Aku Bangga Menjadi Seorang Perawat


Perawat, mereka segera bergegas Jam baru saja menunjukan 07:00, Namun bagi iwan adalah batas di mana ia dan teman-temannya sesama perawat harus berlarian menyusuri lorong-lorong panjang di tiap sudut rumah sakit tempat mereka bekerja, karena di dalam tiap ruangan di dalam sana teman teman mereka harus segera digantikan setelah semalaman berkutat dengan pekerjaan. Selama dalam lorong panjang canda tawa mereka riuh, keceriaan mereka menandakan kesiapannya untuk mengabdi di pagi ini, dan mereka pun harus segera memisahkan diri dari kelompok besarnya dan segera masuk ruangannya masing-masing.

Timbang terima atau operan jaga Sesampai di ruangan mereka segera melakukanTimbang Terima. Timbang terima (operan) merupakan teknik atau cara untuk menyampaikan laporan yang berkenaan dengan keadaan pasien. Perawat yang bertanggung jawab terhadap pasien melaporkan langsung kepada perawat penanggung jawab berikutnya dengan membawa laporan timbang terima Pelaksanaan timbang terima dapat dilakukan di ruang perawat, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi pasien satu-persatu terutama pada pasien-pasien yang memiliki masalah khusus serta memerlukan observasi lebih lanjut.

24 jam menemani pasien Mereka 24 jam mendampingi pasien, yang pagi menggantikan yang malam, yang malam menggantikan yang sore, dan yang sore menggantikan yang pagi sesuai jadwal yang telah diberikan. Mereka sama halnya yang memiliki rumah sakit karena 24 jam melayani tanpa henti, namun begitu dari segi penghasilan jasa jauh dibanding profesi kesehatan lainnya, sebagian orang menganggap pendidikan mereka tak sepadan, dan hal inilah yang menjadikan lecutan bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan daripada yang sekarang ini. Beda lagi yang bertugas di Gadar (gawat darurat), selain harus cekatan mereka harus terlatih paling tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan khusus, baik yang di ICCU, NICU, OK, IRD, serta ruang intensif lainnya. Mereka nyaris tidak tidur semalaman apalagi ketika jumlah kunjungan ramai di musim BPJS seperti saat-saat ini. Tidak ada pengecualian, perawat pria atau wanita harus siap di tugaskan di mana saja, tidak ada diskriminasi gender, pekerjaan perawat wanita dikerjakan perawat pria, pekerjaan perawat wanita biasa dikerjakan perawat pria. Di pendidikan mereka sudah dibiasakan akan hal itu.

Perawat bukan dewa, perawat juga bukan raksasa yang kuat tenaganya, di sela kesibukannya mereka harus bergantian untuk istirahat, makan pun harus bergantian, makan bersama keluarga hanya impian bagi kebanyakan dari mereka. Dan perawat juga manusia, yang butuh dunia sosial dan teknologi dalam genggamannya, hiburan di sela rutinitasnya. narsis Perawat harus bisa berperan sebagai pendidik, pendidik bagi pasien dan keluarganya, pendidik bagi sesama perawat, juga pendidik bagi yunior untuk regenerasi keperawatan.

Perawat harus bisa lakukan hal itu. menjadi pembicara pada seminar Menjadi bagian dari oraganisasi adalah suatu yang mutlak perawat lakukan, PPNI adalah organisasi profesi yang menaungi para perawat di Indonesia. Menjadi bagian kepengurusan ataupun anggota mempunyai kewajiban yang sama untuk membesarkan PPNI. Kegiatan PPNI berupa pembinaan, seminar, pendidikan berkelanjutan, serta bakti sosial adalah tanggung jawab bersama.

Panas hujan bukan alasan untuk meninggalkan tugas, mereka baru bisa meninggalkan tugas bila mendapat pengganti jaga. Hari Minggu atau libur hanya impian, mereka mendapatkan libur sesuai rotasi jadwal mereka. Anak, istri, suami ataupun keluarga sudah terbiasa akan hal itu, tidak ada lagi ada protes. panas hujan,bukan alasan Kehidupan mereka adalah kebalikan dari orang kebanyakan, ketika yang lainnya berangkat tidur mereka harus berangkat bekerja, dan ketika orang kebanyakan berangkat kerja mereka malah berangkat tidur. Lorong panjang dan gelap, menjadi pelengkap cerita mistis mereka. Antara kebaranian dan keterpaksaan menelusuri lorong di kegelapan menjadi keseharian mereka. Kematian hanya soal waktu bisa datang kapan saja dan di mana saja, pengabdian dan melayani adalah janji mereka yang telah tertanam dalam hati.
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Aku Bangga Menjadi Seorang Perawat "