut Kozier (2016) terdapat 5 nilai-niai profesionalisme dalam keperawatan yaitu:
  1. Altruism yang berarti perawat memperhatikan atau mementingkan kesejahteraan orang lain
  2. Autonomy berarti perawat menghargai hak-hak pasien dalam membuat keputusan tentang perawatan dirinya
  3. Human dignity berarti perawat menghargai martabat klien sebagai manusia dengan segala nilai dan keunikan yang dimilikinya
  4. Integrity yaitu nilai yang diwujudkan dengan tindakan-tindakan yang sesuai dengan kode etik dan standar praktik keperawatan
  5. Social justice berarti perawat menjunjung tinggi prinsip moral, legal, dan kemanusiaan. Disini perawat tidak membeda-bedakan klien berdasarkan SARA ataupun hal-hal lain.

Selain nilai-nilai profesionalisme, perawat juga harus menerapkan prinsip moral dalam keperawatan, menurut Prof. Ratna, Profesionalisme Dalam Keperawatan prinsip moral dibagi menjadi 6 yaitu:
Menghargai otonomi klien

  1. Beneficence dan nonmaleficence, perawat berbuat baik dan tidak merugikan orang lain
  2. Justice, bersikap adil kepada klien
  3. Veracity, jujur dan tidak membohongi klien
  4. Avoiding killing, menghargai kehidupan manusia dengan tidak membunuh
  5. Fidelity, menepati janji dan menyimpan rahasia klien.

Setelah beberapa penjelasan diatas, stigma bahwa perawat adalah pembantu dokter tentu sangat tidak tepat, tidak selamanya perawat mengikuti perintah dokter ataupun mengerjakan pekerjaan dokter karena perawat memiliki ciri tersendiri dalam melakukan praktik keperawatan yaitu asuhan keperawatan. 

Dalam melakukan pekerjaannya perawat terfokus kepada "caring" sedangkan dokter "curing". Sebagai pelaksana caring untuk pasien perawat juga memiliki tugas sekunder yaitu curing, begitu pula dengan dokter, ia memiliki tugas sekunder yaitu caring. Dalam konsep curing yang diperhatikan hanya kesehatan secara fisik, beda dengan caring  yang memperhatikan aspek psikologis, fisik, spiritual, dan sosial.



Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Lima Nilai Professional dalam Keperawatan"