Soal dan Pembahasan UKOM Profesi Ners



Ilustrasi
Soal Latihan Uji Kompetensi  "lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan" Jika anda berminat untuk mendapatkan  file Asli PDF/Word sehingga dapat mempermudah anda untuk belajar silahkan Watshapp admin Suara Literasi Perawat Indonesia (081242949477). Untuk diketahui blog ini sudah dipasang anti COPAS (Copy Paste) “Selamat Belajar... Semoga Bermanfaat"

Soal Latihan KBS #‎UKOMNers KMB 001
Seorang perawat merawat klien dengan glomerulonephritis akut. Tindakan manakah yang dapat didelegasikan kepada pembantu perawat?
A. Memobilisasi klien secara berkala
B. Mendorong klien untuk diet tinggi protein
C. Menghindarkan botol air dari jangkauan klien
D. Memeriksa suhu tubuh klien secara dua jam
E. Mendorong asupan cairan untuk mencegah dehidrasi.

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 001
Jawaban : C
Rasional: Klien dengan glomerulonephritis akut pada umumnya mengalami kelebihan volume cairan dan kelelahan. Intervensi untuk membatasi asupan cairan dan memantau berat badan, asupan dan keluaran cairan disarankan. Diet yang disarankan adalah tinggi kalori rendah protein. Klien diistirahatkan di tempat tidur, atau disarankan untuk beristirahat, karena terdapat korelasi langsung antara proteinuria dan hematuria dengan peningkatan aktivitas. Pemeriksaan suhu tubuh setiap dua jam dianggap tidak perlu.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, merawat klien dengan glomerulonephritis akut. Dengan mengingat patofisiologi yang berkaitan dengan kelainan ginjal dan potensi kelebihan volume cairan akan mengarahkan pada jawaban yang tepat.


Soal Latihan KBS  #‎UKOMNers  KMB 002
Seorang perawat (perawat teregistrasi) Ners sedang merawat klien dengan Cushing’s syndrome. Seorang mahasiswa keperawatan bekerja dengan Ners selama sehari. Pernyataan manakah yang menunjukkan mahasiswa tersebut memahami Cushing’s syndrome?
A.“Cushing’s syndrome disebabkan oleh kelebihan kortisol”
B.“Cushing’s syndrome disebabkan oleh penurunan jumlah produksi aldosterone”
C.“Cushing’s syndrome disebabkan oleh kelebihan hormone ADH”
D.“Cushing’s syndrome disebabkan penurunan jumlah hormon paratiroid”
E.“Cushing’s syndrome disebabkan kelebihan growth hormone”


Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 002
Jawaban : A
Rasional: Cushing’s syndrome adalah kondisi yang disebabkan oleh kelebihan kortisol. Pilihan B, C, D, dan E adalah pemahaman yang keliru tentang kondisi klien.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, pengertian Cushing’s syndrome. Dengan mengingat bahwa kondisi ini berkaitan dengan glands adrenal akan membantu untuk tidak mengabaikan pilihan C, D, dan E. Dengan sisa pilihan yang ada, ingatlah bahwa Cushing’s (berarti naik, sekresi berlebih) untuk mengarahkan kepada jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS  #‎UKOMNers  KMB 03
Seorang perawat mempersiapkan tindakan pengisapan (suction) klien yang terpasang tracheostomy tube. Berapakah batas waktu maksimal yang harus ditentukan perawat pada tindakan pengisapan tersebut? A. 1 menit B. 5 detik C. 10 detik D. 30 detik E. 20 detik


Jawaban :C
Rasional: Hiposekmia dapat disebabkan karena tindakan pengisapan (suctioning) yang terlalu lama, yang dapat merangsang aktivitas sel-sel pacemaker jantung. Sebagai konsekuensinya respons vasovagal dapat terjadi, dan menyebabkan bakardia. Oleh karena itu, perawat harus memberikan tambahan oksigen sebelum pengisapan dilakukan dan membatasi durasi setiap tindakan pengisapan sampai dengan 10 detik.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, prosedur pelaksanaan pengisapan. Dengan mengingat bahwa selama pengisapan saluran pernapasan klien menjadi terhalang; oleh karenanya pilihan A, D, dan E dapat dikesampingkan. Dari sisa pilihan yang ada, pilihan B dapat ditinggalkan karena rentang waktu yang terlalu pendek. Durasi lima detik akan tidak memungkinkan tindakan dapat dilakukan secara optimal.


4. Soal Latihan KBS  #‎UKOMNers  KMB 004
Seorang klien dengan trauma dada mengalami flail chest. Tanda pasti manakah yang dapat ditemukan perawat sebagai tanda khas flail chest?
A.Sianosis
B.Hipotensi
C.Gerakan dada yang tidak sama antara kiri dan kanan (paradoksal)
D.Kesulitan bernapas, khususnya pada saat ekspirasi
E.Nafas cepat dan dangkal

Jawaban :C
Rasional: Flail chest terjadi sebagai akibat patah tulang rusuk yang multiple. Hal ini menyebabkan tulang rusuk menjadi ‘mengambang’. Karena bagian ini terlepas dari bagian tulang rusuk lain, bagian tulang yang terlepas dapat menyebabkan gerakan paradoksal. Ini berarti pada saat inspirasi fragmen tulang yang patah akan tertarik ke dalam, sedangkan bagian dada yang lain mengembang. Begitu juga pada saat ekspirasi segmen tulang mengembang keluar, sementara bagian dada yang sehat mengempis.gerakn seperti ini menandakan flail chest.
Strategi mengejakan soal: perhatikan kata penanda ‘tanda khas’. Sianosis, hipotensi dan takipnea dapat terjadi dengan berbagai gangguan pernapasan. Oleh karena itu hilangkan kemungkinan memilih A, B, dan E. dari sisa pilihan yang tersisa, pilihlah gerakan dada paradoksal daripada kesulitan bernapas saat ekspirasi, dengan mengingat bahwa flail chest menandakan adanya patahan segmen tulang yang bergerak bebas terlepas dari bagian rusuk yang lain.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 005
Seorang perawat mengajarkan kepada klien tentang efek pemberian diphenhydramine, yang digunakan untuk menekan batuk. Respons klien berikut ini menunjukkan klien perlu mendapatkan instruksi lebih lanjut jika menyatakan:
A.“Saya akan minum obatnya dalam keadaan perut kosong”
B.“Saya tidak akan minum obat ini bersamaan dengan alcohol”
C.“Saya akan makan permen karet bebas gula, permen, ataupun obat kumur untuk mengurangi sensasi mulut kering”
D.“Saya tidak akan melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan mental saat mengkonsumsi obat ini”
E.“Saya akan minum obatnya 15 menit setelah makan”


Jawaban : A
Rasional: Diphenhydramine memiliki beberapa kegunaan, termasuk sebagai antihistamin, antitusif, antidiskinetik, dan sedatif-hipnotik. Instruksi yang perlu disampaikan saat menggunakan obat ini termasuk diantaranya untuk meminumnya dengan makanan atau susu untuk mengurangi sensasi tidak nyaman pada perut, dan penggunaan obat kumur ataupun permen karet bebas gula dan permen dapat digunakan untuk mengurangi sensasi mulut kering. Karena penggunaan obat ini juga dapat menyebabkan gejala berputar, klien dianjurkan untuk menghindari pemakaiannya bersama dengan alkohol atau agen yang menekan aktivitas saraf pusat, mengendara mobil atau kendaraan, ataupun aktivitas lain yang membutuhkan kewaspadaan/ konsentrasi.
Strategi mengerjakan soal: perhatian kata penanda ‘perlu mendapatkan informasi lanjut’. Kata-kata ini mengindikasikan pertanyaan tentang dampak negatif dan mengarahnkan bahwa pilihan ini tidak tepat. Dengan memahami bahwa obat ini memiliki efek sedasi akan membantu anda menghapus pilihan B dan D karena kedua pilihan tersebut sebanding dan mirip. Dengan mengingat bahwa pengobatan ini menyebabkan mulut terasa kering, akan mengarahkan pada jawaban yang benar. Jawaban yang tepat adalah ‘dengan meminum obat pada saat kondisi perut kosong’. 

6. Seorang klien mengkonsumsi isoniazid selama 1 ½ bulan. Klien mengeluhkan kepada perawat adanya sensasi mati rasa, parastesis, dan kesemutan pada ekstremitas. Perawat dapat menginterpretasikan bahwa klien telah mengalami masalah yang mana?
A.Hiperkalsemia
B.Neuritis perifer
C.Spasme pembuluh darah kecil
D.Gangguan sirkulasi perifer
E.Nyeri sendi


Jawaban : B
Rasional: Isoniazid adalah salah satu pengobatan pada kasus tuberculosis (TBC). Gejala efek samping yang sering dilaporkan adalah neuritis perifer atau gangguan saraf tepi, yang muncul sebagai sensasi mati rasa, kesemutan, dan parastesis pada ekstremitas. Gejala ini dapat dikurangi dengan pemberian pyridoxine (vitamin B6). Pilihan A, C, D, dan E tidak tepat.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, mati rasa parastesis dan kesemutan pada ekstremitas. Pilihan C dan D tidak menunjukkan gejala yang dapat ditimbulkan dalam pertanyaan, tetapi dapat menyebabkan kepucatan. Dari sisa pilihan jawaban, anda semestinya tahu bahwa neuritis perifer adalah efek yang tidak diinginkan dari pemberian isoniazid, dan tanda-tanda tersebut tidak berkaitan dengan hiperkalsemia, sedangkan nyeri sendi adalah efek samping penggunaan ethambutol.


7. Seorang klien masuk kerumah sakit dengan keluhan nyeri dada dan riwayat diabetes mellitus tipe dua direncanakan tindakan kateterisasi jantung.tindakan pengobatan manakah yang harus dihentikan sejak 24 jam sebelum sampai 48 jam setelah tindakan tersebut?
A.Insulin regular
B.Glipizide
C.Repaglinide
D.Metformin
E.Furosemide


Jawaban : D
Rasional: Pemberian metformin perlu dihentikan sejak 24 jam sebelum sampai dengan 48 jam setelah kateterisasi jantung karena injeksi kontras selama tindakan. Kontras akan mempengaruhi fungsi ginjal, dengan adanya substansi metformin akan meningkatkan resiko asodosis laktat. Sedangkan sisa pilihan jawaban lain tidak mengindikasikan penghentian pemberian 24 jam sebelum sampai dengan 48 jam setelah prosedur kateterisasi jantung.
Strategi mengerjakan soal: singkirkan glipzide, repaglinide, dan furosemide karena sifat obat-obat ini mirip. Meskipun dapat dihentikan pemberiannyapada pagi sebelum pelaksanaan, sebagaimana instruksi puasa/nothing per oral menjelang prosedur. Insulin regular dapat diberikan jika terjadi peningkatan kadar gula darah sebagai akibat pemberian cairan intravena pada hari pelaksanaan kateterisasi.

  8.Klien yang mengalami pembedahan jantung 24 jam sebelumnya, mengalami luaran urine terukur 20 mL/jam selama 2 jam. Klien mendapatkan dosis tunggal 500 mL cairan intravena. Luaran urine terukur selama 1 jam terakhir 25 mL. hasil pemeriksaan laboratorium harian menunjukkan kadar urea nitrogen dalam darau (BUN) 45 mL/dL dan kadar serum kreatinin 2,2 mg/dL. Berdasarkan temuan-temuan ini, resiko manakah yang perlu diwaspadai oleh perawat?
A.  Hipovolemia
B.  Gagal ginjal akut
C.  Glomerulonefritis
D.  Infeksi saluran kemih
E.  Hiperkalsemia


Jawaban : B
Rasional: Klien yang mengalami pembedahan jantung berisiko terhadap gangguan ginjal akut akibat penurunan kualitas perfusi hemolisis dan penurunan curah jantung atau efek pemberian vasopressor. Gangguan ginjal ditandai dengan penurunan luaran urine dan peningkatan urea nitrogendalam darah dan kadar kreatinin. Klien akan membutuhkan pengobatan untuk meningkatkan perfusi ginjal dan mungkin akan membutuhkan dialisis peritoneal ataupun hemodialisis. Tidak ada petunjuk tentang hipovolemia, glomerulonefritis, dan infeksi saluran kemih dan hiperkalsemia. 
Strategi mengerjakan soal: Hilangkan pilihan glomerulonephritis, infeksi saluran kemih dan hiperkalsemia karena setipe dan mirip. Dengan memperhatikan kadar kreratinin, akan menunjukkan untuk menghapus hipovolemia. 

9. Perawat memperhatikan monitor jantung seorang klien dan mengetahui adanya perubahan mendadak pada irama jantung. Gelombang P hilang, dan kompleks QRS melebar, dan irama ventrikuler teratur namun melebihi 140 bpm. Gangguan jantung manakah yang dialami klien?
A.  Sinus takikardi
B.  Ventrikel fibrilasi
C.  Ventrikuler takikardia
D.  Kontraksi ventrikuler prematur (PVC)
E.  Sinus bradikardi

Jawaban :C
Rasional: Ventrikuler takidarkia ditandai dengan ketiadaan gelombang P dan pelebaran kompleks QRS (lebih dari 0,12 detik), dan kecepatan jantung meningkat diantara 140 dan 180x/ menit, sedangkan irama jantung teratur.
Strategi mengerjakan soal: fokus pada subjek karakteristik pola elektrokardiogram dan mencermati data pada pertanyaan. Hilngkan sinus takikardia karena gelobang P menghilang, Premature ventricular contractions (PVCs)adalah ketukan jantung terisolasi diluar siklus jantung, menumpuk padairanma yang ada, jadi pilihan ini juga tidak perlu dipilih. Tanda sinus bradikardi adalah siklus atrial dan ventrikal kurang dari 60x/menit, jadi pilihan E dapat dihilangkan. Dengan mengingat ketiadaan gelombang QRS dengan ventrikel fibrilasi akan mengarahkan pada pilihan yang benar.

10. Seorang klien diterapi dengan procainamide karena mengalami disritmia jantung. Selama menjalani terapi intravena, klien mengeluhkan pusing. Intervensi manakah yang perlu dilakukan pertama kali oleh perawat?
A.  Mengukur kecepatan irama jantung
B.  Memberikan nitrogliserin tablet sebagaimana diresepkan
C.  Segera melakukan pemeriksaan EKG 12-lead
D.  Mengauskultasi apeks detak jantung klien dan memeriksa tekanan darah
E.  Memantau adanya hipersensitivitas

Jawaban :D
Rasional: Tanda keracunan procainamide diantaranya kebingungan/disorientasi, pusing, keluhan mengantuk, penurunan luaran urine, mual, muntah, dan  peningkatan kecepatan jantung dengan irama tidak teratur. Jika klien mengeluhkan pusing, perawat harus memeriksa tanda-tanda vital terlebih dahulu. Meski memeriksa irama jantung dan melaksanakan pemeriksaan EKG 12-lead juga penting, pemeriksaan vital dapat dilakukan setelah tanda vital diperiksa. Nitroglycerin adalah agen vasodilator dan akan menurunkan tekanan darah.
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata penanda ‘pertama kali’. Juga, gunakan langkah-langkah asuhan keperwatan untuk menjawab dengan benar. Dengan mengingat untuk selalu mengutamakan langkah mengkaji klien, bukan menggunakan alat.untuk itu mengauskultasi irama apeks dan memeriksa tekanan darah adalah tindakan yang ahrus pertama kali dilakukan.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 011
 Seorang klien dengan atrial fibrilasi menerima pemberian infus heparin berkelanjutan dengan dosis 1000 unit/jam. Sebagai perwat harus mengetahui bahwa pemberian ini berdasarkan pada hasil pemeriksaan laboratorium yang mana?
A.  Waktu protrombin 12,5 detik
B.  Waktu  activated partia thromoplastin 60 detik
C.   Waktu  activated partia thromoplastin 28 detik
D.  Waktu  activated partia thromoplastin 120 detik
E.  Waktu  activated partia thromoplastin 30 detik

Jawaban :B
Rasional: Hasil pemeriksaan laboratorium untuk rerata waktu activated partial thromboplastin adalah 20 sampai dengan 36 detik. Karena waktu activated partial thromboplastin harus 1,5 hingga 2,5 kali lebih lama dari nilai normal, waktu activated partial thromboplastin klien yang dapat diberikan medikasi pada seputar 60 detik.
Strategi mengerjakan soal: focus pada subjek efek terapi pemberian heparin. Waktu protrombin dapat dikesampingkan karena dapat menentukan respons terhadap terapi warfarin (Coumadin). Waktu activated partial thromboplastin 28 detik dan 30 detik tidak diabaikan karena hasil ini mengindikasikan bahwa klien tidak mendapatkan dampak yang diharapkan terhadap pemberian infus heparin. Selanjutnya  waktu activated partial thromboplastin lebih lama dari 120 detik dapat ditiadakan karena nilai ini melebihi rentang efek terapi dan meningkatkan resiko pendarahan pada klien.

12. Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 012
Seorang klien dibawa kerumah sakit dengan diagnosis pankreatitis akut dan seorang perawat mengkaji nyeri yang dikeluhkan klien. Bagaimanakah jenis nyeri yang sesuai dengan diagnosis tersebut?
A.  Panas dan sakit, di kuadran kiri bawah dan menjalar kepanggung
B.  Nyeri berat dan terus menerus, pada area epigastrium dan menjalar ke punggung
C.  Panas dan sakit, terletak pada area epigastriumdan menjalar ke umbilicus
D.  Nyeri berat dan terus menerus, pada kuadran kiri bawah dan menjalar ke pangkal paha
E.  Nyeri berat dan terus menerus, pada area epigastrium dan menjalar ke panggul

Jawaban :B
Rasional: Nyeri  akibat pankreatitis akut seringkali berat dan terus menerus, pada area epigastrium dan menjalar ke punggung. Pilihan jawaban lain tidak benar. 
Strategi mengerjakan soal: Dengan memperhatikan kata ‘akut’ akan membantu anda mengesampingkan pilihan A, C, D, dan E karena pilihan-pilihan tersebut mirip dan serupa. Dari sisapilihan yang ada,dengan mengingat lokasi anatomis pankreas akan mengarahkan anda ke jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 013
Seorang klien masuk rumah sakit dengan hepatitis infeksi virus,mengeluhkan kehilangan nafsu makan dan kehilangan selera makan. Instruksi manakah yang dapat diberikan perawat kepada klien untuk mempertahankan asupan nutrisi yang cukup?
A.  Memilih makanan tinggi lemak
B.  Meningkatkan asupan cairan, termasuk jus
C.  Makan porsi tambahan jika gejala anoreksia tidak berat
D.  Makan lebih jarang, lebih baik makan hanya 3 kali sehari
E.  Memilih makanan yang tinggi protein tetapi rendah karbohidra

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 013
Jawaban :B
Rasional: Meskipun tidak ada diet khusus untuk penderita hepatitis infeksi virus, secara umum klien disarankan untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak, oleh karena lemak kurang dapat dicerna akibat produksi empedu yang terganggu. Porsi kecil dan sering lebih disarankan dan mungkin dapat mengurangi sensasi mual. Seringkali nafsu makan akan lebih baik dipagi hari. Oleh karenanya disarankan untuk sarapan dengan nutrisi yang baik. Asupan cairan juga disarankan antara 2500sampai 3000 mL/hari, yang termasuk jus yang mengandung nutrisi cukup.
Strategi mengerjakan soal:  Fokus pada subjek diet untuk hepatitis. Pikirkan patofisiologi terkait hepatitis dan berfokus pada keluhan klien untuk mengarahkan ke jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 014
Seorang klien telah mengalami esophagogastroduodenoscopy. Manakah prioritas utama yang perlu direncanakan perawat pada rencana perawatan klien?
A.  Memeriksa suhu tubuh
B.  Memonitor keluhan mulas
C.  Memberikan kumur hangat untuk meredakan nyeri kerongkongan
D.  Memeriksa pengembalian refleks muntah
E.  Memonitor kesulitan menelan
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 014

Jawaban :D
Rasional: Perawat seharusnya memprioritaskan pemeriksaan terhadap refleks muntah. Hal ini adalah upaya memastikan jalur pernapasan klien. Perawat juga perlu mengawasi tanda-tanda vital klien, dan kemungkinan peningkatan suhu tubuh secara mendadak yang mengindikasikan adanya perforasi dari saluran cerna/ gastrointestinal. Komplikasi ini akan muncul bersamaan dengan tanda lain seperti nyeri. Mengevaluasi nyeri kerongkongan, mual, dan kesulitan menelan juga penting, namun memastikan bersihan jalan nafas adalah prioritas utama bagi perawat.

Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata penanda “prioritas utama”. Gunakan konsep prioritas ABC-Airway, Breathing , Circulation. Jawaban yang benar akan mengarahkan pada pilihan untuk mengatasi masalah jalan napas. 

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 015
Seorang Perawat sedang memeriksa klien dengan diagnosis ulkus peptikum. Manakah temuan dari pengkajian yang paling menunjukkan kejadian perforasi lambung?
A.  Brakardia
B.  Tungkai kedua kaki mati rasa
C.  Mual dan muntah
D.  Perut yang kaku seperti papan
E.  Hipovolemia

Jawaban :D
Rasional: Perforasi lambung adalah kondisi darurat bedah yang memiliki karakteristik nyeri berat yang mendadak dan tajam, dan tidak dapat ditoleransi pada area medio-epigastrium dan meluas keseluruh abdomen dan kemudian menyebabkan perut menjadi kaku dan seperti papan. Mual dan muntah dapat terjadi, takikardia dapat muncul sebagai akibat syok hipovolemik. Sensasi mati rasa pada tungkai tidak berhubungan dengan kasus ulkus peptikum.

Staregi mengerjakan soal : Fokus pada subjek, perforasi. Pilihan B dapat dikesampingkan karena tidak berkaitan dengan perforasi. Selanjutnya hilangkan pilihan A karena takidarki yang akan terjadi pada kasus perforasi, bukan bradikardi. Takikardia mungkin muncul jika terjadi syok hipovolemik. Dari sisa pilihan, perhatikan kata ‘penanda yang paling menunjukkan’ akan mengarahkan kepada jawaban yang benar. 

16. Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 016
Seorang klien memulai mendapatkan terapi pancrelipase. Efek manakah dari pilihan berikut yang perlu diperhatikan perawat untuk memberikan pengaruh terapi yang maksimal?
A.  Penurunan berat badan
B.  Rasa mual yang meradang
C.  Perbaikan steatorrhea
D.  Nyeri abdomen mereda
E.  Sedatif

Jawaban : C
Rasional: Pancrelipase adalah enzim pankreatik yang digumnakan sebagai terapi pada klien dengan pankreatitis. Pengobatan ini seharusnya akan menurunkan jumlah lemak pada feses (steatorrehea). Efek lain yang diharapkan adalh peningkatan status gizi. Pengobatan ini tidak ditujukan untuk nyeri abdomen ataupun mulas. Penggunaan obat dapat berakibat kenaikan berat badan. Pancrelipase tidak memberikan efek sedatif pada penggunanya.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, manfaat yang diharapkan dari pengobatan. Gunakan pengetahuan tentang fisiologi pancreas untuk mengarahkan kepada jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 017
 Seorang perawat sedang merawat klien dengan peningkatan tekanan intrakranial. Tanda vital manakah yang perlu diperhatikan perawat sebagai manifestasi peningkatan tekanan intrakarnial?
A.  Peningkatan suhu tubuh, kecepatan nadi dan irama nafas, dan penurunan tekanan darah
B.  Peningkatan suhu tubuh, penurunan kecepatan nadi, peningkatan kecepatan irama nafas, dan peningkatan tekanan darah
C.  Penurunan suhu tubuh, penurunan nadi dan irama nafas, dan peningkatan tekanan darah
D.  Penurunan suhu tubuh, peningkatan kecepatan nadi, penurunan kecepatan nafas dan peningkatan tekanan darah
E.  Peningkatan suhu tubuh dan kecepatan nadi, penurunan kecepatan nafas dan penurunan tekanan darah

Jawaban : B
Rasional: Perubahan pada tanda-tanda vital mungkin merupakan tanda lanjutan peningkatan tekanan intracranial. Gejalanya meliputi peningkatan suhu tubuh dan tekanan darah, penurunan kecepatan nadi dan irama nafas. Irama nafas tidak teratur juga dapat terjadi.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, tanda-tanda peningkatan tekanan intrakranial. jika diingat peningkatan suhu tubuh, akan memudahkan untuk mengesampingkan pilihan C dan D. jika diketahui klien mengalami brakardia, atau tekanan darah meningkat, anda akan dapat memilih jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 018
 Seorang klien yang mengalami pemulihan dari trauma kepala berpartisipasi dalam asuhan keperawatan. Aktivitas manakah yang menunjukkan pemahaman klien terhadap upaya pencegahan peningkatan tekanan intrakranial?
A.  Mengeluarkan ingus melalui hidung
B.  Latihan isometric
C.  Batuk sekuat tenaga
D.  Menghembuskan nafas saat mengubah posisi
E.  Valsava maneuver

Jawaban : D
Rasional: Aktivitas yang meningkatkan tekanan intratorak dan intraabdomen dapat menyebabkan peningkatan tekanan intrakranial secara tidak langsung. Beberapa contoh aktivitas ini diantaranya latihan isometrik, valsalva manuver, batuk, bersin, dan mengeluarkan ingus. Menghembuskan nafas saat beraktivitas seperti berpindahposisi atau bergerak di tempat tidur, membuat celah suara yang mencegah peningkatkan tekanan intratoraks.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, mencegah peningkatan tekanan intracranial. Evaluasi setiap pilihan berhubungan dengan tekanan yang diakibatkan kepada tubuh. Dengan demikian akan memudahkan untuk tidak mengabaikan pilihan yang tidak sesuai dengan mudah.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 019
 Seorang klien mengeluarkan cairan jernih keluar dari lubang hidung setelah terjadi fraktur basis kranialis. Temuan manakah yang perlu dicurigai perawat sebagai cairan serebrospinal?
A.  Cairan jernih dan tes kandungan glukosa negatif
B.  Cairan bercampur darah dengan pH 6
C.  Cairan bergumpal pada pembalut luka dengan pH 7
D.  Cairan yang tidak menyatu dengan tes kandungan glukosa yang positif
E.  Cairan bercampur darah dengan hasil tes kandungan gula positif

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 019
Jawaban : D
Rasional: Terjadinya keluaran cairan serebrospinal (cerebrosfinal fluid/CSF) dari hidung atau telinga merupakan tanda fraktur basis kranii. CSF dapat dibedakan dari bentuk cairan tubuh lain karena ia akan terpisah menjadi substansi berwarna kemerahan kekunungan dengan batas tegas pada balutan luka, disebut sebagai halo sign. Cairan ini juga positif memiliki kandungan gula.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, karakterik CSF. Ingat bahwa CSF mengandung gula, sedang sekresi lainseperti mucus tidak. Dengan memahami bahwa CSF akan terpisah membentuk cincin akan membantu memilih jawaban yang tepat.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 020
Seorang perawat sedang mengevaluasi tanda gejala neurologis seorang klien yang mengalami syok spinal akibat trauma tulang belakang. Hasil observasi manakah yang menunjukkan syok spinalis menetap?
A.  Hiperrefleksia
B.  Refleks positif
C.  Kelumpuhan
D.  Refleks pengosongan kandung kemih
E.  Sensasi mual

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 020
Jawaban : C
Rasional: Syok spinalis yang mulai berakhir ditandai kembalinya respons-respons refleks (khususnya gerakan fleksi jika diberikan rangsang pada kulit), status hiperrefleksia disbanding kelumpuhan, dan refleks mengosongkan kandung kemih. Sensasi mual terjadi karena difreklesia otonom.
Strategi mengerjakan soal: Dengan mengingat bahwa syok spinalis ditandai oleh hilangnya kemampuan gerak otot skeletal, hilangnya fungsi dinding katung kemih, dan gerak refleks yang tertekan (menurun drastis). Kembalinya fungsi-fungsi tersebut menunjukkan bahwa syok akan segera pulih. Perlu dicatat bahwa pilihan A, B, D, dan E serupa, menandakan respons refleks telah mulai pulih.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 021
Seorang perawat sedang merawat klien yang mengalami kejang di tempat tidur. Tindakan perawat manakah yang merupakan kontraindikasi penatalaksanaan kejang?
A.  Mengendurkan pakaian yang ketat
B.  Mengekang ekstremitas klien
C.  Memindahkan guling dan memindahkan palang pengaman tempat tidur
D.  Memiringkan posisi klien, jika mungkin, memposisikan kepala fleksi kedepan
E.  Memfasilitasi kemungkinan muntah

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 021
Jawaban : B
Rasional: Tindakan keperawatan selama klien mengalami kejang diantaranya memberikan ruang privat untuk klien, mengendurkan pakaian yang ketat, meminggirkan guling dan menaikkan palang pengaman tempat tidur dan menempatkan klien miring dengan kepala menekuk kedepan, jika memungkinkan, membuat lidah jatuh keluar dan memfasilitasi kemunggkinan muntah. Ekstremitas tidak diperbolehkan untuk dikekang, karena kontraksi otot yang kuat mungkin terjadi dan dapat mencederai klien. Jika klien tidak diatas tempat tidur saat kejang, perwat harus memposisikan klien serendah mungkin , dan jika mungkin, untuk menjaga klien dari cidera kepala dan menjaughkan perabot furniture yang dapat mencelakai klien.
Strategi mengerjakan soal: focus pada subjek, intervensi yang dilarangsaat terjadi kejang. Kaji kembali pertanyaan ini menggunakan sudut pandang kemungkinan penyebab trauma. Aktivitas dalam pilihan tidak menimbulkan cedera kecuali tindakan mengekang ekstremitas klien. Ingatlah untuk tidak mengekah klien selama kejang.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 022
Carbidopa –levodopa diresepkan untuk klien dengan Parkinson. Perawat memonitor efek samping atau efek yang tidak dikehendaki yang dapat terjadi pada klien. Temuan manakah yang menunjukkan bahwa kliaen mengalami efek yang tidak dikehendaki?
A.  Pruritus
B.  Takikardia
C.  Hipertensi
D.  Gangguan kemampuan menggerakkan anggota tubuh
E.  Diare

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 022
Jawaban : D
Rasional: Diskinesia dan gangguan kemampuan menggerakkan anggota tubuh dapat terjadi pada klien yang mendapat levodopa dalam dosis tinggi. Mual, nausea, anorexia, pusing, hipertensi ortostatik, brakardia, dan akinesia adalah efek samping yang sering dilaporkan pada klien yang menggunakan levodopa.   
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek efek yang merugikan. Pilihan B dan C terlihat serupa dan efek terkait dengan aktivitas jantung, maka hilangkan kemungkinan memilih pilihan ini terlebih dahulu. Selanjutnya, fokus pada diagnosis klien dan pilih pilihan yang benar, buka A dan E, karena A dan E terkait dengan system neurologis.  

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 023
Klien datang ke unit gawat darurat dengan keluhan spasme punggung. Klien menyatakan “Saya sudah meminum dua sampai tiga aspirin setiap empat jam selama seminggu terakhir ini, tapi tidak banyak mengurangi nyeri punggung saya.” Klien dicurigai mengalami intoksikasi aspirin. Manisfestasi manakah yang harus dicurigai perawat?
A.  Tinnitus
B.  Diare
C.  Konstipasi
D.  Fotosensitivitas
E.  Pruritus

Jawaban : A
Rasional: Intoksikasi ringan terhadap asam asetilsalisilat (aspirin) disebut salicilisme dan umumnya dialami jika dosisnya lebih tinggi dari 4 g. Tinnitus (telinga berdengung) sering dikeluhkan pada kondisi intoksikasi. Hiperventilisasi mungkin terjadi karena salisilat merangsang pusat pernapasan. Demam mungkin juga dapat terjadi, karena salisilat berinteraksi dengan jalur metabolik, meningkatkan ikatan oksigendan produksi panas. Pilihan B, C, D dan E tidak berhubungan dengan toksisitas aspirin.    
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek keracunan aspirin. Pilihan B dan C berhubungan dengan keluhan gastroinstestinal, serupa dan mirip, harus disingkirkan terlebih dahulu. Dari sisa pilihan yang ada, anda akan tahu bahwa kemungkinan yang terjadi adalah tinnitus.  

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 024
Seorang perawat mewaspadai tanda komplikasi pada klien yang baru saja didiagnosis dengan diabetes mellitus. Tanda manakah yang dapat terjadi dan menunjukkan hiperglikemia?
A.  Poliuria
B.  Diaforesis
C.  Hipertensi
D.  Peningkatan kecepatan nadi
E.  Kebingungan

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 024
Seorang perawat mewaspadai tanda komplikasi pada klien yang baru saja didiagnosis dengan diabetes mellitus. Tanda manakah yang dapat terjadi dan menunjukkan hiperglikemia?
A.  Poliuria
B.  Diaforesis
C.  Hipertensi
D.  Peningkatan kecepatan nadi
E.  Kebingungan

Jawaban : A
Rasional: Gejala klasik hiperglikemia diantaranya polydipsia, polyuria, polyphagia. Diaforesis mungkin terjadi pada hipoglikemia. Pilihan B, C, D, dan E bukanlah tanda hipoglikemia. 
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek tanda gejala hiperglikemia. Ingat adanya tiga ‘P’ yang berkaitan dengan hiperglikemia-polyuria, polydipsia, polyphagia.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 025
Seorang klien dirujuk ke unit gawat darurat, dan didiagnosa koma myxederma. Tindakan pertama manakah yang perlu dipersiapkan perawat dengan tepat?
A.  Menghangatkan klien
B.  Menjaga kelancaran jalan nafas
C.  Memberikan hormone tiroid
D.  Memberikan terapi cairan
E.  Menghindarkan penggunaan kortikosteroid

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 025
Jawaban : B
Rasional: Tindakan keperawatan yang perlu dilakukan pertama kali adalah untuk memastikan kelancaran jalan nafas. Oksigen perlu diberikan, diikuti dengan terapi penggantian cairan, menjaga suhu tubuh klien tetap hangat, mewaspadai perubahan tanda vital, dan memberikan terapi hormone tiroid intravena.
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata penanda ‘pertama’ semua pilihan merupakan tindakan yang perlu dilakukan. Tetapi gunakan rational ABC – airway, breathing and circulation—untuk dapat menjawab dengan benar.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 026
Seorang perawat memberikan asuhan keperawatan kepada klien yang dirujuk ke unit gawat darurat dengan diabetic ketoasidosis (DKA). Pada fase akut, rencana perwatan yang manakah yang perlu diprioritaskan?
A.  Mengoreksi asidosis
B.  Memberikan dekstrose 5% intravena
C.  Lakukan pemeriksaan EKG
D.  Berikan rapid insulin intravena
E.  Dokumentasikan kebutuhan klien

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 026
Jawaban : D
Rasional: kekurangan insulin (absolut atau relatif) adalah penyebab utama diabetic ketoacidosis (DKA). Penatalaksanaan termasuk diantaranya pemberian rapid insulin intravena, pemberian cairan NS (normal saline) di awal terapi, dan terapi penggantian potassium, diikuti dengan mengoreksi asidosis. Melakukan tpemeriksaan EKG bukanlah merupakan tindakan prioritas. 
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada diagnosis klien. Perhatikan kata penanda ‘diprioritaskan’. Perlu diingat dalam DKA, tindakan pertama adalah dengan rapid-acting insulin. Normal saline (NaCiI) diberikan pertama kali. Oleh karena itu pilihan B tidak tepat. Pilihan A, C, dan E merupakn komponen dari rencana terapi tetapi bukan prioritas.
Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 027
Seorang perawat mengajari klien untuk mencampur regular insulin dengan NPH insulin dalam satu spuit. Tindakan manakah yang ditunjukkan klien, mengindikasikan klien membutuhkan pendampingan lanjut?
A.  Mengambil NPH insulin terlebih dahulu.
B.  Mengambil regular insulin terlebih dahulu
C.  Memasukkan udara ke vial NPH terlebih dahuliu
D.  Memasukkan udara sejumlah dosis insulin yang diinginkan kedalam masing-masing vial
E.  Menginjeksi insulin dengan dosis tercampur, menyiapkannya mmebutuhkan waktu 5-15 menit

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 027
Jawaban : A
Rasional: Saat mempersiapkan canpran insulin reaksi cepat seperti regular insulin denagn jenis insulin yang lain, regular insulin perlu diambil lebih dahulu. Urutan ini dilakukan untuk mencegah kontaminasi dari vial regular insulin dengan jenis insulin lain. Pilihan B, C, D, dan E menunjukkan langkah yang tepat dalam mempersiapkan insulin.
Strategi mengerjakan soal: perhatiakn kata penanda ‘membutuhkan pendampingan lanjut’. Kata kata ini menunjukkan kebutuhan penjelasan lebih lanjut dan menanyakan jawaban yang mengarah ke tindakan yang kurang tepat. Ingatlah untuk mengambil regular insulin sebelum NPH insulin.
Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 028

Seorang perawat melaksanakan pemeriksaan dini osteoporosis. Klien manakah yang paling beresiko terhadap penyakit ini?
A.  Seorang wanita berusia 25 tahun yang terbiasa jogging
B.  Seorang wanita 36 tahun dengan asthma
C.  Seorang pria berusia 70 tahun yang terbiasa mengkonsumsi alkohol secara berlebihan
D.  Seorang wanita berusia 65 tahun yang malas beraktivitas dan memiliki kebiasaan merokok
E.  Obesitas




Jawaban : D
Rasional: Faktor resiko osteoporosis diantaranya jenis kelamin perempuan, post menopause, usia lanjut, diet rendah kalsium, kebiasaan mengkonsumsi alkohol berlebih, malas beraktivitas dan perokok aktif. Pengguna kortikosteroid jangka panjang, antikonvulsan, dan atau furosemide.
Strategi mengerjakan soal: focus pada subjek, faktor resiko osteoporosis. Seorang wanita berusia 25 tahun yang suka jogging (berolahraga menggunakan tulang panjang) memiliki resiko yang kecil. Seorang berusia 36 tahun dengan asthma dapat dikesampingkan karena satu-satunya resiko hanya penggunaan kortikosteroid jangka panjang untuk asthma. Dari sisa pilihan yang ada, seorang wanita berusia 65 tahun memiliki resiko yang lebih tinggi (usia, jenis kelamin, post menopause, malas beraktivitas, dan perokok) daripada seoranglaki-laki berusia 70 tahun (usia, konsumsi alkohol). Obesitas tidak termasuk ke dalam resiko osteoporosis.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 029
Seorang perawat mendaftarkan klien dengan trauma multipel ke unit perawatan. Klien mengalami fraktur tungkai kaki dan sudah dipasangkan fiksasi eksternal menggunkan gips. Posisi manakah yang tepat untuk kaki yang sakit tersebut?
A.  Mendatar selama 12 jam, dan dinaikkan selama 12 jam
B.  Dinaikkan (elevasi) selama 3 jam dan rata mendatar selam 1 jam
C.  Rata mendatar selam 3 jam dan  dielevasikan selam 1 jam
D.  Dielevasikan menggunakan bantal secara terus menerus selama 24 sampai dengan 48  jam
E.  Dielevasikan selama 12 jam dan mendatar sampai dengan 6 jam

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 029
Jawaban : D
Rasional: Ekstremitas yang difiksasi menggunakan gips perlu dielevasikan selama 24 sampai 48 jam pertama untuk meminimalkan pembengkakan dan memfasilitasi aliran vena. Pilihan A, B, C, dan E tidak tepat.
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata penanda ‘tepat’. Dengan mengingat bahwa edema merupakan salah satu perhatian pada kasus trauma dan memahami efek gravitasi pada edema akan mengarahkan pada jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 030
Allopurinol diresepkan untuk klien dan perawat menyiapkan petunjuk pemakaian obat bagi klien tersebut. Petunjuk manakah yang harus disediakan oleh klien tersebut?
A.  Minum 3000mL sehari
B.  Minum obatnya pada keadaan perut kosong
C.  Efek pengbatan akan terasa dengan segera
D.  Kemungkinan bibir bengkak merupakan reaksi normal pengobatan
E.  Klien dapat meminum obat tersebut bersamaan dengan aspirin

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 030
Jawaban : A
Rasional: Klien yang mengkonsumsi allopurinol disarankan untuk minum atau mendapatkan asupan cairan sampai dengan 3000 mL sehari. Efek terapeutik obat akan terasa setelah pemakaian selama 1 minggu atau lebih. Allopurinol dapat diminum bersamaan, atau segera setelah makan atau minum susu. Reaksi ruam, iritasi, pada area orbital, atau pembengkakan bibir atau area mulut harus segera dirujuk untuk menemui tenaga kesehatan, karena hal-hal ini mungkin merupakan reaksi alergi obat. Aspirindapat menyebabkan serangan grout jika diminum bersama allopurinol.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, indikasi klien dengan allopurinol. Pilihan D dapat dikesampingkan dengan mudah karena mengindikasikan reaksi hipersensitivitas, yang bukan rekasi yang diharapkan. Dari sisa pilihan yang ada, perlu diingat bahwa sediaan obat ini untuk terapi gout, akan mengarahkan pada jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 031

Seorang klien masuk unit gawat darurat dengan keluhan nyeri bagian bawah dan hematuria. Klien tidak mengalami demam. Kondisi riwayat manakah yang perlu dikaji oleh perawat?
A.  Pielonefritis
B.  Glomerulonefritis
C.  Trauma abdomen atau kandung kemih
D.  Riwayat kanker renal pada keluarga klien
E.  Uretritis

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 031
Jawaban : C
Rasional: Trauma pada kandung kemih perlu diwaspadai pada klien yang mengeluh nyeri perut bagian bawah dan hematuria. Glomerulofritis, pielonefritis dan uretritis mungkin disertai demam, dan karenanya tidak sesuai dengan kondisi klien dalam soal. Kanker renal tidak menimbulkan nyeri pada perut bawah, tetapi menimbulkan nyeri pada area pinggang.
Strategi mengerjakan soal: Eliminasi pilihan A, B, dan E  karena mirip dan serupa, dan mengingat penyakit inflamasi atau infeksi dapat desertai demam. Karena klien ini tidak mengalami demam, pilihan-pilihan tersebut tidak terjadi. Gunakan pemahaman anatomis dan pemeriksaan nyeri untuk mendapatkan jawaban yang benar. Nyeri akibat kanker ginjal adalah temuan lanjut terokalisir di area pinggang.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 032
Seorang perawat memastikan lokasi fistula arteriovenosus pada lengan kiri klien untuk mempersiapkan tindakan hemodialisis. Indikasi manakah yang menunjukkan bahwa fistula dimaksud telah paten?
A.  Terdapat denyutan pada fistula saat dipalpasi
B.  Kehadiran nadi radialis pada lengan kiri
C.   Hilangnya suara desiran pada fistula saat diauskultasi
D.  Capillary refill time (CRT) kurang dari 3 detik pada kuku di jari tangan kiri
E.  Kehadiran nadi ulnaris pada pergelangan tangan kiri.

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 032
Jawaban : A
Rasional: Seorang perawat memastikan fistula dengan mempalpasi untuk adanya denyutan atau suara desiran saat auskultasi. Kehadiran denyutan atau suara desiran mengindikasikan kepatenan fistula.  Meski nadi radialis pada pergelangan tangan kiri dan CRT kurang dari 3 detik pada jari tangan kiri adalah kondisi normal yang diharapkan, kedua hal tersebut tidak memastikan kepatenan dari fistula. 
Strategi mengerjakan soal: Hilangkan pilihan B, D, dan E terlebih dahulu karena ketiganya mirip dan serupa, dan mengukur kecukupan sirkulasi pada area distal ekstremitas, bukan memastikan fistula. Dari sisa pilihan yang ada, fokus pada subjek dan perhatikan kata ‘ketiadaan’ dalam pilihan C untuk mengarahkan pada pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 033
Seorang Klien pria didiagnosa urethritis. Manifestasi gangguan manakah yang perlu diwaspadai Perawat ?
A.  Hematuria dan pyuria
B.  Dysuria dan proteinuria
C.  Hematuria dan urgensi
D.  Dysuria dan keluarnya cairan dari penis
E.  Dysuria dan hematuria

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 033
Jawaban : D
Rasional:  Urethritis pada klien pria sering kali terjadi akibat infeksi chlamidia, ditunjukkan dengan keluhan dysuria, diikuti dengan keluarnya cairan mukopurulen melalui penis. Gangguan ini sering disertai dengan gonorrhea, oleh karena itu pemeriksaan diagnostik perlu dilakukan untuk kedua masalah, termasuk pemeriksaan kultur dan rapid test.
Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, manifestasi urethritis. Dengan mengingat urethritis pada umumnya disertai dysuria pada klien pria akan mengarahkan untuk mengeliminasi pilihan A, C dan E. Dengan memahami bahwa permasalahan yang terjadi pada urethra, bukan ginjal, akan mengarahkan untuk mengeliminasi pilihan B, karena proteinuria menunjukkan adanya ganggguan fungsi ginjal.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 034
Seorang perawat mengumpulkan data dari klien dengan riwayat benign prostatic hyperplasia (BPH). Gejala awal manakah yang perlu ditanyakan perawat untuk menentukan klien mengalami kekambuhan BPH saat ini ?
A. Nocturia
B. Retensi urine
C. Inkontinensia urgensi
D. Penurunan pancaran aliran saat berkemih
E. Hematuria

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 034
Jawaban : D
Rasional:
Penuruanan pancaran aliran saat berkemih adalah gejala awal benign prostatic hyperplasia (BPH). Pancaran aliran urine kemudian akan semakin melemah dan berakhir dengan aliran menetes, frekuensi berkemih, urgensi, inkontinensia urgensi, dan nocturia. Jika tidak tertangani, obstruksi lengkap akan meyebabkan retensi urine.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata penanda " Awal ". Jika kita tahu bahwa benign prostatic hyperplasia (BPH) dapat berakhir dengan obstruksi urine, cari pilihan jawaban yang menunjukkan gejala yang paling ringan.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 035
Klien mengalami demam terlihat berada di ruang gawat darurat dengan  keluhan tidak dapat buang air ( berkemih ). Dicurigai klien memiliki riwayat benign prostatic hyperplasia. Pertanyaan tentang terapi manakah yg perlu disampaikan perawat kepada klien ?

A. Diurektik
B. Antibiotik
C. Antitusif
D. Dekongestan
E. Analgesik

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 035
Jawaban : D

Rasional:
Klien dengan benign prostatic hyperplasia (BPH), episode retensi urine dapat dipicu oleh penggunaan obat-obatan tertentu seperti dekongestan, antikolinergik, dan antidepressan. Klien perlu ditanya tentang penggunaan obat-obatan ini jika mengalami retensi urine. Retensi urine dapat dipicu oleh faktor lain seperti, minuman beralkohol, infeksi, rawat tirah baring, dan kedinginan. Analgesik tidak berkaitan langsung dengan retensi urine.

Strategi mengerjakan soal :
 Fokus pada subjek, obat-obatan yg dapat menyebabkan retensi urine pada klien dengan benign prostatic hyperplasia. Karena itu hindarkan memilih A. Antibiotik diketahui tidak memiliki efek sama sekali, karenanya kesampingkan pilihan B. Dari sisa pilihan jawaban, dengan mengingat obat-obatan yang mengandung antikolinergik dapat menyebabkan rentensi urine pada klien dengan BPH.

Soal Latihan KBS  #UKOMNers  KMB 036

Seorang mahasiswa keperawatan sedang mempersiapkan kelas pendidikan kesehatan prenatal tentang sirkulasi fetal. Pernyataan manakah yg perlu disertakan dalam rencana pendidikan tersebut ?
A. "Satu arteri membawa darah kaya oksigen dari plasenta ke fetus "
B. "Dua arteri membawa darah kaya oksigen dari plasenta ke fetus"
C. "Dua arteri membawa darah produk sisa dari fetus ke plasenta "
D. "Dua vena membawa darah penuh karbondioksida dari fetus ke plasenta "
E. "Satu arteri membawa darah yg kekurangan oksigen dan produk sisa dari fetus ke plasenta"

Jawaban C
Rasional : darah yg di pompa jantung embrio meninggalkan janin melalui arteri umbilikalis. Ketika penuh oksigen, darah dikembalikan oleh sebuah vena umbilikalis. Arteri2 membawa darah dengan sedikit oksigen, sebuah vena membawa darah kaya oksigen dan memberikan nutrisi serta oksigen kepada fetus

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 037 :
Seorang mahasiswa keperawatan ditugaskan untuk merawat klien yg akan melahirkan. Seorang instruktur keperawatan menanyakan kepada mahasiswa tersebut untuk menjelaskan sirkulasi fetalis, khususnya tentang duktus venosus. Pernyataan manakah yg benar tentang duktus venosus
A. Menghubungkan arteri pulmonalis dengan aorta.
B. Lubang terbuka di antara atrium kanan dan kiri atrium.
C. Menghubungkan vena umbilikalis dengan vena cava inferior.
D. Menghubungkan arteri umbilikalis dengan vena cava inferior.
E. Menghubungkan vena umbilikalis dengan vena cava superior.

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 037
Jawaban : C
Rasional:
Duktus venosus menghubungkan vena umbilikalis dengan vena cava inferior. Foramen ovale adalah lubang sementara di antara atrium kanan dan kiri. Duktus arteriosus menghubungkan aorta dan vena pulmonalis.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 038 :
Klien yg sedang hamil menyampaikan kepada perawat bahwa ia ingin mengetahui jenis kelamin janin yang dikandungnya segera. Faktor manakah yang perlu diketahui perawat tentang mengapa jenis kelamin janin baru dapat diketahui pada usia kehamilan 12 minggu ?
A. Kehadiran genetalia eksterna dari janin.
B. Permulaan munculnya perbedaan bentukan kelamin janin.
C. Testis janin turun ke dalam kantung buah zakar
D. Perbedaan internal laki-laki dan perempuan mulai tampak ke eksternal
E. Labia mayora mulai berkembang dengan baik.

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 038
Jawaban : A
Rasional:
Pada akhir minggu ke-12 kehamilan, genetalia eksterna janin telah berkembang pada tingkat di mana jenis kelamin dapat diketahui secara visual. Pembentukan genetalia eksterna terjadi pada akhir minggu ke-9 kehamilan. Testis turun ke scrotum pada akhir minggu ke-38. Pembentukan genetalia interna mulai terjadi pada akhir minggu ke-7 kehamilan.
Strategi mengerjakan soal : Fokus pada subjek, jenis kelamin janin. Dengan mengingat bahwa jenis kelamin dapat diketahui secara visual oleh penampakan genetalia eksterna pada minggu ke-12 usia kehamilan.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 039 :
Seorang perawat melakukan pengkajian kepada klien dengan usia kehamilan 38 minggu, dan mencatat detak jantung janin 174 kali per menit. Berdasarkan temuan tersebut, tindakan manakah yg harus diprioritaskan ?
A. Mencatat hasil temuan
B. Memeriksa denyut jantung ibu
C. Memberitahukan sejawat profesional kesehatan
D. Menyampaikan kepada klien bahwa denyut jantung janin dalam rentang normal.
E. Memeriksa tanda-tanda vital.

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 039
Jawaban : C
Rasional:
Denyut jantung janin (DJJ) berhubungan dengan usia kehamilan, dengan rentang antara 160-170 kali/menit pada trimester pertama, melambat sampai dengan 110-160 kali/menit pada akhir usia kehamilan. Pada atau menjelang kelahiran, DJJ akan kurang dari 110 kali/menit, atau lebih dari 160 kali/menit pada keadaan uterus beristirahat, fetal distress, perawat harus menghubungi sejawat profesional kesehatan. Pilihan B, D dan E tidak tepat untuk dilakukan berdasarkan informasi dalam pertanyaan. Meski perawat perlu mencatat hasil pemeriksaan, sejawat profesional kesehatan perlu diberi tahu.
Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata penanda "diprioritaskan". Juga perhatikan DJJ janin klien pada usia kehamilan 38 minggu. DJJ normal pada usia kehamilan ini mendekati 110-160 kali/menit.


Soal Latihan KBS #UKOMNers  KMB 040 :

Seorang perawat menyelenggarakan kelas pendidikan prenatal tentang sistem reproduksi wanita. Ketika klien dalam kelas itu bertanya tentang mengapa ovum yg telah dibuahi bertahan selama tiga hari di tuba falopi, apakah jawaban terbaik yg harus disampaikan perawat ?
A. "Hal itu meningkatkan kemungkinan bertahan pada ovum yang terbuahi"
B. "Hal itu meningkatkan paparan ovum yang terbuahi terhadap estrogen dan progesteron"
C. "Hal itu meningkatkan kesempatan ovum yg terbuahi untuk menempel pada bagian atas uterus"
D. "Hal itu meningkatkan kemungkinan paparan ovum yg terbuahi terhadap luteinizing hormone dan follicle stimulating hormone"
E. "Hal itu meningkatkan paparan ovum yg terbuahi terhadap follicle stimulating hormone"

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 040
Jawaban : C
Rasional:
Isthmus tuba falopi tetap dalam keadaan kontraksi sampai dengan tiga hari setelah pembuahan untuk memberikan kesempatan ovum yang terbuahi untuk berkembang di dalam tuba. Pertumbuhan awal dari ovum ini menigkatkan kesempatan implantasi normal pada porsio fundal dari corpus uterus. Estrogen adalah hormon yg diproduksi oleh folikel ovarium, korpus luteum, korteks adrenal, dan plasenta selama masa kehamilan. Luteinizing hormone dan follicle-stimulating hormone diekskresikan oleh glans pituitari anterior. Kemungkinan bertahan dari ovum ini tidak tergantung pada lamanya bertahan dalam tuba falopi selama 3 hari.
Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata penanda "terbaik" dan gunakan pemahaman tentang anatomi dan fisiologi dari sistem reproduksi perempuan. Ingat bahwa fertilisasi terjadi di tuba falopi dan telur yg terbuahi tetap berada di tuba falopi selama 3 hari. Hal ini akan menigkatkan kesempatan telur untuk proses implantasi secara normal.


Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 041 :
Seorang klien ditujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan terapi terhadap selulitis akut pada bagian bawah tungkai kaki kirinya. Klien tersebut menanyakan kepada perawat yg bertugas untuk menjelaskan apa yg dimaksud dengan selulitis. Manakah penjelasan yang dapat diberikan perawat, yang menunjukkan pemahamannya terhadap selulitis ?
A. Inflamasi yg hanya melibatkan lapisan epidermis
B. Infeksi pada kulit yang melibatkan lapisan dermis dan hipodermis di bawahnya.
C. Infeksi superfisial akut yang mengenai lapisan dermis dan melibatkan sistem limfatik.
D. Infeksi epidermis dan limfatik yang disebabkan Staphylococcus
E. Infeksi kulit pada bagian epidermis

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 041 :
Jawaban : B
Rasional:
Selulitis adalah infeksi dermis dan hipodermis di bawahnya yang berakibatkan eritema dan kemerahan tanpa batas yang jelas dan meluas ke jaringan di sekitarnya. Kulit menjadi kemerahan, membengkak, noduler, dan tegang. Erysipelas adalah inflamasi akut dermis dan jaringan limfatik, bersifat superfisial, dan meluas dengan cepat.
Strategi mengerjakan soal :
 Kesampingkan pilihan C dan D karena keduanya mirip dan serupa, dan melibatkan jaringan limfatik. Eliminasi pilihan A dan E, karena hanya melibatkan kata-kata dengan akhiran yang sama saja.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 042 :
Klien dewasa mengalami luka bakar akibat ledakan. Luka bakar mulanya terbatas pada seluruh wajah klien ( bagia anterior, seoaruh kepala ), dan setengah atas torso anterior, dan luka bakar mengelilingi setengah bagian bawah dari kedua lengan klien. Pada saat ledakan, pakaian klien ikut terbakar, klien berlati mengakibatkan luka bakar tambah pada permukaan posterior kepala dan bagian atas torso posterior. Dengan menggunakan " rule of nine ", berapa luas luka bakar klien ?
A. 18 %
B. 24 %
C. 36 %
D. 48 %
E. 54 %

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 042 :
Jawaban : C
Rasional:
Berdasarkan acuan "rule of nine", dengan awal luas luka bagian anterior kepala setara dengan 4,5 %, bagian atas torso anterior senilai 9 %, dan bagian bawah kedua lengan senilai 9 %. Lula tambahan separuh posterior kepala setara dengan 4,5 % dan setengah atas torso posterior 9 %. Total luas 36 %.
Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek,!"rule of nine". Dengan mengingat persentase terkait "rule of nine" dan memperhatikan luka bakar yang jelas dalam pertanyaan akan mengarahkan pada jawaban yg benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 043 :

Asam salisilat diresepkan untuk klien yang mengalami psoriasis. Perawat memperhatikan klien. Manakah temuan pemeriksaan perawat jika terjadi intoksikasi sistemik dari asam salisilat ?
A. Tinnitus
B. Diare
C. Konstipasi
D. Penurunan kapasitas respirasi
E. Bradikardia

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 043 :
Jawaban : A
Rasional:
Asam salisilat diserap melalui kulit, dan intoksikasi sitemik akibat salisilat ( salisilisme ) dapat terjadi. Gejala yang muncul di antaranya tinnitus, pusing, napas cepat, dan gejala psikologis. Konstipasi, bradikardi, dan diare tidak terkait dengan salisilisme.
Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, intoksikasi sistemik. Dengan mengetahui nama obat akan mengarahkan pad jawaban yang tepat jika dapat mengingat dampak toksik asam salisilat (aspirin).

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 044 :
Seorang perawat menyusun rencana perawatan klien dengan multipel myeloma. Manakah prioritas tindakan yang harus direncanakan ?
A. Meningkatkan asupan cairan
B. Menyediakan perawatan oral teratur
C. Melatih batuk dan napas dalam
D. Melakukan pemeriksaan hitung sel darah merah
E. Mengkaji tanda gangguan ginjal

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 044 :
Jawaban : A
Rasional:
Hiperkalsemia akibat kerusakan tulang menjadi prioritas perhatian pada klien dengan multiple myeloma. Perawat perlu memberikan cairan dengan jumlah adekuat untuk mempertahankan luaran urine antara 1,5 sampai 2 liter per hari. Untuk mendapatkan luaran seperti ini membutuhkan asupan cairan sekitar 3 liter per hari. Asupan cairan tidak hanya dibutuhkan untuk mengencerkan kelebihan kalsium,  tetapi juga untuk mencegah kehilangan protein dari tubula renalis. Pilihan jawaban B, C, D dan E termasuk ke dalam komponen perencanaan perawatan, tetapi tidak termasuk kedalam prioritas penatalaksanaan klien dengan multiple myeloma.
Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata penanda " prioritas ". Dengan mengingat patofisiologi gangguan ini dan bahwa hiperkalsemia dapat menyertai multiple myeloma akan mengarahkan pada pilihan jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 045 :
Seorang klien yang telah mendapatkan radioterapi untuk kanker kandung kemihya yang dideritanya, menyampaikan kepada perawat bahwa ia merasa seperti berkemih melalui vagina. Kondisi manakah yg mungkin dialami klien tersebut ?
A. Ruptur kandung kemih
B. Terjadinya bentukan fistula vesiko vaginal
C. Stres kibat terdiagnosa kanker
D. Gangguan sensasi perineal sebagai efek samping radioterapi
E. Perlukaan kandung kemih dan perdarahan

Ingat.... cari dulu pertanyaannya, cari clue...
Cari subyek
Analisa pilihan dan eliminasi
Tiap soal pasti menyertakan 2 kdng 3 option tak berhubungan.
1. Pilihan pengecoh
1. Pilihan benar.

Tugas pertama kita menghapus kemungkinan yg tak berhubungan.

Seperti pada sial ini.
Ditanya: kondisi saat ini
Clue: merasa berkemih lewat vagina. Hubungan antara kandung kemih dan vagina.
Subyek: klien mendapat raiotherapy dengan ca kandung kemih

A. Ruptur jandung kemih(tdk ad hububgan dengan clue)
B. Terjadinya vistula vesiko vagina (menghubungkan vagina dengan kandung kemih)
C. Stres (tdk ad hubungan dg clue, psikosomatik mengganggu hormonal dan sistem tubuh tak pernah mengganggu anatomi)
D. Gangguan sensasi perineal (bisa jadi)
E. Perlukaan kandung kemih dan perdarahan(tdk ad hubungan dengan clue)

Dr sini terlihat 2 pilihan yg berhubungan.
Tinggal B dan E.

Analisa ulang... yg berhubungan... akan mengarahkan ke jawaban yg benar... 💪

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 046 :
Seorang perawat mempersiapkan kebutuhan mandi dan penggantian linen tempat tidur pada klien dengan lesi sarkoma Kaposi. Lesi-lesi terbuka dan mengeluarkan sedikit cairan serosa. Tindakan apakah yang perlu ditambahkan pada saat memandikan klien tersebu ?
A. Mengenakan sarung tangan
B. Mengenakan sarung tangan dan apron
C. Mengenakan apron, sarung tangan dan masker.
D. Mengenakan apron dan sarung tangan untuk mengganti linen tempat tidur, dan mengenakan sarung tangan saja saat memandikan
E. Mengenakan sarung tangan dan masker

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 047 :
Seorang perawat sedang mendampingi penyusun rencana perawatan klien dengan diagnosis imunodefisiensi. Manakah tindakan prioritas yang perlu diprioritaskan dalam rencana asuha keperawatan ?
A. Mencegah penularan infeksi kepada klien
B. Memberikan dukungan emosional utk menurunkan ketakutan
C. Mendukung diskusi tentang perubahan gaya hidup
D. Mengkaji faktor yang mnyebabkan imunodefesiensi
E. Memperhatikan tanda-tanda vital

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 048 :

Seorang klien didiagnosis dengan gangguan telinga dalam. Manakah keluhan yang paling umum disampaikan oleh klien dengan gangguan telinga bagian dalam ?

A. Pruritus
B. Tinnitus
C. Gangguan pendengaran
D. Rasa terbakar pada telingan
E. Otitis eksterna

Seorang perawat mengkaji klien dengan diagnosis katarak. Manifestasi klinis utama manakah yang perlu diperhatikan perawat sebagai tanda perkembangan awal katarak ?

A. Diplopia
B. Nyari pada bola mata
C. Titik yang melayang-layang
D. Penglihatan kabur
E. Adanya kesan putih pada pupil
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 049 :
Jawaban : D

Rasional:
Secara bertahap, tanpa gejala, penglihatan tengah mulai terjadi kekaburan adalah tanda utama manifestasi awal katarak. Gejala awal yang dirasakan klien di amtaranya pandangan mulai sedikit kabur dan penrunanv kemampuan membedakan warna. Pilihan A, B, C dan E bukan merupakan karakteristik katrak.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata penanda 'awal'. Dengan mengingat patofiogis katarak, lensa menjadin memuitih (opak). Deskripsi ini mengarahkan pada jawban yg benar.

Daftar pustaka : Lewis et al (2011), p. 412.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 050 :

Klien dengan karsinoma sel skuamosa pada laring mendapatkan terapi intravena bleomycin. Tindakan diagnostik manakah yang perlu diperhatikan perawat untuk dilakukan pada klien ?

A. Ekokardiografi
B. Elektrokardigrafi
C. Radiagrafi servikal
D. Pemeriksaan fungsi paru
E. Ultrasonografi

Soal Latihan KBS #UKOMPerawat  KMB 050 :
Seorang klien perempuan tiba di klinik perawatan kesehatan dan menceritakan pada perawat bahwa ia baru saja digigit kutu (busuk) dan ingin agar diperiksa apakah ia terkena racun kutu tersebut dan terinfeksi. Klien mengatakan bahwa ia memindahkan kutu (busuk) dan menyiramnya ke dalam toilet. Manakah dari tindakan keperawatan di bawah ini yang paling tepat ?

A. Merujuk klien untuk segera melakukan pemeriksaab untuk menguji penyakit.
B. Jelaskan kepada klien bahwa tidak ada pemeriksaan untuk menguji penyakit
C. Memberitahukan klien bahwa tes tidak perlu dilakukan kecuali terdapat gejala nyeri sendi.
D. Anjurkan klien untuk kembali memeriksa darah dalam 4-6 minggu kemudian, karena tes darah sebelumnya waktu tersebut tidak ada hasilnya tidak akurat.
E. Anjurkan klien untuk melakukan pemeriksaan laboratorium.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 051 :

Perawat sedang mengevaluasi hasil pemeriksaan laboratorium pada serum klien yang menderita acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) yang mendapatkan terapi didanosine. Kenaikan hasil pemeriksaan manakah yang mengindikasikan perawat perlu mengusulkan penghentian terapi kepada dokter/tenaga kesehatan lainnya ?

A. Level protein serum
B. Kadar gula darah
C. Serum amylase
D. Serum kreatinin
E. Blood Urea Nitrogen (BUN)

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 051 :
Jawaban : C

Rasional:
Didanoise dapat menyebabkan pankreastitis. Kenaikan kadar serum amilase sampai pada 1,5 sampai dengan 2 kali batas mormal menunjukan pankreatitis pada klien dengan aquired immunodeficiency syndrome (AIDS) dan dapat berakibat fatal. Hal ini mengindikasikan bahwa perawat perlu mengusulkan penghentian terapi. Didanosine juga bersifat hepatotoxic dan dapat berakibat gagal ginjal.


Strategi mengerjakan soal :
Fokus subjek, efek yang tidak diharapkan/efek samping didanosine. Dengan mengingat pengobatan ini dapat berakibat kerusakan pankreas dan bersifat hepatotoxic akan mengarahkan ke jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 052 :
Seorang klien datang ke unit gawat darurat dengan perdarahan lambung dan mengalami distress tingkat sedang. Manakah rencana keperawatan yang perlu diprioritaskan perawat terhadap klien ini ?

A. Memeriksa tanda vital
B. Pemeriksaan abdomen lengkap
C. Pemeriksaan nasogastric tube ( NGT ) sesuai indikasi
D. Pemeriksaan lengkap terhadap pemicu kejadian
E. Memberikan cairan intravena sesuai indikasi.
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 052 :
Jawaban : A

Rasional:
Tindakan keperawatan prioritas adalah melakukan pengkajian terhadap tanda-tanda vital klien. Tindakan ini akan menunjukkan jumlah darah yang telah hilang dan memberikan dasar untuk mengevaluasi kemajuan hasil tindakan. Klien mungkin tidak dapat memberikan data subjektif sampai dengan keputusan fisiknya terpenuhi. Meskipun pemeriksaan abdomen dan pengkajian penyebab kejadian juga perlu, kedua tindakan ini belum diperlukan pada saat klien datang ke unit gawat darurat. Melakukan pemasangan nasigastric tube (NGT) dan cairan secara interavena bukanlah prioritas; justru pemriksaan tanda-tanda vital perlu dilakukan sebelum dua tindakan tersebut dilakulan.


Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata penanda 'diprioritaskan' dan gunakan rasional ABC -airway breathing and circulation untuk membantu menemukan jawaban yang tepat.

Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 053 :
Perawat mengajarkan klien emfisema tentang posisi yang membantu pernapasan selama episode dispnea. Perawat menginstruksikan klien untuk menghindari yang manakah yang bisa memperburuk pernapasan ?

A. Duduk dan bersandar pada meja

B. Berdiri dan bersandar di dinding

C. Duduk dengan siku bertumpu pada lutu

D. Berbaring pada punggung dengn posisi low fowler

E. Posisi semi fowler

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 053 :
Jawaban : D

Rasional:
Klien harus menggunakan posisi yang diuraikan dalam pilihan A, B, C dan E. Hal ini memungkinkan ekspansi dada maksimal. Klien tidak harus berbaring pada punggung karena mengurangi pergerakan daerah yang lebih besar dari dinding dada klien. Posisi duduk lebih baik dari berdiri, bila memungkinkan. Jika tidak ada kursi yang tersedia, bersandar di dinding selama berdiri memungkinkan otot aksesori yang akan digunakan untuk bernapas dan bukan mengendalikan postur tubuh. Posisi semi Fowler yang memungkinkan ekspansi dada maksimal.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, posisi untuk menghindari hal yang bisa memperburuk pernapasan. Juga, perhatikan bahwa Pilihan A, B, C dan E yang mirip atau sama yaitu berbicara tentang posisi tegak.
Daftar pustaka : Ignatavicius, Workman (2013), p. 618Soal

 Latihan KBS #UKOMNers KMB 054 :
Perawat meninjau hasil gas darah arteri klien yang dirawat dan mencatat bahwa dokumentasi laboratorium menunjukkan pH 7,30, PCO 2 58 mm Hg, PO2 80 mm Hg, dan HCO3 27 mEq/L. Perawat menafsirkan bahwa klien memiliki gangguan yang asam-basa berikut ?

A. Asidosis metabolik
B. Alkalosis metabolik
C. Asidosis respiratorik
D. Alkalosis respiratorik
E. Alkalosis respiratorik terkompensasi
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 054 :
Jawaban : C

Rasional:
pH normal adalah 7,35-7,45. PCO2 normal adalah 35-45 mm Hg. Kondisi asidosis respiratorik, pH adalah rendah dan PCO2 meningkat.  Pilihan A, B, D dan E adalah interpretasi yang salah dari nilai-nilai yang diidentifikasi dalam pertanyaan.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, interpretasi kadar gas darah arteri/arterial blood gas (ABG). Ingat bahwa dalam ketidakseimbangan pernapasan Anda akan mendapatkan respons yang berlawanan antara pH dan PCO2. Juga, ingat bahwa pH rendah adalah kondisi asidosis. Ingat kembali informasi ini akan memungkinkan Anda untuk menghilangkan setiap pilihan yang salah.
Daftar pustaka : Ignatavicius, Workman (2013), pp. 203, 205.


Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 055 :

Seorang klien menerima 20 unit insulin Humilin N subkutan pada jam 08.00. Pada waktu jam berapakah perawat harus merencanakan untuk menilai reaksi hipoglikemik klien ?

A. 10.00
B. 11.00
C. 17.00
D. 23.00
E. 01.00
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers KMB 055 :
Jawaban : C

Rasional:
Humulin N adalah insulin intermediate acting. Onsen adalah 1,5 jam, memuncak 4 sampai 12 jam, dan durasi adalah 16 sampai 24 jam. Reaksi hipoglikemik kemungkinan besar terjadi selama waktu puncak.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pasa subjek, karakteristik insulin Humulin N, dan penggunaan pengetahuan mengenai onset, puncak, dan durasi kerja. Ingat kembali tengang insulin intermediate acting dan ingat kembali tentang fase puncak adalah antara 4 sampai 12 jam akan mengarahkan Anda ke pilihan yang benar.


Soal Latihan KBS #UKOMNers KMB 056 :

Perawat home care sedang mengunjungi klien yang terpasang body cast. Saat melakukan pengkajian, perawat berencana untuk mengevaluasi penyesuaian kondisi psikososial klien dengan cast. Apa pengkajian yang paling tepat untuk klien ?

A. Kebutuhan stimulasi sensorik
B. Jumlah dukungan perawatan di rumah yang tersedia
C. Kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari

D. Jenis transportasi yang tersedia untuk perawatan lebih lanjut
E. Kemampuan klien menciptakan lingkungan yg aman

Jawban : A

Rasional :
Pengkajian psikososial dari klien yang imobilisasi yang tepat meliputi kebutuhan stimulasi sensorik. Pengkajian ini sebenarnya meliputi faktor-faktor seperti citra tubuh, keterampilan koping sekarang dan masa lalu, dan periode imobilisasi. Meskipun dukungan perawatan di rumah, kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan transportasi merupakan komponen dari pengkajian, menciptakan lingkungan yg aman, mereka tidak secara khusus terkait dengan penyesuaian psikososial seperti kebutuhan untuk stimulasi sensorik.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada kata-kata strategis " paling tepat " dan perhatikan subjek, penyesuaian psikososial. Pilihan C dapat disingkirkan pertama kali karena berkaitan dengan intergritas fisiologis dari pada integrasi psikososial. Berikutnya, menghilangkan pilihan B, D dan E karena paling erat kaitannya dengan dukungan fisik, dari pada kebutuhan psikososial dari klien.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 057 :

Perawat melakukan pengkajian terhadap seorang klien hamil dengan usia kehamilan 28 minggu. Perawat mengukur tinggi fundus dengan ukuran sentimeter dan hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut ?

A. 22 cm
B. 30 cm
C. 36 cm
D. 40 cm
E. 24 cm
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 057 :
Jawaban : B

Rasional:
Selama trimester kedua dan ketiga ( minggu 18 sampai 30 ), tinggi fundus dalam sentimeter sekitar sama dengan usia janin dalam minggu ke kurang lebih 2 cm. Pada 16 minggu, fundus terletak di tengah antara simfisis pubis dan umbilikus. Pada 20 sampai 22 minggu, fundus berada di umbilikus. Pada 36 minggu, fundus berada di prosesus xifoideus.


Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, lokasi tinggi fundus. Ingat bahwa selama trimester kedua dan ketiga ( minggu 18-30 ), tinggi fundus dalam sentimeter sekitar sama dengan usia janin dalam minggu kurang lebih 2 cm.


Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 058 :

Perawat sedang mengkaji dokumentasi klien yang baru saja diinformasikan bahwa kehamilannya positif. Penyedia layanan kesehatan telah mebdokumentasikan tanda Goodell. Hasil pemeriksaan ini berhubungan dengan karakteristik berikut ?

A. Perlunakan leher rahim
B. Adanya gerakan janin
C. Adanya human chorionic gonadotropin dalam urine
D. Suara tiupun lembut yang sesuai dengan nadi ibu selama auskultasi rahim.
E. Warna keuangan pada selaput lendir serviks, vagina, dan vulva.

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 058 :
Jawaban : A

Rasional:
Pada awal kehamilan bulan kedua, serviks menjadi lebih lembut karena peningkatan vaskularisasi dan hiperplasia, yang menyebabkan tanda Goodell. Selama pemeriksaan panggul pemeriksa mencatat adanya pelunakan serviks. Tanda Goodlleb ini tidak menunjukkan adanya gerakan janin. Gonadotropin chorionic dalam urine ibu hamil adalah tanda kemungkinan kehamilan. Pada auskultasi rahim terdengar suara tipuan lembut berhubungan dengan nadi ibu dan disebabkan oleh sirkulasi darah melalui plasenta.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek dan gunakan pengetahuan tentang terjadinya percepatan. Dalam situasi ini, pilihan lamanya waktu kehamilan terpanjang adalah yang terbaik.

Daftar pustaka : Lowdermilk et al (2012), p. 294.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 059 :

Perawat memberikan instruksi kepada klien hamil yang dijadwalkan untuk amniosintesis. Apakah instruksi yang seharusnya diberikan perawat ?

A. Istirahat yang ketat diperlukan setelah prosedur

B. Diperlukan rawat inap selama 24 jam setelah prosedur

C. Penandatanganan surat persetujuan sebelum prosedur

D. Penjelasan adanya demam setelah prosedur karena trauma abdomen

E. Klien ditempatkan pada posisi lateral ( berbaring menghadap kesamping ) selama pemeriksaan.

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 059 :
Jawaban : C

Rasional:
Karena amniosintesis adalah prosedur invasif, surat persetujuan harus dieroleh sebelum prosedur. Setelah prosedur, klien diinstruksikan untuk beristirahat, tetapi dapat melanjutkan aktivitas ringan setelah kram reda. Klien di instruksikan untuk menjaga daerah tusukan bersih dan melaporkan adanya komplikasi, seperti menggigil, deamam, perdarahan, kebocoran cairan di lokasi penusukan jarum, penurunan gerakan janin, kontraksi uterus, atau Kram. Amniosintesis adalah prosedur rawat jalan dan dapat dilakukan di klinik swasta atau di unit pemeriksaan khusus prenatal. Rawat inap tidak diperkukan setelah prosedur.


Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, implikasi keperawatan yang berhubungan dengan amniosintesis. Mengingatkan kembali bahwa prosedur invasif ini akan mengarahkan Anda ke pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 060 :

Seorang penyedia perawatan kesehatan telah menetapkan ultrasonografi trans vagina untuk klien pada trimester pertama kehamilan dan klien bertanya perawat tentang prosedur tindakan. Bagaimana perawat seharusnya menanggapi klien ?

A. "Prosedur tindakan memakan waktu sekitar 2 jam"

B. "Hal yang penting adalah minum 1-2 liter air sebelum pemeriksaan"

C. "Alat instrumen yang akan dimasukkan ke dalam vagina akan ditutupi dengan disposibel dan dilapisi dengan gel"

D. "Gel dioles di abdomen, dan alat pemeriksaan akan digerakkan di atas abdomen untuk mendapatkan gambar"

E. "Kilen ditempatkan dalam posisi terlentang selama peneriksaan".

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 060 :
Jawaban : C

Rasional:
Trans-vagina ultrasonografi adalah alat yang memberikan gambaran yang di rahim, kantung kehamilan, embrio, dan struktur panggul dalam, seperti ovarium dan tuba falopi. Klien ditempatkan dalam posisi litotomi dan alat trans-vagina yang telah dibungkus denga alat penutup sekali pakai dan dioles gel yang berfungsi sebagai pelumas dan meningkatkan konduktivitas, dimasukkan ke dalam vagina. Klien akan merasa lebih nyaman jika dia diizinkan untuk memasukkan alat sendiri. Prosedur ini memakan waktu sekitar 10-15 menit. Pilihan B dan D mengidentifikasi komponen USG Abdomen. Pilihan E adalah posisi pemeriksaan yang salah.


Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, prosedur untuk ultrasonografi trans-vagina. Perhatikan hubungan antara nama soal dan deskripsi dalam pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 061 :

Perawat home care mengunjungi klien hamil yang memiliki diagnosis pre-eklampsia ringan. Apakah hasil pengkajian yang mengindikasikan memburuknya pre-eklampsia dan data yang perlu diinformasikan kepada penyedia layanan kesehatan ?

A. Output urine meningkat
B. Edema dependen telah diselesaikan
C. Tekanan darah prenatal pada batas normal
D. Keluhan klien tentang sakit kepala dan penglihatan kabur
E. Fungsi ginjal pada kisaran normal
Jawaban : D



Rasional:
Jika klien mengeluh sakit kepala dan penglihatan kabur, penyedia layanan kesehatan harus diberitahu karena ini adalah tanda-tanda memburuknya pre-eklampsia. Pilihan A, B, C dan E adalah tanda-tanda normal.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata memburuk dalam pertanyaan. Hilangkan pilihan A, B C dan E karena pilihan ini sebanding atau mirip dan menunjukkan temuan normal.

Daftar pustaka : Swearingen (2012), p. 647


Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 062 :

Perawat mengimplementasikan rencana pengajaran kepada klien hamil yang baru saja didiagnosis dengan diabetes mellitus gestasional. Apakah pernyataan yang dibuat oleh klien yang menunjukkan kebutuhan untuk mendapatkan pendidikan lebih lanjut ?

A. "Saya seharunya tetap pada diet diabetes"

B. "Saya seharusnya melakukan pemantuan glukosa di rumah"

C. "Saya seharunya menghindari latihab karena berefek ngatif pada produksi insulin"

D. "Saya seharusnya menyadari beberapa infeksi dan melaporkan tanda-tanda infeksi dengan segera ke penyedia layanan kesehatan saya"
E. "Saya seharusnya memantau berar badan selama hamil"

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 062 :
Jawaban : C

Rasional:
Latihan adalah aman untuk klien dengan kehamilan diabetes mellitus dan membantu dalam menurunkan kada glukosa darah. Modifikasi diet adalah pengobatan utama, dan klien diberikan standar diet diabetikum. Banyak klien diajarkan untuk melakukan pemantauan glukosa darah. Klien harus memantau berat badanya selama hamil. Jika klien tidak melakukan pemantauan glukosa darah di rumah, pemeriksaan tersebut dapat dilakukan diklinik atau kantor layanan kesehatan. Tanda-tanda infeksi harus dilaporkan kepada penyedia layanan kesehatan tersebut.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata strategi " kebutuhan untuk mendapatkan pendidikan lebih lanjut ". Kata-kata ini menunjukkan pernyataan negatif dan kebutuhan untuk memilih pernyataan klien yang salah. Memperhatikan kata strategis ini menghindari kata tertutup dalam pilihan benar akan membantu dalam menjawab pertanyaan

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 063 :

Perawat sedang merawat proses persalinan klien. Apakah hasil pengkajian yang menunjukkan kepada perawat bahwa klien mulai masuk tahap kedua persalinan ?

A. Kontraksi yang teratur

B. Membran telah pecah

C. Serviks melebar secara lengkap

D. Klien mulai mengeluarkan cairan jernih vagina

E. Pemisahan plasenta dan terjadi pelepasan.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 064 :

Perawat di ruang persalinan sedang merawat klien fase aktif kala pertama persalinan. Perawat sedang mengkaji pola janin dan mencatat deselerasi lambat di strip monitor. Apakah tindakan keperawatan yang paling tepat ?

A. Berikan oksigen melalui masker wajah

B. Tempatkan ibu dalam posisi terlentang

C. Tingkatkan laju infus oksitosin intravena

D. Dokumentasikan temuan dan pantau pola janin secara terus menerus

E. Sediakan lingkungan yang tenang
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 064 :
Jawaban : A



Rasional:
Deselerasi lambat terjadi karena insufisiensi uteroplasenta dan penurunan aliran darah dan oksigen ke janin selama kontraksi rahim. Hasil hipoksemia; oksigen pada 8 sampai 10 L/menit, masker wajah diperlukan. Posisi terlentang dihindari karena mengurangi aliran darah rahim untuk janin. Klien harus berbalik ke samping untuk menggantikan tekanan dari rahim pada vena cava inferior. Infusoksitosin intravena dihentikan ketika ditemukan deselerasi lambat. Oksitosin akan menyebabkan hipoksemia lanjut karena peningkatan insufisiensi uteroplasenta yang dihasilkan dari stimulus kontraksi denga obat tersebut. Meskipun perawat akan mendokumentasikan kejadian, pilihan D akan menunda pengobatan yang diperlukan. Sediakan lingkungan tenang tetapi bukan prioritas.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata-kata startegis 'paling tepat'. Gunakan ABC - airway breathing and circulation dan pengetahuan terkait dengan signifikansi deselerasi lambat untuk menjawab pertanyaan ini.


Daftar pustaka : Lowdermilk et al (2012), p. 425


Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 065 :

Perawat sedang mengkaji klien hamil pada trimester kedua kehamilan yang dirawat di unit bersalin dengan diagnosis curiga solusio plasenta. Apakah hasil pengkajian yang ditemui perawat pada kondisi tersebut ?

A. Abdomen lembut
B. Uterus lunak
C. Tidak ada nyeri abdomen
D. Perdarahan vagina merah terang, tanpa nyeri
E. Tinggi fundus mungkin lebih dari yang diharapkan

Silvand, [20.06.16 22:14]
Oke kita mulai... 😃

Silvand, [20.06.16 22:15]
Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 065 :

Perawat sedang mengkaji klien hamil pada trimester kedua kehamilan yang dirawat di unit bersalin dengan diagnosis curiga solusio plasenta. Apakah hasil pengkajian yang ditemui perawat pada kondisi tersebut ?

A. Abdomen lembut
B. Uterus lunak
C. Tidak ada nyeri abdomen
D. Perdarahan vagina merah terang, tanpa nyeri
E. Tinggi fundus mungkin lebih dari yang diharapkan

" Kita semua sangat menghargai dan membutuhkan Pendapat, Argumen, Rasional, Informasi, Saran dan usulan juga Referensi yang sifatnya membangun pengetahuan Keperawatan"

SUARA PERAWAT (SUPER), [20.06.16 22:15]
[In reply to Silvand]
👍👍👍👍

Silvand, [20.06.16 23:21]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 065 :
Jawaban : B

Rasional:
Solusio plasenta adalah pemisahan prematur plasenta dari dinding rahim setelah dua puluh minggu kehamilan dan sebelumnya janin dilahirkan. Dalam solusio plasenta, terdapat nyeri abdomen akut. Uterus lunak berhubungan dengan solusio plasenta, terutama dengan solusio pusat dan darah terperangkap di belakang plasenta. Abdomen teraba keras seperti papan pada saat palpasi karena darah menembus miometrium dan lembut dan tidak nyeri, perdarahan vagina merah terang pada kehamilan trimester kedua atau ketiga, tinggi fundus lebih dari yang diharapkan untuk usia kehamilan adalah tanda plasenta previa.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pad ma subjek, solusio plasenta. Ingat bahwa perbedaan antara plasenta previa dan solusio plasenta meliputi adanya nyeri rahim dan kelembutan pada solusio plasenta berkelebihan dengan plasenta previa yaitu perdarahan tanpa terasi nyeri.


Daftar pustaka : Lowdermilk et al (2012), p. 75
Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 066 :

Perawat sedang melakukan penkajian awal pada klien yang baru saja diberitahu bahwa kehamilannya positif. Apakah hasil pengkajian berikut yang mengindikasikan bahwa klien berisiko untuk persalinan prematur ?

A. Klien adalah primigravida usia 35 tahun
B. Klien memiliki riwayat penyakit jantung
C. Tingkat hemoglobin klien 13,5 g/dL
D. Klien adalah primigravida usia 20 tahun dengan berat badan dan tinggi badan ideal.
E. Klien adalah multigravida berusia 38 tahun

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 066 :
Jawaban : B

Rasional:
Persalinan prematur terjadi setelah minggu ke dua puluh tetapi sebelum minggu ke tiga puluh tujuh usia kehamilan. Beberapa faktor yang berhubungan dengan persalinan prematur adalah riwayat kondisi medis, riwayat penyakit obstetri sekarang dan masa lalu, faktor sosial dan lingkungan, dan penyalahgunaan zat. Faktor risiko lain meliputi kehamilan multipara, yang menyebabkan overdistensi uterus, yang menurunkan suplai oksigen ke uterus; dan usia lebih muda dari 18 tahun atau kehamilan pertama di usia lebih dari 40 tahun.

Strategi mengerjakan soal :
Pilihan A, C, D dan E adalah sebanding atau mirip dan di atas temuan rata-rata serta hasil normal. Catatan, bahwa pilihan yang benar adalah satu-satunya pilihan yang mengidentifikasi kondisi abnormal.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 067 :

Perawat postpartum sedang memberikan instruksi untuk klien setelah persalinan normal. Berapakah waktu yang dibutuhkan untuk kembalinya fungsi usus klien ?

A. 3 hari postpartum
B. 7 hari postpartum
C. Pada saat melahirkan
D. Dalam kurun waktu 2 minggu postpartum
E. 10 hari postpartum
Jawaban A
Rasional : Setelah kelahiran, perawat harus mengauskultasi abdomen klien di keempat kuadran untuk menentukan kembalinya bising usus. Eliminasi usus normal biasanya kembali 2 sampai 3 hari post partum. Opetasi anestesi, penggunaan opioid dan obat nyeri juga berkontribusi terhadap periode gangguan fungsi usus lebih lama. Pilihan B, C, D dan E adalah tidak benar.



Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 068 :

Perawat sedang merencanakan perawatan untuk klien postpartum yang memiliki persalinan normal 2 jam yg lalu. Klien mendapat episiotomi menengah dan menderita wasir. Apa pertimbangan prioritas tindakan keperawatan untuk klien ini ?

A. Tingkat nyeri klien
B. Output urine yang tidak adekuat
C. Persepsi klien tentang perubahan tubuh
D. Potensial ketidakseimbangan volume cairan tubuh
E. Kelelahan, tidak bisa tidur

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 068 :
Jawaban : A

Rasional:
Pertimbangan prioritas keperawatan bagi klien yang melahirkan 2 jam yang lalu dan mendapat episiotomi tengah dan wasir adalah tingkat nyeri klien. Kebanyakan klien memiliki beberapa derajat ketidaknyamanan selama periode postpartum berlangsung. Tidak ada data dalam pertanyaan menunjukkan urine output tidak adekuat, adanya persepsi klien terhadap perubahan tubuh, potensial ketidakseimbangan volume cairan tubuh, dan merasa mual dan muntah.

Strategi mengerjakan soal :
Catat kata strategis "prioritas". Gunakan hierarki teori kebutuhan Maslow untuk menghilangkan pilihan C dan E karena ini adalah kebutuhan psikososial, bukan fisiologis. Untuk memilih dari pilihan yang tersisa, fokus pada data dalam pertanyaan.
Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 069 :

Perawat sedang memberikan instruksi tentang langkah-langkah untuk mencegah peradangan payudara postpartum untuk klien yang menyusui bayinya. Pernyataa. Klien manakah yang mengindikasikan klien membutuhkan instruksi lebih lanjut ?

A. "Saya seharusnya menyusui setiap 2 sampai 3 jam ".

B. "Saya seharusnya mengganti bantalan payudara secara sering".

C. "Saya seharusnya mencuci tangan dengan benar sebelum menyusui".

D. "Saya seharusnya membersihkan puting saya setiap hari dengan sabun dan air".

E. "Saya seharusnya memakai bra yang menyokong untuk mendukung payudara saya".

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 069 :
Jawaban : D

Rasional:
Mastitis adalah peradangan pada payudara kerena infeksi. Hal ini biasanya disebabkan oleh organisme yang masuk melalui daerah yang terluka dari puting susu, seperti lecet. Langkah-langkah untuk mencegah perkembangan mastitis meliputi mengganti bantalan payudara ketika basah dan menghindari tekanan terus menerus pada payudara. Sabun bersifat kering dan bisa menyebabkan puting lecet, serta klien harus diinstruksikan untuk menghindari penggunaan sabun pada puting susu. Ibu diajarkan tentang penyingnya mencuci tangan dan menyusui setiap 2-3 jam. Klien didorong untuk menyokong payudara dengan mengenakan bra yang menyokong dan menghindari memakai bra berkawat.


Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata strategi "membutuhkan instruksi lebih lanjut". Kata-kata ini menunjukkan kejadian negatif dan membutuhkan untuk memilih pilihan jawaban yang mengidentifikasi pernyataan klien yang salah. Mengingatkan kembali bahwa penggunaan sabun menyebabkan kulit kering dan dapat menyebabkan lecet sebagai pintu masuk organisme akan mengarahkan Anda dengan mudah secara langsung untuk pilihan jawaban yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 070 :

Seorang klien di unit postpartum mengeluh tiba-tiba nyeri dada yang tajam dan dispne. Perawat mencatat bahwa takikardi pada klien dan frekuensi napas meningkat. Apakah seharusnya tindakan keprawatan yang dilakukan perawat pertama sekali ?

A. Memulai jalur intravena
B. Mengkaji tekanan darah klien
C. Mempersiapkan tindakan morfin sulfat
D. Mengatur oksigen, 8-10 L/menit, dengan masker wajah
E. Mendokumentasikan hasil temuan

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 070 :
Jawaban : D

Rasional:
Jika diduga emboli paru, oksigen harus diberikan, 8-10 L/menit, dengan masker wajah. Oksigen digunakan untuk mengurangi hipoksia. Klien dipertahankan untuk istirahat posisi kepala sedikit ditinggikan untuk mengurangi dispnea. Morfin sulfat diresepkan untuk klien, tapi ini tidak menjadi awal tindakan keperawatan. Jalur intravena juga diperlukan, dan tanda-tanda vital harus dipantau, tetapi tindakan ini mengikuti pemberian oksigen. Meskipun perawat mendokumentasikan kejadian, pilihan E akan menunda pengobatan yang diperkukan.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 071 :

Perawat di ruang bayi baru lahir sedang memonitor bayi yang baru lahir prematur untuk sindrom gangguan pernapasan. Apakah hasil pengkajian yang mengingatkan perawat terhadap kemungkinan sindrom ini ?

A. Takipnea dan retraksi ?
B. Akrosianosis dan bunyi ngorok
C. Hipotensi dan bradikardi
D. Adanya bentuk dada tong dan akrosianosis
E. Akrosianosis dan bradikar
Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata strategis "pertama kali". Gunakan ABC - airway, breathing and circulation untuk membantu mengarahkan Anda pilihan jawaban yang benar.
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 071 :
Jawaban : A

Rasional:
Seorang bayi yang baru lahir dengan sindrom gangguan pernapasan menunjukkan tanda-tanda klinis sianosis, takipnea atau apnea, pernapasan cuping hidung, retraksi diding dada, atau terdengar dengkuran. Akrosianosis, sebuah perubahan warna kebiruan dari tangan dan kaki, berhubungan dengan sirkulasi perifer yang belum matang, dan secara umum terjadi dalam beberapa jam pertama kehidupan. Pilihan B, C, D dan E tidak menunjukkan tanda-tanda klinis dari sindrom gangguan pernapasan.

Strategi mengerjakan soal :
Berfokus pada subjek, tanda-tanda sindrom gangguan pernapasan. Mengingatkan kembali akrosianosis dapat menjadi tanda normal bayi baru lahir ini akan membantu dalam menyingkirkan pilihan B dan D. Dari pilihan yang tersisa, Anda harus terbiasa dengan tanda-tanda sindrome gangguan pernapasan. Juga, perhatikan hubungan antara diagnosis dan tanda-tanda dicatat dalam pilihan jawaban yang benar


Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 072 :

Perawat postpartum sedang memberikan instruksi kepada ibu dengan bayi baru lahir dengan hiperbilirubinemia yang sedang menyusui. Apakah instruksi yang paling tepat yang harus diberikan perawat pada ibu ?

A. Memberikan makanan bayi lahir lebih jarang

B. Melanjutkan menyusui 2 sampai 4 jam

C. Beralih ke pemberian makan melalui botol bayi selama 2 minggu

D. Berhenti menyusui dan beralih ke susu botol secara permanen

E. Berhenti menyusui dan dilanjutkan setelah hiperbilirubinemia teratasi

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Maternitas 072 :
Jawaban : B

Rasional:
Hiperbilirubinemia adalah peningkatan kadar serum bilirubin. Pada kadar serum, kondisi kuning selama hari pertama kehidupan menunjukkan proses patologis. Pemberian makan lebih awal sering mempercepat ekskresi bilirubin. Menyusui harus di mulai dalam waktu 2 jam setelah lahir dan setiap 2 sampai 4 jam setelahnya. Bayi seharusnya tidak diberi makan lebih jarang. Beralih ke susu botol selama 2 minggu atau menghentikan menyusui secara permanen adalah tidak penting.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata-kata strategis "paling tepat". Pilihan C, D dan E sebanding atau mirip. Pilihan ini mencoba menghindari keberlanjutan menyusui dan harus dihilangkan. Dari pilihan yang tersisa, mengingatkan kembali patofisiologi terkait dengan hiperbilirubinemia akan membantu Anda dalam menyingkirkan pilihan A.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 073 :

Perawat sedang monitor klien yang menerima oksitosin untuk menginduksi persalinan. Apakah hasil pengkajian yang menyebabkan perawat untuk menghentikan infus oksitosin dengan segera ?

A. Kelelahan
B. Mengantuk
C. Hiperstimulasi uterus
D. Deselerasi dini denyut jantung janin
E. Kecemasan
Kunci dan pembahasan latihan soal KBS Ners maternitas 73.
Jawaban: C
Rasional: Oksitoksin merangsangsang kontraksi uterus dan merupakan metode farmakologis umum untuk menginduksi persalinan. Protokol dosis tinggi telah berhubungan dengan hiperstimulasi uterus lebih dan banyak kelahiran operasi berkaitan dengan stres janin. Beberapa dokter meresepkan oksitoksin dalam 10 menit infus daripada infus kontinyu. Metode ini lebih seperti sekresi endogen oksitoksin, dilaporkan efektif untuk induksi persalinan dan membutuhkan penggunaan oksitoksi lebih sedikit. Efek samping yang berhubungan dengan pemberian obat ini adalah hiperstimulasi dari kontraksi rahim dan pola denyut jantung janin yang tidak jelas. Infus oksitoksin harus diberhentikan bila terdapat tanda-tanda hiperstimulasi uterus. Mengantuk, kelelahan dan kecemasan dapat disebabkan oleh pengalaman melahirkan. Deselerasi dini DJJ adalah tanda pasti dan tidak menunjukkan penyakit janin.
Strategi mengerjakan Soal:  Perhatikan kata strategis "segera." Fokus pada subjek, efek samping dari oksitoksin. Pilihan A,  B, dan E sebanding atau sama dan bisa dihilangkan pertama kali. Dari pilihan yang tersisa, mengingatkan kembali deselarasi dini DJJ adalah tanda pasti yang akan mengarahkan anda kepilihan yang benar.


Soal Latihan KBS #UKOMNers  Maternitas 074 :

Seorang klien hamil mendapatkan terapi magnesium sulfat untuk pengobatan pre-eklampsia. Perawat menentukan bahwa klien mengalami toksisitas pengobatan, apakah hasil yang dicatat pada pengkajian ?

A. Protinuria 3+
B. Pernapasan 10 x/menit
C. Adanya refleksi tendon dalam
D. Kadar megnesium serum 6 mEq/L
E. Peningkatan tekanan darah
Kunci dan pembahasan latihan KBS Ners Maternitas 74
Jawaban: B
Rasional: Toksiaitas magnesium dapat terjadi karena terapi magnesium sulfat. Keracunan magnesium sulfat berhubungan depresi SSP dampak dari depresi Sistem pernapasan, hilangnya refleks tendon dalam, dan penurunan mendadak DJJ dan DJI dan TD. Kadar magnesium serum 4-7,5 mEq/L. Protein 3+ adalah temuan klien dengan pre-eklampsia.
Strategu mengerjakan soal: Fokus pada subjek toksisitas magnesium. Pertama kali menghilangkan pilihan C karena merupakan hasil normal. Berikutnya menghilangkan pilihan D, kadar serum magnesium sulfat 4-7,5mEq/L. Magneaium sulfat menyebabkan penurunan tekanan darah. Sehingga menghilangkan pilihan E. Dari pilihan yang tersisa mengingat kembali bahwa proteinuria 3+ akan dicatat pada klien dengan pre-eklampsia akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.

Soal latihan KBS Ukom nErs Anak 75.
Perawat sedang memonitori anak dengan luka bakar selama pengobatan untuk untuk syok luka bakar. Perawat memahami tindakan apakah yang menentukan resusitasi cairan yang adekuat?
A. Turgor Kulit
B. Pengkajian neurologis
C. Tingkat edema pada daerah yang terbakar.
D. Kualitas nadi perifer
E. Suhu tubuh

Soal ukom ners KBS076
Perawat klinik menginstruksikan orang tua dengan anak menderita anemia sel sabit tentang faktor-faktor pencetus terjadinya krisis sel sabit.  Apakah faktor pencetus yang dapat diidentifikasi oleh orang tua dan membutuhkan instruksi lebih lanjut?
A. stres
B. trauma
C. infeksi
D. kelebihan cairan
E. hipoksia

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 077 :

Ibu dengan anak usia 4 tahun memberitahu perawat perut anak tampak bengkak. Selama pengkajian lebih lanjut dari data subjektif, ibu memberitahu perawat bahwa anak makan dengan baik dan tingkat aktivitas anak tidak mengalami perubahan. Perawat mencurigai kemungkinan tumor Wilms, apakah yang seharusnya dihindari selama pemeriksaan fisik ?

A. Meraba masa di abdomen
B. Mengkaji urine untuk adanya hematuria
C. Memonitor suhu dan adanya demam
D. Monitor tekanan darah adanya hipertensi
E. Monitor terjadinya anemia perdarahan


Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Kep. Anak 077 :
Jawaban : A

Rasional:
Tumor Wilms adalah yang paling umum terjadi di dalam abdomen dan tumor ginjal dari masa kanak-kanak. Jika dicurigai tumor Wilms, massa tumor seharusnya tidak dipalpasi oleh perawat. Manipulasi berlebihan dapat menyebabkan pembenihan tumor dan penyebaran sel-sel kanker. Hematuria, demam, hipertensi dan anemia merupakan manifestasi klinis yang terkait dengan tumor Wilms ini.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, tindakan untuk dihindari. Pengetahuan bahwa tumor ini adalah tumor di dalam abdominal dan tumor ginjal akan membantu dalam menyingkirkan pilihan B dan D dikarenakan hubungan pilihan ini berhubungan dengan fungsi ginjal. Berikutnya, berpikir tentang efek meraba tumor akan mengarahkan Anda ke pilihan yang benar dari pilihan yang tersisa.
Daftar pustaka : Hockenberry, Wilson (2011), pp. 1497-1498.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 078:

Perawat menganalisis nilai laboratorium dari anak dengan leukemia yang mendapat kemoterapi. Perawat mencatat bahwa jumlah trombosit 19.500 sel/mm3. Berdasarkan hasil laboratorium ini, apakah intervensi yang harus perawat dokumentasikan dalam rencana perawatan ?

A. Perhatikan adanya perdarahan
B. Memonitor tanda-tanda infeksi
C. Memonitor suhu setiap 4 jam
D. Memulai kewaspadaan isolasi pelindung
E. Mempertahankan mencuci tangan secara sering dan menyeluruh

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Anak 078 :
Jawaban : A
Rasional: Leukimia adalah keganasan peningkatan jumlah leukosit biasanya pada tahap imatur di sum-sum tulang. Hal ini mempengaruhi sum-sum tulang yang menyebabkan anemia karena penurunan jumlah eritrosit, infeksi dari neutropenia dan perdarahan dari produksi trombosit (Trombositopenia). Jika seorang anak mempunyai trombositopenia yang parah dan memiliki jumlah PLT < 20.000 sel/mm3 tindakan pencegahan perdarahan perlu diperhatikan karena peningkatan resiko perdarahan. Tindakan pencegahan meliputi membatasi aktivitas yang dapat mengakibatkan cedera kepala, menggunakan sikat gigi yang lembut, memeriksa adanya darah dalam urin dan tinja, dan pemberian pelunak tinja untuk mencegah mengejan dengan sembelit. Sebagai tambahan suposituria, enema dan pengukuran suhu rektal dihindari. Pilihan B, C, D, dan E terkait pencegahan infeksi daripada perdarahan.
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan bahwa jumlah trombosit rendah dan ingat kembali bahwa jumlah trombosit yang rendah menempatkan anak resiko perdarahan. Selain itu, perhatikan bahwa pilihan B, C, D, dan E sebanding atau mirip karena pilihan tersebut berhubungan dengan pencegahan dan pemantauan infeksi.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 079:

Seorang klien remaja dengan diabetes mellitus tipe 1 dirawat di gawat darurat karena diabetic ketoasidosis. Apakah hasil pengkajian yang seharusnya perawat catat ?

A. Berkeringat dan tremor
B. Kelaparan dan hipertensi
C. Pilek, kulit basah dan mudah tersingung
D. Napas berbau buah dan penurunan tingkat kesadaran
E. Kebingungan dan sakit kepala

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Kep. Anak 079 :
Jawaban : D

Rasional:
Diabetic ketoasidosis merupakan komplikasi dari diabetes mellitus ketika kekurangan insulin berat terjadi. Hiperglikemia terjadi dengan ketoasidosis diabetikum. Kelaparan bisa menjadi tanda hipoglikemia atau hiperglikemia, hipertensi tetapi bukan tanda ketoasidosis diabetikum. Hipertensi terjadi karena penurunan volume darah yang berhubungan dengan kondisi dehidrasi yang terjadi selama ketoasidosis diabetikum. Kulit berkeringat dingin, iritabilitas, berkeringat, tremor, kebingungan dan sakit kepala adalah tanda-tanda hipoglikemia.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, tanda-tanda ketoasidosis diabetikum, dan ingat kembali bahwa pada kondisi ini kadar glukosa darah meningkat. Singkirkan pilihan A, B, C dan E karena tanda-tanda ini tidak terjadi dengan hiperglikemia. Ingat kembali bahwa napas berbau buah dan perubahan tingkat kesadaran dapat terjadi selama ketoasidosis diabetikum.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 080:

Review dokumentasi bayi baru lahir tercatat suspek atresia esofagus dengan fistula thracheoesophageal. Perawat mencatat kondisi klien, apakah yang lebih sering didokumentasikan di dalam catatan klien ?
A. Posisi tengkurap
B. Pada abdomen
C. Posisi lateral kiri
D. Posisi lateral kanan
E. Posisi terlentang

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Kep. Anak 080 :
Jawaban : C

Rasional:
Bibir sumbing adalah kelainan kongestinal yang terjadi sebagai akibat dari kegagalan jaringan lunak atau struktur tulang selama perkembangan  embrio. Setelah perbaikan bibir sumbing, perawat menghindari posisi bayi di sisi perbaikan atau dalam posisi tengkurap karena posisi ini dapat menyebabkan gesekan permukaan kasur. Perawat memposisikan bayi di sisi lateral daerah luka atau tegal belakang dan memposisikan bayi untuk mencegah obstruksi jalan napas karena sekresi, darah, atau lidah. Dari pilihan yang disediakan, menempatkan bayi di sisi sebelah kiri dengan segara setelah operasi adalah yang terbaik untuk mencegah risiko aspirasi jika bayi muntah.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata strategis "lebih sering". Pertama singkirkan pilihan A,B dan E pertama karena pilihannya sebanding atau sama. Perimbangkan lokasi anatomi dari letak pembedahan dan perhatikan kata-kata sisi kanan dalam pertanyaan secara langsung mengarahkan Anda ke pilihan yang benar.

Soal latihan kbs anak 81
Perawat mempersiapkan rencana pengajaran untuk ibu dengan anak konjungtivitis bakteri. Berikut adalah pernyataan yang disampaikan oleh ibu yang membutuhkan pengajaran lebih lanjut?
A. Saya harus mencuci tangan dengan sering
B. Saya harus membersihkan mata sesuai yang diharapkan
C. Hal yang tidak bermasalah untuk berbagi handuk dan lap badan.
D. Saya harus memberikan tetes mata sesuai yang diresepkan
E. Saya perlu menghindari menggosok mata untuk mencegah cedera.

Kunci jawaban soal 081 :

Jawaban : C


Rasional :
Konjungtivitis adalah peradangan konjungtiva. Konjungtivitis bakteri sangat meular, dan perawat harus mengajarkan langkah-langkah pengendalian infeksi. Ini termasuk cuci tangan yang baik dan tidak berbagi handuk dan lap badan. Pilhan A, B, D dan E adalah tindakan pengobatan yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 082:

Perawat sedang mempersiapkan perawatan anak setelah tonsilektomi. Perawat mendokumentasikan pada rencana keperawatan, apakah posisi yang sesuai untuk kasus di atas .?

A. Terlentang
B. Berbaring satu sisi
C. Fowler tinggi
D. Trendelenburg
E. Semi Fowler

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Kep. Anak 082 :
Jawaban : B

Rasional:
Tonsilektomi adalah operasi pengangkatan tonsil. Anak seharsunya ditempatkan dalam posisi tengkurap atau berbaring kesamping setelah prosedur pembedahan untuk membantu drainase. Pilihan A, B, D dan E tidak akan mencapai tujuan ini.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, posisi setelah tonsiliektomi. Fokus pada prosedur bedah dan amati setiap posisi dijelaskan dalam pilihan. Perlu diingat bahwa fasilitas drainase akan mengarahkan Anda ke piliham yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 083:

Seorang anak usia 10 tahun dengan asma eksaserbasi  akut dirawat di IGD. Perawat harus melakukan monitoring, manakah tanda yang menunjukkan memburuknya kondisi pada klien ?

A. Kulit hangat dan kering
B. Penurunan wheezing
C. Denyut nadi 90x/menit
D. Respirasi 18x/menit
E. Tekanan darah 110/70 mmHg
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Kep. Anak 083 :
Jawaban : B

Rasional:
Asma adalah penyakit peradangan kronik jalan napas. Penurunan wheezing pada anak dengan asma dapat ditafsirkan keliru sebagai tanda positif ketika terdapat sinyal ketidakmampuan menggerakkan udara. Dada di adalah tanda yang jelas selama episode asma. Dengan pengobatan, peningkatan wheezing sebenarnya menjadi tanda bahwa kondisi anak mengalami perbaikan. Kulit kering dan hangat menunjukkan peningkatan kondisi anak karena anak biasanya mengalami diaporesis selama eksaserbasi. Denyur nadi normal anak usia 10 tahun adalah 70-100x/menit. Tingkat pernapasan normal usia 10 tahun adalah 16-20 x/menit. Tekanan darah 110/70 mmHg adalah normal untuk usia 10 tahun.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata-kata memburuk dalam pertanyaan. Opsi C, D dan E dapat disingkirkan karena sebandaning atau mirip dalam kelompok tanda-tanda vital normal. Dari pilihan yang tersisa, ingat kembali bahwa dada diam adalah tanda yang jelas selama episode asma dan menunjukkan obstruksi spasme bronkus yang parah.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 084:

Perawat sedang melakukan obaervasi pada bayi dengan penyakit jantung bawaan yang mengarah ke tanda-tanda gagal jantung. Apakah yang harus dikaji oleh perawat terkait dengan tanda awal gagal jantung ?

A. Muka pucat
B. Batuk
C. Takikardia
D. Pernapasan dangkal dan lambat
E. Suara ngorok

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Kep. Anak 084 :
Jawaban : C

Rasional:
Gagal jantung adalah ketidakmampuan jantung untuk memompa jumlah darah yang cukup untuk memompa jumlah darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan metabolisme tubuh. Tanda-tanda awal gagal jantung meliputi takikardia, takipnea, kulit kepala berkeringat banyak, kelelahan dan iritabilitas, peningkatan berat badan mendadak, gangguan penapasan. Batuk dapat terjadi pada gagal jantung sebagai akibat dari pembengkakan mukosa dan iritasi, tetapi bukan merupakan tanda awal. Pucat dan suara ngorok dapat ditemui pada bayi dengan gagal jantung namun bukan merupakan tanda awal.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan kata strategis "awal". Pikirkan tentang fisiologi dan efek pada jantung ketika terjadi overload cairan. Konsep ini akan membantu mengarahkan Anda untuk memilih pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 085:

Perawat memeriksa dokumentasi seorang anak dengan glomerulonefritis dan mencatat hasil pemeriksaan, manakah catatan yang berhubungan dengan diagnosis tersebut ?

A. Hipotensi
B. Urine berwarna cokelat
C. Berat jenis urine rendah
D. Kadar urea nitrogen dalam darah rendah
E. Kadar serum kreatinin rendah

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers Kep. Anak 085 :
Jawaban : B

Rasional:
Glomerulonefritis merujuk pada kelompok gangguan ginjal ditandai dengan cedera inflamasi di glomerulus. Tanda klasik glomerulonefritis didapatkan hematuria berwarna gelap, berasap seperti minuman kola dan urine berwarna cokelat. Hipertensi adalah tanda umum. Ingat kembali bahwa gangguan ginjal dan kadar urea dalam darah dan kadar serum kreatinin meningkat dan tanda ini akan secara langsung mengarahkan Anda untuk memilih pilihan yang benar.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, manifestasi glomerulonefritis. Pertama singkirkan pilihan A dan C pertama hipertensi dan berat jenis urine yang paling banyak terjadi pada gangguan ginjal. Mengingat bahwa gangguan ini ginjal dan nitrogen urea darah dan kreatinin serum meningkat jenis ini gangguan akan membantu dalam mengarahkan Anda untuk pilihan yang benar.

Dominika Yeni, [26.06.16 02:29]
Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 086:
Perawat sedang membuat perencanaan asuhan pada anak dengan sindrom hemolitik uremik yang telah mengalami anuriadan akan dilakukan dialisis peritoneal. Apakah yang harus direncanakan?

A. Membatasi cairan sesuai yang ditentukan

B. Rawat fistula arteriovenosa

C. Konsumsi makanan tinggi kalium

D. Memberikan analgesik sesuai yang diresepkan

E. Mengelola produk darah
Dominika Yeni, [26.06.16 03:10]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Anak 086 :
Jawaban : A
Rasional: Sindrom uremik hemolitik diduga terkait dengan racun bakteri, bahan kimia, dan virus yang mengakibatkan cedera GGA pada anak-anak Manifestasi klinik penykit ini meliputi anemia hemolitik, trombositopenia, cedera finjal, dan gejala SSP. Seorang anak dengan sindrom uremik hemolitik menjalani dialisis peritoneal karena anuria dilakukan pembatasan cairan. Nyeri tidak terkait dengan sindrom uremik hemolitik, dan kalium akan dibatasi jika anak menderita anuria. Peritoneal dialisis tidak memerlukan fistula arterivenosus (hanya dialisis).
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan subjek anuria. Fokus pada diagnosa anak Dan ingat kembali pengetahuan anak tentang perawatan klien dengan cedera ginjal akut. Juga fokus data dalam pertanyaan. Perhatikan kata peritoneal akan membantu dalam menyingkirkan pilihan B dari pilihan yang tersisa ingat karena anak anuria cairan akan dibatasi

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087:

Ibu datang di UGD dengan anaknya 5 tahun dan menyatakan bahwa anaknya jatuh dari tempat tidur, diduga cedera kepala, dan perawat memeriksa status jalan napas anak dan mengkaji anak tanda-tanda dini dan lambat peningkatakan tekenan intra kranial pada anak. Apakah tanda lambat dari peningkatakan tekanan intra kranial ?

A. Mual
B. Iritabilitas
C. Sakit kepala
D. Bradikardia
E. Gangguan visual (diplopia)
Fitri Binti Maidin, [26.06.16 07:48]
Tiah:
Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087:

Ibu datang di UGD dengan anaknya 5 tahun dan menyatakan bahwa anaknya jatuh dari tempat tidur, diduga cedera kepala, dan perawat memeriksa status jalan napas anak dan mengkaji anak tanda-tanda dini dan lambat peningkatakan tekenan intra kranial pada anak. Apakah tanda lambat dari peningkatakan tekanan intra kranial ?

A. Mual
B. Iritabilitas
C. Sakit kepala
D. Bradikardia
E. Gangguan visual (diplopia)
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087 :
Jawaban : D

Rasional:
Cedera kepala adalah hasil patologis dari dorongan mekanik tengkorak, kulit kepala, selaput otak, atau otak. Cedera kepala dapat menyebabkan perdarahan di otak dan mengakibatkan peningkatan tekanan intrakranial. Pada anak, tanda -tanda dini meliputi sedikit perubahan dalam tingkat kesadaran, sakit kepala, mual, muntah, gangguan visual (diplopia), kejang. Tanda-tanda lambat dari peningkatan tekanan intra kranial meliputi penuruanan tingkat respons yang signifikan, bradikardia, penurunan respons motorik dab sensorik, perubahan ukuran dan reaksi pupil, posisi pernapasan Cheyne-Stoke, dan koma.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan usi anak dan akhir kata strategi. Pikirkan tantang patofisiologi yang terjadi ketika tekanan meningkat di kranial untuk membantu menjawab dengan benar.

Fitri Binti Maidin, [26.06.16 07:48]
Tiah:
Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087:

Ibu datang di UGD dengan anaknya 5 tahun dan menyatakan bahwa anaknya jatuh dari tempat tidur, diduga cedera kepala, dan perawat memeriksa status jalan napas anak dan mengkaji anak tanda-tanda dini dan lambat peningkatakan tekenan intra kranial pada anak. Apakah tanda lambat dari peningkatakan tekanan intra kranial ?

A. Mual
B. Iritabilitas
C. Sakit kepala
D. Bradikardia
E. Gangguan visual (diplopia)

" BENAR atau SALAH tidak menentukan sebagai Sang Juara, tetapi dia yang memberiakan PENDAPAT/RASIONAL adalah pemenang sejati "

Tiah, [26.06.16 08:12]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087 :
Jawaban : D

Rasional:
Cedera kepala adalah hasil patologis dari dorongan mekanik tengkorak, kulit kepala, selaput otak, atau otak. Cedera kepala dapat menyebabkan perdarahan di otak dan mengakibatkan peningkatan tekanan intrakranial. Pada anak, tanda -tanda dini meliputi sedikit perubahan dalam tingkat kesadaran, sakit kepala, mual, muntah, gangguan visual (diplopia), kejang. Tanda-tanda lambat dari peningkatan tekanan intra kranial meliputi penuruanan tingkat respons yang signifikan, bradikardia, penurunan respons motorik dab sensorik, perubahan ukuran dan reaksi pupil, posisi pernapasan Cheyne-Stoke, dan koma.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan usi anak dan akhir kata strategi. Pikirkan tantang patofisiologi yang terjadi ketika tekanan meningkat di kranial untuk membantu menjawab dengan benar.

Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 088:
Seorang anak menderita fraktur femur yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotordan dilakukan traksi kulit sementara sampai operasi dilakukan. Selama pengkajian, perawat mencatat bahwa nadi dorsalispedis tidak teraba pada kaki kanan. Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan pada kasus di atas?
A. Pemberian analgesik
B. Lepaskan traksi kulit
C. Kompres es untuk ekstremitas
D. Beritahu penyedia layanan kesehatan
E. Tinggikan ekstremitas yang terluka
Fitri Binti Maidin, [26.06.16 07:48]
Tiah:
Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087:

Ibu datang di UGD dengan anaknya 5 tahun dan menyatakan bahwa anaknya jatuh dari tempat tidur, diduga cedera kepala, dan perawat memeriksa status jalan napas anak dan mengkaji anak tanda-tanda dini dan lambat peningkatakan tekenan intra kranial pada anak. Apakah tanda lambat dari peningkatakan tekanan intra kranial ?

A. Mual
B. Iritabilitas
C. Sakit kepala
D. Bradikardia
E. Gangguan visual (diplopia)

" BENAR atau SALAH tidak menentukan sebagai Sang Juara, tetapi dia yang memberiakan PENDAPAT/RASIONAL adalah pemenang sejati "

Tiah, [26.06.16 08:12]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087 :
Jawaban : D

Rasional:
Cedera kepala adalah hasil patologis dari dorongan mekanik tengkorak, kulit kepala, selaput otak, atau otak. Cedera kepala dapat menyebabkan perdarahan di otak dan mengakibatkan peningkatan tekanan intrakranial. Pada anak, tanda -tanda dini meliputi sedikit perubahan dalam tingkat kesadaran, sakit kepala, mual, muntah, gangguan visual (diplopia), kejang. Tanda-tanda lambat dari peningkatan tekanan intra kranial meliputi penuruanan tingkat respons yang signifikan, bradikardia, penurunan respons motorik dab sensorik, perubahan ukuran dan reaksi pupil, posisi pernapasan Cheyne-Stoke, dan koma.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan usi anak dan akhir kata strategi. Pikirkan tantang patofisiologi yang terjadi ketika tekanan meningkat di kranial untuk membantu menjawab dengan benar.

Daftar pustaka : McKinney et al (2013), p. 1420.

Sumber:
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier)..
@apapun pilihan dan argumentasi jawaban dari masing-masing para rekan KBS sangat kita hargai dan semoga tetap saling asah asih dan asuh. Terimakasih banyak atas jawaban dan sharing yang telah diberikan.

Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 088:

Seorang anak menderita fraktur femur yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotordan dilakukan traksi kulit sementara sampai operasi dilakukan. Selama pengkajian, perawat mencatat bahwa nadi dorsalispedis tidak teraba pada kaki kanan. Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan pada kasus di atas?

A. Pemberian analgesik

B. Lepaskan traksi kulit

C. Kompres es untuk ekstremitas

D. Beritahu penyedia layanan kesehatan

E. Tinggikan ekstremitas yang terluka
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Anak 088 :
Jawaban : D

Rasional:
Tidak terabanya nadi ekstremitas dari anggota tubuh yang terkena fraktur berarti anak dapat mengalami kompartemen sindrom. Ini adalah situasi darurat, dan penyedia pelayan kesehatan segera diberitahu. Pemberian analgesik tidak meningkatkan sirkulasi. Traksi kulit itak boleh dilepaskan tanpa resep dari penyedian pelayanan kesehatan. Kompres dingin pada ekstremitas dan ditinggikan ekstrimitas yang cedera dengan perfusi tidak teraba adalah salah. Kompres dingin dapat diresepkan ketika perfusi cukup untuk mengurangi pembengkakan.
Strategi mengerjakan Soal: Gunakan ABC. Berfokus pada data pertanyaan menunjukkan bahwa sirkulasi terganggu. Ini seharusnya mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.

Fitri Binti Maidin, [26.06.16 07:48]
Tiah:
Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087:

Ibu datang di UGD dengan anaknya 5 tahun dan menyatakan bahwa anaknya jatuh dari tempat tidur, diduga cedera kepala, dan perawat memeriksa status jalan napas anak dan mengkaji anak tanda-tanda dini dan lambat peningkatakan tekenan intra kranial pada anak. Apakah tanda lambat dari peningkatakan tekanan intra kranial ?

A. Mual
B. Iritabilitas
C. Sakit kepala
D. Bradikardia
E. Gangguan visual (diplopia)

" BENAR atau SALAH tidak menentukan sebagai Sang Juara, tetapi dia yang memberiakan PENDAPAT/RASIONAL adalah pemenang sejati "

Tiah, [26.06.16 08:12]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087 :
Jawaban : D

Rasional:
Cedera kepala adalah hasil patologis dari dorongan mekanik tengkorak, kulit kepala, selaput otak, atau otak. Cedera kepala dapat menyebabkan perdarahan di otak dan mengakibatkan peningkatan tekanan intrakranial. Pada anak, tanda -tanda dini meliputi sedikit perubahan dalam tingkat kesadaran, sakit kepala, mual, muntah, gangguan visual (diplopia), kejang. Tanda-tanda lambat dari peningkatan tekanan intra kranial meliputi penuruanan tingkat respons yang signifikan, bradikardia, penurunan respons motorik dab sensorik, perubahan ukuran dan reaksi pupil, posisi pernapasan Cheyne-Stoke, dan koma.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan usi anak dan akhir kata strategi. Pikirkan tantang patofisiologi yang terjadi ketika tekanan meningkat di kranial untuk membantu menjawab dengan benar.

Daftar pustaka : McKinney et al (2013), p. 1420.

Sumber:
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier)..
@apapun pilihan dan argumentasi jawaban dari masing-masing para rekan KBS sangat kita hargai dan semoga tetap saling asah asih dan asuh. Terimakasih banyak atas jawaban dan sharing yang telah diberikan.

Salam SUPER

Silvand, [26.06.16 09:23]
9 jempol..
Catu lagi ee

Silvand, [26.06.16 09:25]



Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 088:

Seorang anak menderita fraktur femur yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotordan dilakukan traksi kulit sementara sampai operasi dilakukan. Selama pengkajian, perawat mencatat bahwa nadi dorsalispedis tidak teraba pada kaki kanan. Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan pada kasus di atas?

A. Pemberian analgesik

B. Lepaskan traksi kulit

C. Kompres es untuk ekstremitas

D. Beritahu penyedia layanan kesehatan

E. Tinggikan ekstremitas yang terluka

" BENAR atau SALAH tidak menentukan sebagai Sang Juara, tetapi dia yang memberiakan PENDAPAT/RASIONAL adalah pemenang sejati "

SEKJEN KBS UKOM, [26.06.16 11:14]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Anak 088 :
Jawaban : D

Rasional:
Tidak terabanya nadi ekstremitas dari anggota tubuh yang terkena fraktur berarti anak dapat mengalami kompartemen sindrom. Ini adalah situasi darurat, dan penyedia pelayan kesehatan segera diberitahu. Pemberian analgesik tidak meningkatkan sirkulasi. Traksi kulit itak boleh dilepaskan tanpa resep dari penyedian pelayanan kesehatan. Kompres dingin pada ekstremitas dan ditinggikan ekstrimitas yang cedera dengan perfusi tidak teraba adalah salah. Kompres dingin dapat diresepkan ketika perfusi cukup untuk mengurangi pembengkakan.
Strategi mengerjakan Soal: Gunakan ABC. Berfokus pada data pertanyaan menunjukkan bahwa sirkulasi terganggu. Ini seharusnya mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 089:
Seorang anak 4 tahun mengalami jatuh di rumah dan setelah pemeriksaan X-ray anak mederura fraktur lengan dan dipasang gips. Perawat memberikan intruksi kepada orang tua tentang perawatan pada anak. Apakah pernyataan orang tua yang menunjukkan kebutuhan intruksi lebih lanjut?
A. Balutan terasa hangat ketika balutan kering
B. Saya bisa menggunakan lotion atau bedak di sekitar balutan untuk mengurangi rasa gatal
C. Sejumlah kecil semir sepatu putih dapat diberikan bila balutan putih kotor
D. Jika balutan basah, pengering dapat digunakan untuk mengeingkan cetakan
E. Saya akan menghindari gerakan memutar
Fitri Binti Maidin, [26.06.16 07:48]
Tiah:
Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087:

Ibu datang di UGD dengan anaknya 5 tahun dan menyatakan bahwa anaknya jatuh dari tempat tidur, diduga cedera kepala, dan perawat memeriksa status jalan napas anak dan mengkaji anak tanda-tanda dini dan lambat peningkatakan tekenan intra kranial pada anak. Apakah tanda lambat dari peningkatakan tekanan intra kranial ?

A. Mual
B. Iritabilitas
C. Sakit kepala
D. Bradikardia
E. Gangguan visual (diplopia)

" BENAR atau SALAH tidak menentukan sebagai Sang Juara, tetapi dia yang memberiakan PENDAPAT/RASIONAL adalah pemenang sejati "

Tiah, [26.06.16 08:12]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087 :
Jawaban : D

Rasional:
Cedera kepala adalah hasil patologis dari dorongan mekanik tengkorak, kulit kepala, selaput otak, atau otak. Cedera kepala dapat menyebabkan perdarahan di otak dan mengakibatkan peningkatan tekanan intrakranial. Pada anak, tanda -tanda dini meliputi sedikit perubahan dalam tingkat kesadaran, sakit kepala, mual, muntah, gangguan visual (diplopia), kejang. Tanda-tanda lambat dari peningkatan tekanan intra kranial meliputi penuruanan tingkat respons yang signifikan, bradikardia, penurunan respons motorik dab sensorik, perubahan ukuran dan reaksi pupil, posisi pernapasan Cheyne-Stoke, dan koma.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan usi anak dan akhir kata strategi. Pikirkan tantang patofisiologi yang terjadi ketika tekanan meningkat di kranial untuk membantu menjawab dengan benar.

Daftar pustaka : McKinney et al (2013), p. 1420.
Sumber:
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier)..
@apapun pilihan dan argumentasi jawaban dari masing-masing para rekan KBS sangat kita hargai dan semoga tetap saling asah asih dan asuh. Terimakasih banyak atas jawaban dan sharing yang telah diberikan.

Salam SUPER

Silvand, [26.06.16 09:23]
9 jempol..
Catu lagi ee

Silvand, [26.06.16 09:25]
Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 088:

Seorang anak menderita fraktur femur yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotordan dilakukan traksi kulit sementara sampai operasi dilakukan. Selama pengkajian, perawat mencatat bahwa nadi dorsalispedis tidak teraba pada kaki kanan. Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan pada kasus di atas?

A. Pemberian analgesik

B. Lepaskan traksi kulit

C. Kompres es untuk ekstremitas

D. Beritahu penyedia layanan kesehatan

E. Tinggikan ekstremitas yang terluka

" BENAR atau SALAH tidak menentukan sebagai Sang Juara, tetapi dia yang memberiakan PENDAPAT/RASIONAL adalah pemenang sejati "

SEKJEN KBS UKOM, [26.06.16 11:14]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Anak 088 :
Jawaban : D

Rasional:
Tidak terabanya nadi ekstremitas dari anggota tubuh yang terkena fraktur berarti anak dapat mengalami kompartemen sindrom. Ini adalah situasi darurat, dan penyedia pelayan kesehatan segera diberitahu. Pemberian analgesik tidak meningkatkan sirkulasi. Traksi kulit itak boleh dilepaskan tanpa resep dari penyedian pelayanan kesehatan. Kompres dingin pada ekstremitas dan ditinggikan ekstrimitas yang cedera dengan perfusi tidak teraba adalah salah. Kompres dingin dapat diresepkan ketika perfusi cukup untuk mengurangi pembengkakan.
Strategi mengerjakan Soal: Gunakan ABC. Berfokus pada data pertanyaan menunjukkan bahwa sirkulasi terganggu. Ini seharusnya mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.

Daftar pustaka: Hockenberry, Wilson (2011), p 1649
Sumber:
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier)..
@apapun pilihan dan argumentasi jawaban dari masing-masing para rekan KBS sangat kita hargai dan semoga tetap saling asah asih dan asuh. Terimakasih banyak atas jawaban dan sharing yang telah diberikan.

Salam SUPER

Sunardi, [27.06.16 06:47]
[In reply to Reva Ners]
Jngan pesimis dong harus optimis dgn kemampuan.y 😂😂

Azizah Alfattah, [27.06.16 06:48]
[In reply to Evi Prihatiningtyas]
Sy jg wktu bln 4 kmrin..

Tiah, [27.06.16 22:19]
Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 089:
Seorang anak 4 tahun mengalami jatuh di rumah dan setelah pemeriksaan X-ray anak mederura fraktur lengan dan dipasang gips. Perawat memberikan intruksi kepada orang tua tentang perawatan pada anak. Apakah pernyataan orang tua yang menunjukkan kebutuhan intruksi lebih lanjut?
A. Balutan terasa hangat ketika balutan kering
B. Saya bisa menggunakan lotion atau bedak di sekitar balutan untuk mengurangi rasa gatal
C. Sejumlah kecil semir sepatu putih dapat diberikan bila balutan putih kotor
D. Jika balutan basah, pengering dapat digunakan untuk mengeingkan cetakan
E. Saya akan menghindari gerakan memutar

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Anak 089 :
Jawaban : B
Rasional:Pengajaran tentang perawatan balutan gips adalah penting untuk mencegah komplikasi daribalutan. Orang tua harus diintruksikan untuk tidak menggunakan lotion atau bubuk pada kulit di sekitar tepi balutan atau dalam gips. Lotion atau bubuk dapat menjadi lengket atau tebal dan dapat menyebabkan iritasi kulit. Pilihan A, C, D, dan E adalah pilihan yang sesuai.
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata-kata yang strategis kebutuhan intruksi lebih lanjut. Kata-kata ini menunjukkan kejadian negatif dan meminta anda untuk memilih pernyataan yang salah. Ingta bahwa lotion atau bubuk dapat menjadi lengket atau tebal dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Fitri Binti Maidin, [26.06.16 07:48]
Tiah:
Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087:

Ibu datang di UGD dengan anaknya 5 tahun dan menyatakan bahwa anaknya jatuh dari tempat tidur, diduga cedera kepala, dan perawat memeriksa status jalan napas anak dan mengkaji anak tanda-tanda dini dan lambat peningkatakan tekenan intra kranial pada anak. Apakah tanda lambat dari peningkatakan tekanan intra kranial ?

A. Mual
B. Iritabilitas
C. Sakit kepala
D. Bradikardia
E. Gangguan visual (diplopia)

" BENAR atau SALAH tidak menentukan sebagai Sang Juara, tetapi dia yang memberiakan PENDAPAT/RASIONAL adalah pemenang sejati "

Tiah, [26.06.16 08:12]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 087 :
Jawaban : D

Rasional:
Cedera kepala adalah hasil patologis dari dorongan mekanik tengkorak, kulit kepala, selaput otak, atau otak. Cedera kepala dapat menyebabkan perdarahan di otak dan mengakibatkan peningkatan tekanan intrakranial. Pada anak, tanda -tanda dini meliputi sedikit perubahan dalam tingkat kesadaran, sakit kepala, mual, muntah, gangguan visual (diplopia), kejang. Tanda-tanda lambat dari peningkatan tekanan intra kranial meliputi penuruanan tingkat respons yang signifikan, bradikardia, penurunan respons motorik dab sensorik, perubahan ukuran dan reaksi pupil, posisi pernapasan Cheyne-Stoke, dan koma.

Strategi mengerjakan soal :
Perhatikan usi anak dan akhir kata strategi. Pikirkan tantang patofisiologi yang terjadi ketika tekanan meningkat di kranial untuk membantu menjawab dengan benar.

Daftar pustaka : McKinney et al (2013), p. 1420.

Sumber:
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier)..
@apapun pilihan dan argumentasi jawaban dari masing-masing para rekan KBS sangat kita hargai dan semoga tetap saling asah asih dan asuh. Terimakasih banyak atas jawaban dan sharing yang telah diberikan.

Salam SUPER

Silvand, [26.06.16 09:23]
9 jempol..
Catu lagi ee

Silvand, [26.06.16 09:25]
Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 088:

Seorang anak menderita fraktur femur yang disebabkan oleh kecelakaan kendaraan bermotordan dilakukan traksi kulit sementara sampai operasi dilakukan. Selama pengkajian, perawat mencatat bahwa nadi dorsalispedis tidak teraba pada kaki kanan. Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan pada kasus di atas?

A. Pemberian analgesik

B. Lepaskan traksi kulit

C. Kompres es untuk ekstremitas

D. Beritahu penyedia layanan kesehatan

E. Tinggikan ekstremitas yang terluka

" BENAR atau SALAH tidak menentukan sebagai Sang Juara, tetapi dia yang memberiakan PENDAPAT/RASIONAL adalah pemenang sejati "

SEKJEN KBS UKOM, [26.06.16 11:14]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Anak 088 :
Jawaban : D

Rasional:
Tidak terabanya nadi ekstremitas dari anggota tubuh yang terkena fraktur berarti anak dapat mengalami kompartemen sindrom. Ini adalah situasi darurat, dan penyedia pelayan kesehatan segera diberitahu. Pemberian analgesik tidak meningkatkan sirkulasi. Traksi kulit itak boleh dilepaskan tanpa resep dari penyedian pelayanan kesehatan. Kompres dingin pada ekstremitas dan ditinggikan ekstrimitas yang cedera dengan perfusi tidak teraba adalah salah. Kompres dingin dapat diresepkan ketika perfusi cukup untuk mengurangi pembengkakan.
Strategi mengerjakan Soal: Gunakan ABC. Berfokus pada data pertanyaan menunjukkan bahwa sirkulasi terganggu. Ini seharusnya mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.

Daftar pustaka: Hockenberry, Wilson (2011), p 1649
Sumber:
Saunders 360 Review untuk UKNI (Edisi 1) terbitan 2016 oleh tim Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) yang diadaptasi dari buku "Comprehensive Review for the NCLEX-RN Examination" yang ditulis oleh Silvestri (Elsevier)..
@apapun pilihan dan argumentasi jawaban dari masing-masing para rekan KBS sangat kita hargai dan semoga tetap saling asah asih dan asuh. Terimakasih banyak atas jawaban dan sharing yang telah diberikan.

Salam SUPER

Sunardi, [27.06.16 06:47]
[In reply to Reva Ners]
Jngan pesimis dong harus optimis dgn kemampuan.y 😂😂

Azizah Alfattah, [27.06.16 06:48]
[In reply to Evi Prihatiningtyas]
Sy jg wktu bln 4 kmrin..

Tiah, [27.06.16 22:19]
Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 089:
Seorang anak 4 tahun mengalami jatuh di rumah dan setelah pemeriksaan X-ray anak mederura fraktur lengan dan dipasang gips. Perawat memberikan intruksi kepada orang tua tentang perawatan pada anak. Apakah pernyataan orang tua yang menunjukkan kebutuhan intruksi lebih lanjut?
A. Balutan terasa hangat ketika balutan kering
B. Saya bisa menggunakan lotion atau bedak di sekitar balutan untuk mengurangi rasa gatal
C. Sejumlah kecil semir sepatu putih dapat diberikan bila balutan putih kotor
D. Jika balutan basah, pengering dapat digunakan untuk mengeingkan cetakan
E. Saya akan menghindari gerakan memutar

" BENAR atau SALAH tidak menentukan sebagai Sang Juara, tetapi dia yang memberiakan PENDAPAT/RASIONAL adalah pemenang sejati "

Tiah, [27.06.16 23:32]
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Anak 089 :
Jawaban : B
Rasional:Pengajaran tentang perawatan balutan gips adalah penting untuk mencegah komplikasi daribalutan. Orang tua harus diintruksikan untuk tidak menggunakan lotion atau bubuk pada kulit di sekitar tepi balutan atau dalam gips. Lotion atau bubuk dapat menjadi lengket atau tebal dan dapat menyebabkan iritasi kulit. Pilihan A, C, D, dan E adalah pilihan yang sesuai.
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan kata-kata yang strategis kebutuhan intruksi lebih lanjut. Kata-kata ini menunjukkan kejadian negatif dan meminta anda untuk memilih pernyataan yang salah. Ingta bahwa lotion atau bubuk dapat menjadi lengket atau tebal dan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 090:
Perawat klinik mengintrusikan orang tua dengan anak menderita HIV mengenai imunisasi. Apakah intruksi yang harus diberikan orang tua?
A. Vaksin hepatitis B tidak akan diberikan kepada anak
B. Vaksin influenza yang tidak aktif akan diberikan setiap tahun
C. Vaksin Varicella akan diberikan sebelum usia 6 bulan
D. Perlu dilakukan tes western blot dan hasilnya dievaluasi sebelum imunisasi
E. Diberikan vaksin rotavirus
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners Anak 090 :
Jawaban : B
Rasional: Imunisasi terhadap penyakit anak yang umum terjadi diberikan kepada semua anak atau anak yang terinfeksi HIV. Vaksin influenza tidak aktif diberikan Secara IM (Vaksin influenza seharusnya diberikan setiap tahun). Vaksin hepatitis diberikan sesai jadwal imunisasi yang dianjurkan. Vaksin virus Varicella zoster sebaiknya tidak diberokan karena merupakan vaksin virus hidup; Varicella zoster imunoglobulin dapat diresepkan setelah paparan cacar. Vaksin rotavirus tidak boleh diberikan. Pilihan D adalah tidak perlu dan tidak akurat.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, imunisasi untuk anak dengan HIV. Pilihan D dapatdisingkirkan pertama kali karena western lod adalah soal diagnostik, bukan evaluatif. Dari pilihan yang tersisa, ingat kembali bahwa anak terinfeksi HIV beresiko untik terinfeksi oportunistik dan vaksin virus hidup tidak diberikan kepada anak dengan imunodefisiensi akan membantu dalam mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS  UKOM Ners Anak 091:
Seorang anak dijadwalkan untuk menerima vaksin polio tidak aktif (IPV), dan perawat mempersiapkan imunisasi dengan melihat rekam medis anak. Perawat mempertanyakan pengelolaan IPV apakah yang didokumentasikan dalm rekam medis anak?
A. Riwayat batuk pilek yang baru sembuh
B. Riwayat sering infeksi pernapasan
C. Riwayat reaksi anafilaksis terhadap neomisin
D. Reaksi lokal tempat suntikan dari IPV sebelumnya
E. Riwayat batuk dan demam
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Anak 091:
Jawaban : C
Rasional: Vaksin virus polio tidak aktif (IPV) mengandung neomisin. Riwayat anafilaksis terhaap neomisin adalah kontraindikasi untuk IPV. Adanya penyakit ringan seperti pilek, batuk dan demamadalah bukan kontraindikasi. Selain itu, riwayat sering infeksi saluaran pernapasan juga bukan merupakan kontraindikasi untuk mendapatkan vaksin. Reaksi lokal untuk imunisasi bukan merupakan kontraindikasi untuk menerima vaksin.
Strategi mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, pertanyaan pemberian IPV. Ingat kembali bahwa kontraindikasi umum untuk seluruh imunisasi adalah penyakit parah, hal ini akan membantu anda menyingkirkan pilihan A, B, dan E. Dari pilihan yang tersisa, perhatikan bahwa pilihan D mengidentifikasi reaksi lokal. Ini akan mengarahkan anda ke pilihan yamh benar, reaksi sistemik dan potensial yang mengancam jiwa.

Soal latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 092 :

Anak menrima serangkaian vaksin hepatitis B dan datang ke klinik dengan orang tuanya untuk pemberian dosis kedua. Sebelum pemberian vaksin, perawat seharusnya menanyakan anak dan orang tua tentang riwayat alergi parah?

A. Telur
B. Penisilin
C. Sulfonamid
D. Dosis vaksin hepatitis B atau komponen sebelumnya
E. Daging sapi
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  #UKOMNers Kep. Anak 092:
Jawaban : D
Rasional: Kontraindikasi untik menerima vaksin hepatitis B adalah reaksi anafilaksis sebelumnya untuk dosis-sosis vaksin hepatitis B atau komponen vaksin (Aluminium hidroksida atau protein ragi) sebelumnya. Alergi terhadap telur, daging sapi, penisilin dan sulfonamid tidak berhubungan dengan kontraindikasi untuk menerima vaksin ini.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, Kontraindikasi untuk menerima vaksin hepatitis B. Dalam pertanyaan dan pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 093:

Sulfisoxazole, 1 g per oral empat kali sehari diresepkan untuk remaja dengan infeksi saluran kemih. Label obat berbunyi " tablet 500 mg ". Perawat telah menetapkan bahwa dosis pemberian adalah aman. Berapa banyak tablet per dosis yang diberikan perawat kepada remaja ?

A. 1/2 tablet
B. 1 tablet
C. 2 tablet
D. 3 tablet
E. 2 1/2 tablet

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 094:

Seorang bayi lahir dengan diagnosis imperforta anus kenbali dari operasi dengan kolostomi. Perawat mengkaji stoma dan mencatat hasil kemerahan dan yang edema. Apakah tindakan keperawatan yang utama berdasarkan temuan ini ?

A. Mengangkat pantat
B. Mendokumentasikan hasil pemeriksaan
C. Melakukan kompres ea segera
D. Memanggil penyedia layanan kesehatan
E. Memberikan antibiotic

Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Anak 094 :
Jawaban : B

Rasional:
Kolostomi stoma segar akan berwarna merah dan edema, tetapi ini akan menurun seiring waktu. Kolostomi kemudian menjadi merah mudah tanpa ada drainase yang abnormal, pembengkakan, atau kerusakan kulit. Perawat harus mendokumentasikan temuan ini karena ini adalah temuan normal. Pilihan A, C, D dan E adalah intervensi yang tidak sesuai dan tidak perlu.

Strategi mengerjakan soal :
Fokus pada subjek, penilaian kolostomi paca operasi. Perhatikan kata-kata kembali dari operasi. Perawat harus mengharapkan kemerahan dan edema pada saat ini.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Jiwa 095:
Seorang klien dengan diagnosis depresi berat yang telah mencoba percobaan bunuh diri berkata kepada perawat, " Saya seharusnya mati, saya selalu gagal. Tidak pernah ada hal yang baik bagi saya ". Apakah respons yang menunjukkan komunikasi terapeutik ?
A. "Anda memiliki segalanya untuk hidup"
B. "Mengapa Anda melihat diri Anda sebagai suatu kegagalan"
C. "Merasa seperti ini adalah bagian dari depresi"
D. "Kamu sudah merasa gagal untuk berapa lama ?"
E. "Kamu tidak boleh mengatakan seperti itu"
Kunci & Pembahasan Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Jiwa 095 :
Jawaban : D
Rasional:
Menanggapi perasaan yang diungkapkan oleh klien adalag teknik komunikasi terapeutik yang paling efektif. Pilihan yang benar adalah contoh pernyataa ulangan. Pilihan yang tersisa memblokit komunikasi karena meminimalkan perasaan klien dan tidak memfasilitasi eksplorasi perasaan yang diungkapkan klien. Selain itu, penggunaan kata "mengapa" adalah non terapeutik"
Strategi mengerjakan soal :
Gunakan pengetahuan tentang teknik komunikasi terapeutik untuk mengarahkan Anda ke pilihan yang secara langsung membahas perasaan dan masalah klien. Juga, pilihan yang benar adalah satu-satunya yang dinyatakan dalam bentuk pertanyaan yang terbuka; itu akan mendorong berbalisasi perasaan.
Soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 096
Ketika perawat komunitas mengunjungi klien di rumah klien menyatakan "saya belum tidur sama sekali beberapa malam terakhir." Berikut adalah respn perawat yang menggambarkan komunikasi terapeutik untuk klien ini?
A. Saya melihat
B. Sungguh
C. Anda mengalami kesulitan tidur
D. Kadang-kadang saya mengalami kesulitan tidur juga
E. Saya tahu masalah anda
Kunci jawaban dan pembahasan soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 096:
Jawaban: C
Rasional: Pilihan yang benar menggunakan komunikasi terapeutik melalui pernyataan ulang. Meskipun pernyataan ulang adalah teknik yang memiliki komponen segera, hal itu mengulangi tema utama klien, membantu perawat untuk memperoleh persepsi khusus dari masalah dari klien. Pilihan yang tersisa adalah bukan respon terapeutik sejak klien memperluas masalah. Menawarkan pengalaman pribadi membuat keluar fokus dari klien dan perawat.
Strategi mengerjakan Soal: Gunakan pengetahuan tentang komunikasi terapeutik. "Saya lihat" dan "saya tahu masalah anda" adalah arahan umu tetapi tidak memberikan kesempatan klien untuk melanjutkan diskusi "sungguh" adalah merupakan kata yang membuat klien merasa bahwa ia tidak percaya. Memberikan pengalaman pribadi dan berfokus pada masalah keperawatan akan meminimalkan kekhawatiran klien. Pilihan yang benar akan memberikan persepsi masalah berdasar perspektif klien.

Soal Latihan KBS #UKOMNers  Kep. Jiwa 097:
Seorang klien dirawat di unit kesehatan mental dengan pengobatan perilaku psikotik, menghabiskan waktu di ruang terkunci yang terbuka sambil berteriak, "Biarkan saya keluar. Tidak ada yang salah dengan saya". Apakah mekanisme pertahanan yang digunakan oleh klien ?
A. Penolakan
B. Proyeksi
C. Regresi
D. Rasionalisasi
E. Sublimasi
Kunci dan pembahasan soal latihan #UKOMNers 097:
Jawaban: A
Rasional: Denial adalah penolakan untuk menerima pada kenyataan yang menyakitkan, yang diperlakukan sebagai sesuatu yang tidak ada. Proyeksi, individu yang tidak aadar menolak wajah atau emosi yang tidak dapat diterima secara emosional untuk orang lain, benda, atau situasi. Regresi memungkinkan klien untuk kembali ke awal, lebih nyaman, meskipun kurang matang, cara berprilaku. Rasionalisasi adalah cara membenarkan yang tidak logis atau ide yang tidak beralasan, tindakan, atau perasaan dengan mengembangkan penjelasan yang dapat diterima yang memuaskan pendengar. Sublimasi adalah penggantian kebutuhan yang tidak dapat diterima, sikap atau emosi dengan dapat diterima secara sosial lebih dari 1 orang.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, mekanisme pertahanan. Kata-kata yang dapat mengarahkan anda ke pilihan yang benar adalah tidak ada yang salah dengan saya. Pilihan-pilihan yang mengenali klien untuk mencoba menghindari situasi nyata. Pilihan lain kekurangan karateristik ini.

Soal Latihan KBS #UKOMNers   Kep. Jiwa 098:
Perawat di unit kesehatan mental dari ruma sakit adalah pemimpin sesi psikoterapi kelompok. Apakah peran perawat selama tahap terminasi pada pengembangan kelompok ?
A. Menghargai bahwa kelompok telah mengidentifikasi tujuan.
B. Mendorong penyelesaian kerja kelompok
C. Menghargai peran serta masing-masing anggota kelompok.
D. Mendorong anggota untuk mengenal satu sama lain.
E. Menghargai bahwa kelompok telah mengidentifikasi norma-norma, peran, dab tanggung jawab.
Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 098:
JAWABAN : C
RASIONAL :
Pada tahap terminasi, tugas pemimpin kelompok adalah untuk menghargai kontribusi dari masing-masing anggota dan pengalaman kelompok secara keseluruhan. Dalam tahap ini, anggota kelompok mempersiapkan perpisahan dan membantu sama lain untuk mempersiapkan masa depan. Menghargai bahwa kelompok telah mengindentifikasi tujuan, norma, peran, dan tanggung jawab serta mendorong ikatan kelompok bersama yang telah terjalin selama tahap awal. Mendorong penyelesaian kerja kelompok selama tahap kerja.
STRATEGI MENGERJAKAN SOAL :
Fokus pada subjek, tahap terminasi. Pikirkan tentang definisi istilah ini dan karakteristik tahap ini untuk menjawab dengan benar

Soal Latihan KBS #UKOMNers   Kep. Jiwa 099:
Ketika klien dirawat di unit kesehatan mental rawat inap dengan diagnosis anorexia nervosa, pendekatan perilaku kognitif digunakan segagai bagian dari rencana perawatan. Apakah tujuan dari pendekatan itu ?
A. Menyediakan lingkungan yang mendukung
B. Memeriksa konflik intrapsikis dan masalah masa lalu
C. Menekankan interaksi sosial dengan klien yang menarik diri
D. Membantu klien untuk memeriksa disfungsional pikiran dan keyakinan
E. Membantu klien untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 099:
JAWABAN : D
RASIONAL :
Terapi perilaku kognitif digunakan untuk membantu mengidentifikasi klien dan memeriksa disfungsi pikiran dan mengidentifikasi dan memeriksa nilai-nilai dan keyakinan dalam memelihara pikiran-pikiran. Pilihan yang tersisa, sementara terapi dalam situasi tertentu, tidak berfokus pada terapi perilaku kognitif.
STRATEGI MENGERJAKAN SOAL :
Fokus pada subjek, tujuan pendekatan perilaku kognitif. Perhatikan hubungan kata kognitif pada pertanyaan dan pikiran dalam pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers   Kep. Jiwa 100:

Seorang klien didiagnosis delirium menjadi disorientasi dan bingung di malam hari. Apakah intervensi yang harus dilakukan pertama kali oleh perawat ?
A. Pindahkan klien dekat dengan ruang perawatan
B. Menggunakan sumber cahaya tidak langsung dan mematikan televisi
C. Jauhkan televisi dan cahaya yang lembut pada malam hari
D. Bermain musik lembut pada malam hari, dan menjaga ruangan remang
E. Membatasi waktu interaksi dengan klien

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 100::
JAWABAN : B
RASIONAL :
Menentukan aktivitas sehari-hari secara konsisten dan lingkungan yang tenang adalah penting ketika klien adalah mengalami disorientasi. Memindahkan klien di sebelah ruang perawat adalah penting meskipun bukan tindakan awal. Membatasi waktu interaksi dengan klien tidak disarankan.
STRATEGI MENGERJAKAN SOAL :
Perhatikan kata strategis "pertama sekali" dalam pertanyaan. Singkirkan pilihan yang tidak sesuai atau tindakan dini dan dapat meningkatkan rangsangan serta menambah kebingungan. Ini akan mengarahkan Anda ke pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers   Kep. Jiwa 101:
Klien dirawat di unit kesehatan mental dengan diagnosa depresi. Perawat mengembangkan rencana asuhan perawatan untuk klien yang meliputi intervensi berikut dibawah ini ?
A. Mendorong membaca dengan tenang dan menulis untuk beberapa hari pertama
B. Mengidentifikasi kegiatan fisik yang akan memberikan latihan
C. Tidak ada kegiatan bersosialisasi, sampai klien meminta untuk berpartisipasi dalam lingkungan
D. Sebuah program terstruktur kegiatan dimana klien dapat berpartisipasi
E. Tinggalkan klien sendiri dan mengekspresikan perasaan mereka

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 101:
JAWABAN : D
RASIONAL :
Klien dengan depresi sering menaril diri sementara mengalami kesulitan berkonsentrasi, kehilangan minat atau kesenangan, energi rendah, kelelahan, dan perasaan tidak berharga dan harga diri yang rendah. Rencana perawatan perlu menyediakan pengalaman yang baik dalam merangsang lingkungan yang belum terstruktur. Pilihan yang tersisa adalah terlalu "ketat" atau menawarkan sedikit atau tidak terstruktur dan stimulasi.
STRATEGI MENGERJAKAN SOAL :
Fokus pada subjek, rencana untuk klien dengan depresi. Ingat kembali bahwa klien depresi memerlukan program terstruktur dan rangsangan dalam lingkungan yang aman. Pilihan yang benar adalah satu-satunya yang akan memberikan lingkungan yang aman dan efektif.

Soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 102:
Ketika merencanakan pemulangan klien dengan kecemasan kronis, perawat mengarahkan tujuan untuk mempromosikan lingkungan yang aman di rumah. Apakah tujuan pemeliharaan yang paling tepat?
A. Menekan perasaan cemas
B. Mengidentifikasi situasi yang   merangsan kecemasan
C. Terus kontak dengan konselor krisis
D. Menyingkirkan semua kecemasan dari situasi
E. Membatasi interaksi dengan lainnya

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 102:
JAWABAN : B
RASIONAL :
Menyadari situasi yang menghasilkan kecemasan mempersiapkan klien untuk mengatasi kecemasan atau menghindari rangsangan tertentu. Konselor tidak akan tersedia untuk seluruh situasi yang menghasilkan kecemasan, dan pilihan ini tidak mendorong perkembangan kekuatan internal. Menekan perasaan dan membatasi interaksi dengan lainnya tidak akan menyelesaikan kecemasan. Menyingkirkan seluruh kecemasan dari kehidupan adalah tidak mungkin.
STRATEGI MENGERJAKAN SOAL:
fokus pada KATA KATA STRATEGIS "paling tepat". Singkirkan seluruh pilihan kata tertutup atau menunjukkan bahwa perasaan harus d tekan. Perhatikan bahwa pilihan yang benar adalah lebih berpusat pada klien dan bantu mempersiapkan klien untuk menghadapi kecemasan
REVIEW: petujuk perawatan di Rumah klien dengan KECEMASAN KRONIS

Soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 103:
Perawat home care mengunjungi klien di rumah dan menentukan bahwa klien tergantung pada obat-obatan terlarang. Selama pengkajian, apakah tindakan yang harus dilakukan perawat untuk merencanakan ASKEP yang tepat?
A. Menanyakan klien mengapa ia mulai mengkonsumsi obat-obatan terlarang.
B. Menanyakan klien jumlah penggunaan obat-obatan terlarang dan efeknya.
C. Menanyakan klien berapa lama ia berpikir bahwa ia dapat mengkonsumsi obat tanpa seorang mencari tahu.
D. Tidak menanyakan beberapa pertanyaan yang membuat cemas, klien menyangkal dan akan mengusir perawat dari rumah.
E. Menanyakan kepada klien siapa yang mengajaknya menggunakan obat terlarang.

Kunci jawaban dan pembahasan soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 103:
Jawaban: B
Rasional: Setiap kali perawat melakukan pengkajian kepada klien dengan ketergantungan obat, hal yang terbaik untuk perawat adalah mencoba memperoleh informasi dengan tidak menghakimi secara langsung. Pilihan A dan E tidak benar karena menghakimi dan tidak berfokus, dan mencerminkan bias perawat. Pilihan C adalah tidak benar karena menghakimi, tidak mengacuhkan dan agresif yang merupakan non terapeutik. Pilihan D tidak benar karena menunjukkan sikap pasif perawat dan menggunakan rasionalisaai untuk menghindari intervensi keperawatan terapeutik.
Strategi mengerjakan soal: fokus pada subjek, memberikan ASKEP yang sesuai. Penggunaan teknik komunikasi terapeutik akan membantu dalam mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.

Soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 104:
Seorang klien di rawat di RS dengan riwayat penyalahgunaan alkohol memberitahu perawat "Saya pergi sekarang. Saya harus pergi. Saya tidak ingin mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Saya memiliki hal-hal yang harua saya lakukan." Klien belum bisa dipulangkan dan dijadwalkan untuk pemeriksaan diagnostik penting selama 1 jam. Setelah perawat mendiskusikan masalah klien dengan klien, klien berpakaian dan mulai berjalan keluar dari kamar rumah sakit. Apakah tindakan perawat yang harus dilakukan?
A. Memanggil pengawas keperawatan
B. Memanggil keamanan untuk memblokir semua pintu keluar
C. Menahan klien sampai penyedia layanan kesehatan dapat dihubungi
D. Memberitahu klien bahwa klien tidak dapat kembali ke RS ini lagi jika klien meninggalkan sekarang
E. Memberitahukan klien bahwa klien tidak dapat meninggalkan RS.

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners Kep. Jiwa 104 :
Jawaban : A
Rasional: Kebanyakan fasilitas perawatn kesehatan memiliki dokumen dimana klien diminta untuk menandatangani berkaitan dengantanggung jawab klien ketika klien menolak terhadap tindakan medis. Klien harus diminta untu menunggu untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan sebelum meninggalkan ruangan dan menandatangani dokumen penolakan tindakan medis sebelum pulang. Jika klien menolak untuk melakukannya, perawat tidak bisa menahan klien. Oleh karena itu, dalam situasi ini, perawat harus memanggil pengawas keperawatan. Perawat dapat dibebankan dengan hukuman bersalah jika klien dibuat percaya bahwa ia tidak bisa meninggalkan RS. Menahan klien dan memanggil keamanan untuk memblokir pintu keluar merupakan tindakan salah. Semua klien memiliki hak untuk perawatan kesehatan dan tidak dapat dikatakan sebaliknya.
Strategi Mengerjakan soal: Menjaga konsep tindakan keliru dalam pikiran, singkirkan B dan C karena sebanding atau mirip. Singkirkan pillihan D dan E, mengetahui bahwa semua klien memiliki hak untuk perawatan kesehatan. Dari pilihan yang disajikan, tindakan terbaik yang terbaik ditunjukkan adalah pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS  UKOM Ners Kep. Jiwa 105:
Perawat sedang mengkaji data klien yang dirawat di unutkesehatan mental. Perawat mencatat bahwa klien mengalami kecemasan akibat krisis situasional. Perawat menetukan bahwa krisis ini dapat disebabkan oleh beberapa kegiatan berikut di bawah ini?
A. Saksi mata pembunuhan
B. Kematian orang yang dicintai
C. Sebuah kebakaran yang menghancurkan rumah klien
D. Sebuah pemerkosaan yang  baru dialami oleh klien
E. Pengalaman menjadi korban pengeboman

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Kep. Jiwa 105:
Jawaban: B
Rasional: Situasi krisis meningkat dari sumber eksternal dan internal. Situasi eksternal yang dapat memicu krisis meliputi kehilangan atau perubahan pekerjaan, kematian orang yang dicintai, aborsi, perubahan status keuangan, perceraian, penambahan anggota keluarga baru, kehamilan, dan penyakit parah. Pilihan A, C, D, dan E mengidentifikasi krisis adventif mengacu pada krisis bencana; itu tidak direncanakan atau disengaja.
Strategi mengerjakan soal: Catatkan subjek, krisis situasional. Ingat bahwa jenis krisis muncul dari sumber eksternal, sering tak terduga, dan berhubungan dengan peristiwa kehidupan yang mengganggu keseimbangan psikologis individu ata kelompok. Ini akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar>

Soal latihan KBS UKOM Ners Kep. Jiwa 106:
Seorang klien depresi di unit rawat inap mengatakan kepada perawat "Keluarga saya akan lebih baik tanpa saya" apakah respon terbaik dari perawat?
A. "Sudahkah anda berbicara dengan keluarga anda tentang hal ini?"
B. "Semua orang merasakan ini ketika tertekan"
C. "Anda akan merasa lebih baik setelah obat anda mulai bekerja"
D. Kau terdengar sangat tertekan. Apakah anda berfikir untuk menyakiti diri sendiri?"
E. "Saya tahu perasaanmu, lebih baik bicara seperti itu."

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Kep. Jiwa 106:
Jawaban: D
Rasional: klien yang mengalai depresi beresiko untuk bunuh diri hal ini penting untuk perawat untuk mengkaji rencana bunuh diri. Perawata meminta klien secara lngsung apaka rencana tersebut membahayakan diri anda sendiri pilihan A, B, C, dan E tidak berhubungan dengan perasaan klien.
Strategi mengerjakan soal: perhatikan kata strategis "terbaik." Ingat kembali teknik komunikasi terapeutik akan membantu anda dalam mengarahkan pilihan yang benar. Pilihan D adalah satu-satunya pilihan yang berhubungan dengan perasaan klien. Selain itu, klien dengan resiko bunuh diri perlu dikaji secara langsung terkait membahayakan diri sendiri.

Soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 107:
Perawat mengamati klien dengan dekat perilaku klien yang menunjukkan agresif. Perawat mengamati perilaku yang ditunjukkan klien meningkat perlahan-lahan. Apakah intervensi keperawatan yang kurang membantu klien pada waktu ini ?
A. Memulai langkah penahanan
B. Menghargai perilaku klien
C. Membantu klien di tempat yang tenang
D. Menjaga jarak yang aman dari klien
E. Mengontrol klien

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 107:
JAWABAN : A
RASIONAL :
Selama periode eskalasi, perilaku menunjukkan kehilangan kontrol. Tindakan keperawatan meliputi mengambil kendali, menjaga jarak yang aman, menghargai perilaku, mengajak klien di tempat yang tenang, dan pengobatan yang sesuai untuk klien. Untuk memulai langkah-langkah penahanan selama periode ini adalah tidak pantas. Inisiasi tindakan penahanan diperlukan paling tepat selama periode krisis.
STRATEGI MENGERJAKAN SOAL:
Fokus pada kata-kata yang strategis "kurang membantu". Juga perhatikan kata-kata perilaku agresif dan semakin tinggi. Mengingat bahwa tindakan pembatasan setidaknya harus digunakan akan mengarahkan Anda ke pilihan yang benar.

Soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 108:

Seorang klien dengan skizofrenia telah dimulai terapi pengobatan dengan clozapine. Perawat harus mengkaji hasil yang didapatkan, manakah hasil laboratorium yang diperlukan untuk memantau efek samping dari obat ini?
A. Jumlah trombosit
B. Kadar glukosa darah
C. Fungsi hati
D. Jumlah sel darah putih
E. Kadar nitrogen urea darah

Kunci dan pembahasan soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 108:
Jawaban: D
Rasional: Klien yang mengkonsumsi Clozapine mengalami agranulositosis yang ditunjukan dengan melihat sel darah putih menurun hingga kurang dari 3000 sel/mm3. Agrunulositosis bisa berakibat fatal jika tidak terdeteksi dan tidak diobati. Peneletian laboratorium lainnya tidak berhubungan secara khusus untuk penggunaan obat ini.
Strategi mengerjakan soal: fokus pada subjek komplikasi yang terkait dengan clozapine. Ingat kembali bahwa obat ini menyebabkan agranulositosis akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar

Soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 109:
Seorang klien dijadwalkan untuk keluar RS dan akan mengkonsumsi sodium fenobarbital untuk periode panjang. Perawat akan membuat prioritas intruksi pada klien, mnakah hal yang berhubungan dengan keselamatan pasieen?
A. Minum obat hanya di waktu makan
B. Minum obat pada waktu yang sama setiap hari
C. Gunakan tempat dosis obat untuk membantu mencegah doais yang terlupa
D. Hindari minum alkohol saat mengkonsumsi obat
E. Untuk insomnia, minum obat di pagi hari

Kunci dan pembahasan latihan soal #UKOMNers Kep. Jiwa 109:
Jawaban: D
Rasional: Fenobarbital adalah agen antikonvulsan dan agen hipnotis. Klien harus menghindari mengkonsumsi depresan SSP lainya seperti alkohol saat mengkonsumsi obat ini. Obat dapat diberikan  tanpa memperhatikan makanan. Mengkonsumsi obat pada waktu yang sama setiap hari meningkatkan kepatuhan dan mempertahankan kadar darah lebih stabil. Menggunakan wadah dosis atau kotak obat mungkin berguna bagi beberapa klien.
Strategi mengerjakan soal: fokus pada subjek, keselamatn klien, dan perhatikan kata-kata prioritas tertinggi. Singkirkan pilihan A karena hanya kata tertutup. Meskipun pilihan B dan C adalah pilihan pengajaran yang bemar, namun bukan prioritas tertinggi dari pilihan yang disediakan. Ingat alkohol tidak boleh dikonsumsi saat hipnosis terjadi karena memberikan efek merugikan. Pilihan E tidak benar, untuk insomnia, intruksikan untuk mengkonsumsi obat 30 menit sebelum waktu tidur.

Soal latihan #UKOMNers kep. Jiwa 110
Perawat sedang mempersiapkan risperidone untuk klien yang dijadwalkan keluar rumah sakit(KRS). sebelum KRS, apakah instruksi yang harus diberikan perawat kepada klien?
A. Mendapatkan sinar matahari yang cukup
B. Lanjutkan mengemudi seperti biasa
C. Hindari makanan kaya K
D. Bangun perlahan ketika mengubah posisi
E. Minum obat sebelum makan

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 110:
JAWABAN : D
RASIONAL :
Risperidone dapat menyebabkan hipotensi ortostatik. Sinar matahari harus dihindari oleh klien ketika minum obat ini. Dengan obat psikotropika, harus lebih waspada(seperti mengemudi atau kegiatan lain yang membutuhkan kewaspadaan) hingga individu dapat menentukan apakah tingkat kewaspadaan. Interaksi makanan tidak terkait.
STRATEGI MENGERJAKAN SOAL :
Fokus pada SUBJEK, parameter untuk memantau klien yang mengkonsumsi risperidone. Hal ini diperlukan untuk mengetahui pertimbangan kep. Berkaitan dgn pengelolaan risperidone. Karena dapat menyebabkan hipotensi ortostatik. Ini akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.

Soal latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 111:
Perawat gawat darurat sedang merawat klien yang telah diidentifikasi sebagai korban kekerasan fisik. Dalam merencanakan perawatan untuk klien, apakah tindakan keperawatan yang paling utama?
A. Wajib melaporkan kepada pihak hukum tentang tindak kekerasan.
B. Memberitahukan situasi keluarga
C. Menghindarkan klien dari setiap bahaya dengan segera
D. Mendapatkan pengobatan untuk tindak kekerasan dalam keluarga
E. Memberikan dukungan emosional pada klien

Kunci dan pembahasan latihan soal #UKOMNers 111:
Jawaban: C
Rasional: Kapan saja klien korban tindak kekerasan yang berada dalam lingkungan yang keras, prioritas yang harus dilakukan adalah memastikan apakah klien dalam bahaya. Jika demikian, tindakan darurat yang harus diambil untuk menghindarkan klien dari situasi kekerasan pilihan A, B, D, dan E mungkin intervensi yang tepat tetapi tidak prioritas.
Strategi mengerjakan soal: catat kata strategis " paling utama" gunakan teori hierarki menurut maslow, mengingat bahwa kebutuhan fisiologis tidak hadir, keselamatan adalah prioritas. Ini akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar, satu-satunya yang langsung mengatasi keselamatan pasien.

Soal latihan #UKOMNers kep. Jiwa 112
Seorang klien dengan DM dijelaskan bahwa amputasi kaki diperlukan untuk mempertahankan hidup. Klien sangat marah dan berkata kepada perawat, "ini semua kesalahan penyedia yankes. Saya telah melakukan semua apa yang telah diminta!" Manakah interpretasi kep. Yg terbaik untuk situasi ini?
A. Mekanisme koping yang diduga/diharapan
B. Mekanisme koping tdk efektif
C. Kebutuhan untuk memberitahu pengacara RS
D. Ekspresi bersalah pada klien
E. Ekspresi kemarahan

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Jiwa 112:
JAWABAN : A
RASIONAL:
Perawat perlu menyadari mekanisme koping yg efektif dan tidak efektif yang dapat terjadi pada klien ketika antisipasi kehilangan. Ekspresi kemarahan dikenal sebagai respons normal terhadap kehilangan yang akan terjadi, dan kemarahan dapat diarahkan pada dirinya sendiri, Tuhan atau hal spiritual lainnya, atau pemberi layanan. Memberitahukan pengacara RS adalah hal yg kurang sesuai. Rasa bersalah mungkin atau mungkin tidak mjd komponen dari perasaan klien, dan data dalam pertanyaan tidak menunjukkan terdapat perasaan rasa bersalah.
STRATEGI MENGERJAKAN SOAL :
Catatan SUBJEK, perawatan psikososial dari klien yang membutuhkan amputasi. Fokus pada data yang disediakan dalam pertanyaan. Perhatikan pilihan yang tepat dan pilihan B menunjukkan mekanisme kpoing. Ini memberikan anda petunjuk bahwa salah satu pilihan ini mungkin respons yg benar. Selain itu, pengetahuan tentang tahap kesedihan terkait dengan kehilangan akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.

Soal latihan #UKOMNers Kep. Keluarga113:
Klinik perawat sedang mempersiapkan diskusi membahas konsep teori perkembangan moral Kohlberg dengan orang tua. Apakah motivasi perbuaran baik dan buruk bagi anak di tahap prakonvensional?
A. Tekanan teman sebaya
B. Tekanan sosial
C. Perilaku orang tua
D. Hukuman dan hadiah
E. Tekanan Lingkungan
Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Keluarga 113:
JAWABAN : D
RASIONAL: Pada tahap perkonvensional, moral dipebgaruhi oleh hukuman dan hadiah. Jika anak patuh dan tidak dihukum, maka anak tersebut menjadi bermoral. Anak melihat tindakan baik atau buruk. Jika tindakan anak yang baik, anak dipuji. Jika tindakan anak buruk, anak dihukum. Pilihan A, B, C, dan E tidak benaruntuk tahap perkenbangan moral.
Strategi mengerjakan soal: Singkirkan pilihan A, B, dan E; karena sebanding atau mirip karena tekanan sebaya sama dengan tekanan sosial. Untuk memilih pilihan yang tersisa, ingat kembali bahwa tahap prekonvensuional terjadi antara usia kelahiran dan 7 tahun, ini  akan membantu dalam mengarahkan anda untuk pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS #UKOMNers Kep. Keluarga 114:
Perawat maternitas menyediakan pengajaran untuk ibu baru mengenai perkembangan psikososial bayi baru lahir. Menggunakan teori perkembangan psikososial Erikson, apakah instruksi yang harus diberikan perawat untuk dilakukan ibu ?
A. Berikan bayi baru lahir kebutuhan sesuai tanda yang diberikan
B. Mengantisipasi semua kebutuhan bayi baru lahir
C. Temani bayi baru lahir dengan segera ketika menangis
D. Hindari bayi baru lahir selama 10 menit pertama dari tangisan
E. Berikan kesempatan menetek sendiri

Kunci dan pembahasan latihan soal #UKOMNers Kep. Keluarga 114:
Jawaban: A
Rasional: Menurut Erikson, pengasuh tidak harus mencoba untuk mengantisipasi kebutuhan BBL setiap saat tetapi harus memberikan BBL kebutuhan sesuai dengan tanda yang diberikan. Jika BBL tidak diberikan kebutuhan sesuai dengan tanda yang diberikan, bayi BBL tidak belajar bagaimana mengontrol lingkungan. Erikson percaya bahwa respon tertunda atau berkepanjangan dari kebutuhan BBL akan menghambat perkembangan kepercayaan dan menyebabkan ketidakpercayaan orang lain.
Strategi mengerjakan soal: Singkirkan pilihan B, C, D, dan E karena semuanya pernyataan tertutup, dengan segera hindari pilihan ini.

Soal Latihan KBS #UKOMNers Kep. Keluarga 115:
Ibu dengan anak 4 tahun memanggil perawat ruangan dan mengungkapkan keprihatinan karena anak telah mengalami masturbasi. Menggunakan tahap perkembangan psikoseksual Freud, bagaimanakah perawat seharusnya menanggapi ?
A. "Pada tahap usia ini adalah perilaku yang normal"
B. "Anak-anak biasanya memulai perilaku ini pada usia 8 tahun"
C. "Anak yang masih sangat muda untuk memulai perilaku ini dan seharusnya dibawa ke klinik"
D. "Ini buka. Perilaku normal, dan anak seharusnya dikonsultasikan ke penyedia perawatan kesehatan"
E. "Ini bukan perilaku yang normal pada usia ini"

Kunci dan pembahasan latihan soal #UKOMNers Kep. Keluarga 115:
Jawaban: A
Rasional:
Menurut tahap perkembangan psikoseksual Freud anak antara usia 3 dan 6 berada dalam tahap falik. Pada saat ini, anak mencurahkan banyak energi untuk memeriksa alat kelamin, masturbasi, dan mengekspresikan rasa kekhawatiran seksual. Oleh karena itu pilihan B, C, D dan E tidak benar.
Strategi mengerjakan soal:
Pertama singkirkan pilihan C, D dan E karena sebanding atau mirip, yang menunjukkan perilaku anak tidak normal. Berikutnya fokus pada subjek, bahwa seorang anak usia 4 tahun yang melakukan masturbasi dan perhatikan kata-kata usia 8 tahun di pilihan B untuk membantu menyingkirkan pilihan ini.
Soal Latihan KBS #UKOMNers Kep. Keluarga 116:
Intruksi keperawatan meminta seorang mahasiswa keperawatan untuk menyajikan sebuah presentasi kasus kepada rekan- rekan mengenai tahapan perkembangan psikoseksual freud, khususnya terhadap anal. Mahasiswa merencanakan konfrensi, manakah tahapan krakteristik yang berhubungan tahap perkembangan tersebut
Tahap ini berhubungan degan pelatihan toilet
Tahap ini  ditadai dengan kepuasan diri
Tahap ini ditandai dengan memfokuskan dorongan biologis dan kesadaran seksual
Tahap ini dikaitkan dengan kesenangan dan perasaan yang bertentangan tentang organ genital.
Tahap ini ditandai dengan mengembangkan kepuasan seksual dan emosional memuaskan dengan anggota lawan jenisnya

Kunci dan pembahasan latihan soal #UKOMNers Kep. Keluarga 116:
Jawaban: A
Rasional: secara umu, toilet trening terjadi selama terhadap anal. Menurut frued, anak mendapatkan kesenangan dari pengeluaran buang air besar dan buang air kecil. Pilihan B berkaitan dengan tahap oral. Pilihan C berkaitan dengan masa laten. Pilihan D berkaitan dengan tahap falik. Pilihan E berkaitan dengan tahap genital.
Strategi mengerjakan soal :focus pada subjek, tahap anal. Perhatikan hubungan antara kata-kata anal dalam penyediaan toilet trening pada pilihan yang benar.

Soal latihan KBS #UKOMNers Kep. Keluarga 117:
Seorang anak 4 tahun didiagnosa dengan leukimia dirawat di RS untuk mendapatkan kemoterapi. Anak tersebut mengalami ketakutan akibat dompak hospitalisasi. Apakah intervensi keperawatan yang sesuai untuk mengurangi ketakutan anak?
A. Mendorong orang tua anak untuk menemani anak
B. Mendorong aanak-anak bermain dengan anak lain yang mempunyai usia yang sama
C. Menyarankan ke.uarga untuk berkunjung sesuai jam kunjung
D. menyediakan kamar pribadi, mengizinkan anak untuk membawa mainan kesukaannya dari rumah
E. Mengelola intruksi tindakan jika memungkinkan

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Keluarga 117:
JAWABAN : A
RASIONAL:
Meskipun anak prasekolah sudah menghabiskan beberapa waktu waktu jauh dari orang tua dari pusat penitipan anak atau sekolah, penyakit menambahkan stresor yamg membuat pemisahan yang lebih sulit. Anka mungkin bertanya berulang kali ketika orang tua akan datang berkunjung atau mungkin ingin terus memanggil orang tua. Pilihan C, D, dan E meningkatkan stres yang terkait dengan cemas karena perpisahan. Pilihan B tidak sesuai dengan subjek pertanyaan dan di samping itu, mungkin tidak sesuai untuk anak yang mengalami kondisi status imun yang tertekan dan beresiko infeksi.
Strategi mengerjakan soal: Perhatikan bahwa subjek berhubungan dengan ketakutan anak. Pilihan C, D, dan E akan meningkatkan kecemasan dan ketakutan lebih lanjut dan harus dihilangkan. Batasan subjek subjek pertanyaan dalam pikiran dan pertimbamgan diagnostik anak akan membantu dalam menyingkirkan pilihan B.

Soal latihan #UKOMNers kep. Keluarga 118
An. Usia 16 tahun dirawat di rumah sakit karena acute appendicitis dan direncanakan tindakan appendectomy. Apakah tindakan kep. Yg paling tepat untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan normal pasca operasi?
A. Mendorong anak untuk beristirahat dan membaca
B. Mendorong orangtua untuk berada di kamar dengan anak
C. Mengizinkan keluarga untuk membawa game komputer kesukaan anak.
D. Mengizinkan anak untuk berinteraksi dengan anak lain yang berusia sama
E. Menyediakan kamar pribadi dan terisolasi

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Keluarga 118:
JAWABAN D
Rasional: Remaja sering tidak pasti apakah mereka ingin orangtuanya bersama dengan mereka ketika mereka dirawat di RS. Karena pentingnya kelompok sebaya mereka, perpisahan dari teman adalah merupakan sumber kecemasan. Idealnya, para anggota kelompok sebaya akan mendukung teman yang sakit. Pilihan A,B,C dan E mengisolasi anak dari kelompok sebaya.
Strategi mengerjakan soal: perhatikan kata2 strategis 'paling cepat'. Pertimbangkan kenutuhan psikososial remaja dan ingat bahwa kelompok sebaya sangat penting. Pilihan A,B,C dan E adalah sebanding atau mirip yaitu mengisolasi anak dari kelompok teman sebaya.

Soal latihan #UKOMNers Kep. Keluarga 119:
Apakah perangkat pengaman mobil yang harus digunakan untuk anak yang beusia 8 tahun dan tinggi 4 kaki?
A. Sabuk pengaman
B. Kursi booter
C. Kursi convertible menghadap ke belakang
D. Kursi convertible menghadap ke depan
E. Sabuk pengaman dan kursi convertible menghadap ke belakang

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Keluarga 119:
JAWABAN : B
RASIONAL: Semua anak-anak dengan berat atau tinggi di atas batas menghadap ke depan untuk kursi keselamatan mobil mereka harus menggunakan sabuk pengaman posisi kursi booster sampai sabuk pengaman kendaraan sesuai dengan ukuran, biasanya ketika anak telah mencapai tinggi 4 kaki 9 inci dan berusia antara 8 sampai 12 tahun. Bayi ketika naik mobil dalam harus berada di kotak bayi khusus, posisi menghadap ke belakang di kursi bayi saja atau kursi convertible sampai berat minimal 20 pon dan setidaknya usia 1 tahun. Titik transmisi untu beralih ke posisi menghadap ke depan ditentukan oleh produsen kursi keselamatan mobil convertible pada umumnya pada berat badan 9 kg (20 pon) dan usia 1 tahun.
Strategi mengerjakan soal: fokus pada subjek, keselamatan mobil, dan perhatikan usia dan  tinggi anak untuk mengidentifikasi perangkat keselamatan yang tepat. Ingat bahwa anak-anak harus tetap di kursi booster sampai mereka berusia 8 sampai 12 tahundan minimal 4 kaki, 9 inci.

Soal latihan #UKOMNers kep. Keluarga 120:
Perawat mengkaji tanda-tanda vital bayi usia 21 bulan dengan infeksi pernapasan dan mencatat bahwa laju pernapasan adalah 35 x/menit. Atas dasar temuan ini, apakah tindakan yang paling tepat untuk kasus di atas ?
A. Mengelola oksigen
B. Mendokumentasikan hasil temuan
C. Beritahu penyedia layanan kesehatan
D. Menilai kembali laju tingkat pernapasan dalam 15 menit
E. Memantau tanda vital




Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Keluarga 120:
JAWABAN : B
Rasional : tingkat pernapasan normal pada bayi usia 12 bulan adalah 20 -40x/ menit, denyut jantung apical normal adealah 90- 130 x/menit, dan tekanan darah rata-rata adalah 90/56 mmHg. Perawat aka mendokumentasikan hasil pengkajian.
Strategi mengerjakan soal: focus pada data dalam pertanyaan dan perhatikan kata- kata strategis paling tepat, ingatkan kembali tanda- tanda vital normal bayi dan catat bahwa tingkat pernapasan yang diidentifikasi dalam pernyataan adalah kisaran normal yang mengarah ke pilihan yang benar.

Soal latihan #UKOMNers kep. Keluarga 121:
Perawat memantau bayi 3 bulan untuk tanda-tanda peningkatan tekanan intrakranial. Pada palpasi fontanel, perawat mencatat bahwa fontanel anterior lunak dan datar. Atas dasar temuan ini, apakah tindakan keperawatan yang paling tepat ?
A. Meningkatkan cairan oral
B. Mendokumentasikan hasil temuan
C. Memberitahu penyedia layanan kesehatan
D. Tinggikan kepala tempat tidur untuk 90 derajat
E. Mengelola oksigen

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Keluarga 121:
JAWABAN : B . Mendokumentasikan hasil temuan

Soal latihan #UKOMNers kep. Keluarga 122:
Perawat mengevaluasi tingkat perkembangan anak usia 2 tahun. Apakah yang seharusnya diamati perawat pada anak ini ?
A. Menggunakan garpu untuk makan
B. Menggunakan susu ke dalam cangkir
C. Menuangkan susu ke dalam cangkir sendiri
D. Menggunakan pisau untuk memotong
E. Anak menggerakkan kaki bergantian ketika menaiki tangga


Soal latihan KBS#UKOMNers kep. Jiwa 123/
Anak usia 2 tahun dirawat unit gawat darurat karena terbakar diarea dada dan abdomen. Anak menderita luka bakar karena meraih secangkir kopi panas yang tersisa di meja dapur. Perawat mengulas prinsip-prinsip keselamatan dengan orangtua sebelum keluar rumah sakit. Apakah pernyataan yang disampaikan orangtua yang menunjukkan langkah-langkah memberikan keamanan dirumah?
A " kami akan pastikan untuk tidak meninggalkan cairan panas tanpa pengawasan "
B " saya kira anak-anak saya perlu memahami istilah kata panas ''
C '' kami akan memastikan bahwa anak-anak di kamar mereka ketika kita bekerja didapur ''
D '' kami akan memasang pintu pengaman segera setelah pulang kerumah sehingga anak-anak tidak bisa masuk dapur ''
E '' kita tidak akan membiarkan anak maen di dapur ''


Soal latihan KBS#UKOMNers kep. Keluarga 124:
Perawat sedang mengembangkan tugas perawatan klien pada sebuah grup asisten perawat tanpa lisensi. Apa langkah awal perawat dalam merencanakan dan memilih tugas perawatan untuk klien.??
A. Menentukan keterampilan apa yang bida didelegasikan
B. Menentukan lama pengalaman masing-masing asisten perawat
C. Menentukan berapa banyak jumlah supervisi diperlukan untuk masing-masing tugas.
D. Menentukan jumlah klien yang diperbolehkan untuk didelegasikan pada asisten perawat.
E. Menentukan evaluasi pekerjaan setiap asisten perawat

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Keluarga 124:
JAWABAN : B
RASIONAL:
Mengetahui keterampilan yang dapat didelegasikan adalah esensial saat perawat mendelegasikan perawat klien pada petugas kesehatan lain. Perawat harus familiar dengan regulasi keperawatan, kebijakan dan prosedur tetap institusi, dan deskripsi tugas asisten perawat di institusi, dan deskripsi tugas asisten perawat di institusi. Informasi dari sumber tersebut diperlukan untuk menentukan level kompetensi asisten perawat. Menentukan jumlah klien yang dapat didelegasikan bukan langkah awal, kenyataannya bahwa setiap institusi tidak menentukan jumlah klien yang dapat diberikan. Menentukan lama pengalaman klien juga bukan merupakan langkah awal, meskipun pengalaman asisten perawat dapat mempengaruhi tipe klien yang diberikan. Jumlah supervisi yang dibutuhkan dan mengevaluasi pekerjaan juga hal yang penting, namun bukan yang pertama dilakukan perawat saat mendelegasikan tugas perawatan pada asisten perawat.

Soal latihan KBS #UKOMNers Kep. Gerontik 125:
Perawat sedang menyipakan petunjuk pengobatan untuk klien lansia yang mengkonsumsi digoxin setiap hari. Perawat mencatat keterkaitan usia dengan perubahan tubuh manakah yang dapat menempatkan klien pada resiko keracunan digoxin
A. Kekuatan otot menurun dan kehilangan kepadatan tulang
B. Penurunan efisiensi batuk dan penurunan kapasitas vital
C. Penurunan air liur dan penurunan motilitas GI
D. Penurunan massa lemak tubuh dan penurunan filtrasi glomerulus
E. Penurunan kekuatan otot dan penurunan kapasitas vital

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Gerontik 125:
JAWABAN : D
RASIONAL:
Semakin tua klien beresiko terjadinya keracunan obat karena penurunan massa lemak tubuh dan laju filtrasi glomerulus. Meskipun pilihan A, B, C, dan E mengidentifikasi perubahan yang berkaitan dengan perubahan usia yang terjadi pada klien lansia, pilihan tersebut tidak terkait secara khusus dengan resiko ini.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, perubahan yang berkaitan dengan usia dapat menyebabkan klien beresiko dengan keracunan obat. Perhatikan bahwa pilihan yang benar adalah satu-satunya yang membhasa ekskresi ginjal.

Soal latihan KBS #UKOMNers Kep. Gerontik 126:
Perawat yang merawat klien lanjut usia di fasilitas perawatan jangka panjang. Apakah tindakan yang membantu mendorong otonomi klien ?
A. Perencanaan makanan
B. Dekorasi ruangan
C. Penjadwalan potongan rambut
D. Memungkinkan klien untuk memilih kegiatan sosial
E. Perencanaan obat

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Keluarga 126:
JAWABAN D
Rasional: otonomi adalah kebebasan pribadi untuk menentukan kehidupan dirinya sendiri asalkan tidak melanggar hak2 oranglain. Individu yg mempunyai otonomi mampu berpikir rasional. Individu ini dapat mengidentifikasi masalah, mencari alternatif, dan memiloh solusi yang memungkinkan kebebasan pribadi terus berlanjut selama orang lain beserta hak2 dan properti mereka tidak dirugikan. Hilangnya otonomi, dan kebebasan, adalah ketakutan yg nyata dari klien lansia. Pilihan yg benar adalah satu2nya yg memungkinkan klien untuk membuat keputusan.
Strategi mengerjakan soal: fokus pada subjek, mendorong otonomi. Ingat kembali definisi otonomi akan mengarahkan Anda ke pilihan yang benar. Ingat bahwa memberikan pilihan klien pilihan adalah penting untuk mendorong kebebasan.


Soal latihan KBS #UKOMNers Kep. Gerontik 127:
Perawat home care mengunjungi klien lanjut usia yang pasangannya meninggal 6 bulan yang lalu. Apakah perilaku yang menunjukkan koping klien tidak efektif .?
A. Mengabaikan perawatan pribadi
B. Melihat foto-foto lama keluarga
C. Berpartisipasi dalam program lanjut usia
D. Mengunjungi makam pasangan sebulan sekali
E. Sering ikut kegiatan pengajian desa

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Gerontik 127:
JAWABAN A
Rasional: mekanisme koping adalah perilaku yg digunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan. Dalam menanggapi kematian, koping tidak efektif diwujudkan oleh perilaku yg ekstrim yg dlm beberapa kasus dapat membahayakan individu secara fisik atau psikologis. Pilihan yg benar adalah indikasi dari perilaku yang mengidentifikasi perilaku koping tidak efektif dalam proses berduka.
Strategi mengerjakan soal: catat subjek, perilaku koping yg tidak efektif. Singkirkan pilihan B,C,D dan E karena mereka sebanding atau sama dan kegiatan positif individu mendorong untuk terlibat dalam melanjutkan hidupnya.

Soal latihan KBS #UKOMNers Kep. Gerontik 128:
Perawat sedang memberikan sesi pendidikan untuk pegawai baru, dengan topik penelantaran pada lanjut usia. Perawat membantu pegawai mengidentifikasi, klien manakah yang paling sering menjadi korban penelantaran ?
A. Seorang pria 75 tahun yang menderita hipertensi sedang
B. Seorang pria 68 tahun yang baru saja didiagnoda katarak
C. Seorang wanita 90 tahun yang menderita Parkinson lanjut
D. Seorang wanita 70 tahun yang didiagnosis penyakit Lyme dini
E. Seorang pria 65 tahun yang menderita diabetes mellitus.

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Kep. Gerontik 128:
JAWABAN C
Rasional: penelantaran lanjut usia meliputi penelantaran fisik,seksual,atau psikologis,penelantaran properti,dan pelanggaran hak2. Korban penelantaran adl wanita usila dengan beberapa kontak sosial dan setidaknya satu gangguan fisik atau mental yang membatasi kemampuannya untuk melakukan aktivitas sehari hari. Selain itu, klien biasanya hidup sendiri atau dengan pelaku penelantaran dan tergantung pada pelaku untuk perawatan.
Strategi mengerjakan soal: fokus pada subjek, penelantaran lansia. Baca setiap pilihan dengan hati2 dan indentifikasi klien yg paling bergantung sebagai hasil dari proses penyakit. Ini akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 129:
Perawat unit rawat jalan sedang mendiskusikan prosedur preoperatif dengan klien berkebangsaan Jepang yang direncanakan menjalani tindakan pembedahan di pekan yang akan datang. Selama diskusi, klien terlihat banyak tersenyum dan menganggukkan kepalanya. Bagaimanakah seharusnya perawat tersebut tersebut mengartikan respon non-verbal tersebut?
A. Mencerminkan nilai budaya tersebut
B. Respon penerimaan terhadap tindakan
C. Persetujuan klien terhadap tindakan yang direncanakan
D. Klien menunjukkan pehaman terhadap prosedur preoperatif
E. Penolakan klien terhadap diskusi

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 129:
JAWABAN : A
RASIONAL: Mengangguk atau tersenyum bagi klien berkebangsaan Jepang mungkin merefleksikan nilai budaya terhadap harmoni interpersonal. Perilaku non-verbal ini mungkin bukanlah indikasi dari respon penerimaan terhadap perlakuan, persetujuan dengan pembicara, atau pemahaman terhadap sebuah prosedur.
Strategi mengerjakan soal: Pertama-tama abaikan pilihan B dan C, karena serupa atau tampak sama. Dari sisa pilihan yang ada, pilihlah pilihan yang benar, karena ketiganya merefleksikan budaya orang Jepang. Sebagai tamabahan, pilihab D dan E adalah interpretasi yang salah dari bahasa non-verbal klien

Soal latihan #UKOMNers manajemen kep. 130:
Saat berkomunikasi dengan klien yg berbicara menggunakan bahasa yg berbeda, manakah cara yang tepat untuk diterapkan oleh perawat?
A. Berbicara dengan lantang dan lambat.
B. Melibatkan penerjemah untuk membantu menerjemahkan bahasa
C. Berbicara dengab klien dan keluarga di saat bersamaan.
D. Mendekat dgn klien dan berbicara dengan suara lantang.
E. Mencoba memahami sendiri bahasa klien semampu perawat.


Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 131:
Seorang perawat pendidik memberikan layanan pendidikan kepada staf keperawatan tentang asuhan keperawatan transkultural : seorang staf perawat bertanya kepada perawat pendidik untuk mendeskripsikan konsep akulturasi. Respons manakah yang paling tepat disampaikan perawat pendidik tersebut ?
A. "Itu adalah proses memperlajati budaya lain untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru atau berubah"
B. "Hal itu adalah perspektif subjektif oleh seseorang berdasarkan keturunan dan rasa menjadi bagian dari kelompok"
C. "Itu adalah kumpulan dari individu dalam masyarakat yang berbeda secara budaya dan memiliki keunikan identitas"
D. "Itu adalah kelompok yang memiliki kesamaan karakteristik dari populasi asal yang besar"
E. "Pemeriksaan diri mendalam terhadap lata pribadi, mengenali bias dan asumsi dan prasangka terhadap orang lain"

Kunci dan pembahasan latihan Soal #UKOMNers Manajemen keperawatan 131:
Jawaban: A
Rasional:
Akulturasi adalah proses mempelajari budaya yang berbeda untuk dapat beradaptasi terhadap lingkungan yang berubah atau sama sekali baru. Pilihan B menunjukkan identitas etnis. Pilihan C menggambarkan kelompok etnis. Pilihan D menggambarkan sub kultul. Pilihan E menggambarkan penjelasan tentang ras.
Strategi mengerjakan soal: Gunakan kata kunci "paling tepat." Fokus pada subjek, akulturasi. Pikirkan definisi dari akulturasi untuk membantu menemukan jawaban yang tepat.

Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 132:
Perawat sedang memberikan instruksi perencanaan pulang ( discharge planning ) kepada klien berkembangsaan China tentang modifikasi diet yang dianjurkan. Selama sesi pembelajaran, klien tersebut terlihat sering memalingkan wajahnya dari perawat. Tindakan apa yang perlu dilakukan oleh perawat ?
A. Melanjutkan instruski, mengevaluasi pemahaman klien
B. Berjalan mengelilingi klien sehingga perawat dapat terus melihat wajah klien
C. Berikan booklet diet, beri jeda dan kemudian kembali ke klien untuk melanjutkan instruksi.
D. Ajarkan kepada klien tentang pentingnya instruksi untuk memelihara kesehatan
E. Meminta klien untuk memperhatikan dan menghadap ke arah perawat saat diberikan instruksi.

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 132:

JAWABAN : A
RASIONAL:
Kebanyakan orang Cina menjaga jarak secara formal dengan orang lain, sebagai bentuk penghargaan. Banyak orang berkebangsaan Cina merasa tidak nyaman dengan komunikasi tatap muka, terutama jika melibatkan kontak mata langsung. Jika klien memalingkan muka dari perawat selama percakapan, upaya terbaik yang dadapt dilakukan adalah melanjutkan percakapan. Berjalan mengelilingi klien atau meminta klien untuk menghadap ke arah perawat akan menyebabkan konflik ;angsung dengan praktik kultural. Klien dapat menganggap tindakan ini sebagai tindaka tidak sopan jika perawat meninggalkannya dan kemudian kembali dengan penjelasan selanjutnya. Memberitahukan klien tentang pentingnya intruksi untuk memelihara kesehatn dapat dianggap seperti tidak menghargai klien.
Strategi mengerjakan soal: Fokus pada subjek, perilaku klien berkebangsaan Cina. Hilangkan pilihan C dan D terlebih dahulu, karena tindak tersebut tidak bersifat terapeutik. Untuk menyeleksi sisa pilihan, pikirkan praktik budaya orang Cina dan ingatlah bahwa kontak mata langsung mungkin tidak menyenangkan bagi klien.

Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 133:
Perawat mengidentifikasi terapi-terapi dengan risiko rendah kepada klien dan termasuk ke dalam terapi-terapi berikut ; kecuali:
A. Herbal
B. Pendamping obat
C. Sentuhan
D. Pemijatan
E. Relaksasi

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 133:
Jawaban : A
Rasional:
Terapi dengan resiko rendah adalah terapi yang tidak memiliki potensi efek samping dan atau merugikan, dan saat memberikan asuhan keperawatan, hanya dapat dilakukan oleh perawat yang telah melalui pelatihan dan pengalaman yang cukup. Terapi ini termasuk diantaranya meditasi, teknik relaksasi, pengalihan konsentrasi, terapi musik, pijatan, sentuhan, tawa dan humor, dan pendampingan spritual seperti doa. Pilihan lain tidak dianggap sebagai terapi resiko rendah.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, terapi dengan resiko rendah. Ingalah bahwa terapi ini adalah terapi noninvasif dan tidak memiliki potensi membahayakan, dan dapat diberikan oleh perawat yang telah menjalani pelatihan dan pengalaman akan mengarahkan ke pilihan yang benar.

Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 134:
Seorang perawat baru saja membantu klien untuk kembali ke tempat tidur setelah terjatuh. Perawat dan pemberi layanan kesehatan telah memastikan bahwa klien tidak mengalami cedera. Setelah melengkapi laporan kejadian, tindakan apa yang selanjutnya perlu dilakukan oleh perawat ?
A. Memeriksa ulang klien
B. Melakukan pertemuan dengan staf perawat untuk mendiskusikan kejadian klien terjatuh
C. Mencatat pada diari perawat dan memastikan bahwa pelaporan kejadian telah lengkap.
D. Hubungi supervisor keperawatan untuk memperbaharui informasi tentang kejadian jatuh
E. Melapor kepada komite keperawatan untuk dilakukan audit lebih lanjut

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 134:
Jawaban : A
Rasional:
Setelah klien terjatuh, perawat harus mengkaji ulang secara teratur karena kemungkinan komplikasi tidak selalu muncul segera setelah kejadian. Kejadian klien terjatuh seharusnya diperlakukan sebagai informasi rahasia dan hanya disebarluaskan dalam konteks keharusan untuk tahu saja. Komunikasi terkait kejadian sepatutnya hanya melibatkan orang-orang berpartisipasi dalam perawatn klien saja. Pelaporan kejadian dianggap sebagai upaya penyelesaian masalah, namun penulisannya tidak dilakukan di bagian catatan keperawatan. Jika perawat manajer  telah diberitahu tentang kejadian tersebut, ia akan menghubungi perawat yang bersangkutan jika membutuhkan informasi terkini.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada data dalam pertanyaan dan kemudian pada kata kunci dalam pertanyaan. Dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan, anda akan diarahkan pada pilihan jawaban yang benar. Ingatlah bahwa pengkajian adalah langkah pertama dalam proses keperawatan.

Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 135:
Seorang perawat tiba di tempat kerja dan diminta menjadi tenaga tambahan di Intensive Care Unit (ICU) pada hari itu karena ICU sedang mengalami kekurangan tenaga perawat untuk merawat klien-kliennya. Kenyataannya perawat dimaksud tidak pernah bertugas di ICU. Langkah apakah yang pertama kali sebaiknya perawat tersebut lakukan ?
A. Menghubungi layanan bantuan hukum di rumah sakit tersebut
B. Menolak membantu di ICU
C. Menghubungi menajer keperawatan
D. Mengindetifikasi tugas-tugas yang dapat ia lakukan secara aman di ICU
E. Membuat surat pernyataan keberatan kepada menajer keperawatan

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 135:
Jawaban : D
Rasional:
Permintaan bantuan adalah legal praktik yang dapat diterima yang dilakukan oleh RS yang mengalami kekurangan tenaga. Secara aspek hukum, perawat tidak dibolehkan menolak permintaan bantuan tersebut kecuali pada kontrak kerjanya telah disebutkan bahwa perawat hanya dapat bekerja di area tertentu saja atau perawat yang bersangkutan terbukti tidak memiliki pemahaman yang cukup untuk memenuhi tugas tersebut. Ketika dihadapkan pada situasi ini, seorang perawat harus menentukan prioritas dan mengidentifikasi area potensial yang dapat membahayakan kliennya. Manajer keperawatan harus mengetahuai jika tenaga bantuan dimaksud tidak dapat memenuhi permintaan tersebut. Menghubungi layanan bantuan hukum dan  membuat surat pernyataan keberatan kepada manajer keperawatan dapat dianggap sebagai tindakan yang prematur/ tidak berdasar.
Strategi Mengerjakan Soal: Tandai kata kunci dalam pernyataannya pertama kali. Hilangkan pilihan B dan E, karena ada kata-kata penolakan. Kemudian hilangkan pilihan A dan C karena termasuk ke dalam tindakan yang prematur.

Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 136:
Seorang perawat yang bekerja di shift malam memasuki ruangan pengobatan dan mendapati rekan kerjanya mengikat lengan atas dengan sebuah tourniket. Rekan kerja tersebut akan melakukan injeksi terhadap diri sendiri di area antekubial, dengan spuit di tangan dan tampak terisi cairan jernih. Tindakan apa yang semestinya dilakukan oleh perawat tersebut ?

A. Menghubungi bagian keamanan
B. Menghubungi polisi
C. Menghubungi manajer keperawatan
D. Mengunci rekan kerja tersebut di ruang pengobatan sampai bantuan datang
E. Mengambil alih spuit dari rekan kerja tersebut.

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 136:
Jawaban : C
Rasional: Perawat praktik diminta melaporkan kejadian atas perawat terlapor. Komite keperawatan memiliki kekuasaan terhadap praktik keperawatan dan berhak menyusun rencana tindakan dan pengawasan terhadap perawat terlapor. Kejadian ini perlu dilaporkan kepada manajer keperawatan, yang kemudian melaporkan kepada komite keperawatan dan pihak berwajib, seperti kepolisian jika dibutuhkan. Perawat boleh saja memanggil bagian keaman, jika memang terjadi gangguan keamanan, namun informasi ini tidak terdapat dalam pernyataan di atas, sehhingga tundakan ini tidak dibutuhkan. Pilihan D dan E dapat dianggap tindakan yang tidak layak dilakukan.
Strategi Mengerjakan Soal: Pertama, jangan abaikan pilihan D karena dianggap sebagai tindakan yang membahayakan dan tidak layak dilakukan. Ingatlah jalur struktur organisasi dalam membantu mengarahkan ke pilihan jawaban yang benar.

Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 137:
Seorang perawat membuat kesalahan dalam menuliskan pendokumentasian pengkajian terhadap klien dan menyebabkan kesalahan dokumentasi dalam rekan medis klien. Tindakan apa yang dapat dilakukan untuk mengoreksi kesalahan penulisan tersebut ?
A. Mengdokumentasikan penambahan informasi terbaru pada rekam medis klien
B. Mencoba menghapus kesalahan penulisan dan mengganti dengan data yang benar
C. Menggunakan cairan penghapus untuk menghapus data yang salah untuk diisi dengan yang benar
D. Mencoret garis lurus pada data yang salah, memberikan paraf dan tanggal, kemudian menuliskan informasi yang benar
E. Menulis awal dokumentasi pengkajian pada lembar yang baru

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 137:
Jawaban : D
Rasional: Jika Perawata menuliskan data yang salah dalam rekam medis klien, perawat diminta mengikuti kebijakan untuk mengoreksi kesalahan. Langkah ini termasuk mencoret kesalahan penulisan dengan satu garis melintang, memberikan paraf tanggal, kemudian menuliskan data yang benar. Penambahan informasi baru dilakukan jika informasi dimaksud tidak dapat diingat untuk dituliskan pada saat awal pendokumentasian. Menghapus data dan penggunaan cairan penghapus tidak diperbolehkan untuk dilakukan di rekam medis klien.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, melakukan koreksi pada kesalahan dokumentasi, dan menggunakan prinsip terkait dengan pendokumentasian. Perlu diingat bahwa mengubah rekam medis klien tidak diperbolehkan. Hal ini menunjukkan bahwa pilihan B dan C tidak perludiabaikan. Dari sisa pilihan yang ada, memfokuskan pernyataan dan menggunakan pengetahuan terkait prinsip pendokumentasian akan mengarahkan anda ke jawaban yang benar.

Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 138:
Seorang lulusan keperawatan sedang mengikuti orientasi kerja terkait dengan model praktik keperawatan yang digunakan dalam sebuah fasilitas layanan kesehatan. Perawat tersebut diberitahu bahwa model keperawatan yang digunakan adalah pendekatan tim. Hal ini berarti perawat tersebut harus memahami bahwa perencanaan pelayanan keperawatan yang diberikan di ruang tersebut memiliki karakteristik manakah diantara pilihan berikut ?
A. Pendekatan berorientasi tugas digunakan dalam menyediakan layanan kepada klien
B. Konsep dan alat manajemen keperawatan digunakan dalam menyediakan pelayanan kepada klien
C. Seorang perawat teregistrasi bertanggungjawab untuk menyediakan pelayanan keperawatan terhadap sekelompok klien
D. Seorang perawat teregistrasi memimpin beberapa orang perawat pelaksana dalam memberikan layanan keperawatan kepada beberapa klien
E. Seorang perawat teregistrasi merawat seorang klien

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 138:
Jawaban : D
Rasional: Dalam keperawatan model tim, beberapa orang staf keperawatan dipimpin oleh perawat teregistrasi sebagai pemimpin dalam menyediakan layanan keperawatan kepada beberapa orang klien. Pilihan A menjelaskan model keperawatan fungsional. Pilihan B dan E merupakan komponen dari model manajemn kasus. Pilihan C menjelaskan model keperawatan primer.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, yaitu model tim keperawatan. Ingat model ini dan pilihlah pilihan yang benar-benar menjelaskan model pendekatan tim. Pilihan yang benar adalah yang benar-benar menggambarkan konsep pendekatan tim.

Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 139:
Perawat teregistrasi (Ners) berencana memberikan penugasan harian untuk merawat klien. Manakah penugasan yang tepat untuk dilaksanakan oleh tenaga pembantu perawat ?
A. Merawat klien yang membutuhkan irigasi kolostomi
B. Membantu klien memenuhi nutrisi melalui nasogastric tube secara berkelanjutan
C. Mengambil hitung urine harian
D. Membantu klien yang mengalami kesulitan menelan makanan dan minuman
E. Membantu memasang keterer urine pada klien

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 139:
Jawaban : C
Rasional: Seorang perawat harus dapat menyelesaikan tugas delegatif berdasarkan kemampuan pembantu perawat dan kebutuhan klien. Pada kasus ini tugas yang paling mungkin untuk dilakukan pembantu perawat adalah untuk membantu klien mengambil hitung urin. Kompetensi pembantu tenaga keperawatan disiapkan untuk prosedur ini. Irigasi kolostomi dan memberikan nutrisi via NGT tidak boleh dilakukan oleh tenaga pembantu keperawatn. Klien dengan keseulitan menelan juga beresiko terhadap aspirasi.
Strategi Mengerjakan Soal: Catatlah kata kunci dalam soal ini tepat dan subjek pelaku tenaga pembantu keperawatan. Jangan hiraukan pilihan D karena klien mengalami keseulitan menelan. Kemudian hilangkan pilihan A, B, dan E karena sebanding atau serupa dan semuanya merupakan tindakan invasif.


Soal latihan KBS #UKOMNers Manajemen 140:
Seorang perawat kepala ruangan sedang mengadakan rapat pertama dengan para perawat. Kepala ruangan tersebut menyapa para perawat dan menyampaikan bahwa dirinya diharapkan untuk dapat meningkatkan kualitas kinerja di unit tersebut. Kepala ruang tersebut telah mempersiapkan perencanaan yang ia susun sendiri dan dan daftar tugas dan aktivitas di mana setiap staf di unit tersebut harus bekerja secara sukarela. Juga, ia memerintahkan semua staf untuk melaporkan semua pemersalahan secara langsung kepadanya. Model kepemimpinan apakah yang diterapkan oleh perawat kepala ruang tersebut ?
A. Autokratis
B. Situasional
C. Demokratis
D. Laissez-faire
E. Birokratis

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 140:
Jawaban : A
Rasional: Pemimpin yang autokratis cenderung sangant fokus, memiliki kendali penuh, pengambil keputusan utama, dan ingin menyelesaikan semua masalah. Seorang aoutokrat cenderung mendominasi kelompok dan memerintah daripada meminta saran atau pendapat dari yang lain. Dalam situasi ini, kepala ruangan ingin memenuhi harapan (peningkatan kualitas) dengan bantuan staf, menyusun rencana tanpa memperhatikan saran, dan mengharapkan semua masalah dilaporkan langsung kepadanya. Cara kepemimpinan sitasional mengkombinasikan beberapa gaya kepemimpinan, bergantung pada kebutuhan kelompok dan tugas-tugas yang dibebankan. Pemimpin dengan gaya kepemimpinan ini cenderung untuk bekerja bersama anggota kelompoknya untuk memastikan informasi yang didapat sebagai anggota baru dalam kelompok cukup akuratdan memastikan masalah tersebut benar-benar dirasakan anggotanya. Kemudian, pemimpin akan membutuhkan waktu mengakrabkan diri dengan timnya, kemudian merencanakan pendekatan terbaik untuk mengatasi masalah yang ada berdasarkan kebutuhan dan kemampuan kelompok. Pemimpin seperti ini akan berbicara kepada staf untuk menyelesaikan masalah dan meminta mereka untuk menyusun perencanaan bersama-sama. Gaya kepemimpinan Laissez-faire bersifat pasif dan tidak memberikan arah yang jelas kepada kelompok. Pemimpin bergaya kepemimpinan seperti ini akan menegaskan masalh yang dihadapi, menyampaikannya kepada semua anggota kelompok, dan meminta anggota kelompok untuk merencanakan penyelesaian masalah yang ada. Gaya kepemimpinan birokratis adalah gaya yang sangat terstruktur mengikuti aturan dan kebijakan organisasi.
Strategi Mengerjakan Soal: Berfokus pad subjek, pendekatan kepemimpinan. Perlu diketahui data dalam pertanyaan dan kata-kata mempersiapkan perencanaan yang ia susun dan daftar tugas dan aktivitas di mana setiap staf unit tersebut harus bekerja sukarela... Perlu diingat bahwa gaya kepemimpinan autokratis cenderung membuat pemimpin mendominasi dan mengendalikan.

Soal latihan KBS #UKOMNers  Manajemen Kep 141:
Seorang perawat di unit pelayanan jangka panjang merencanakan pelimpahan layanan keperawatan. Perawat tersebut merencanakan pelimpahan perawatan empat orang klien kepada perawat berlatar pendidikan diploma (vokasi) dan tiga orang pembantu perawat dengan model pendekatan tim keperawatan. Tugas manakah yang dapat dilimpahkan kepasa seorang perawat vokasi ?
A. Memandikan klie. Di atas tempat tidur
B. Membantu lansia berpindah
C. Membantu klien ke kamar mandi
D.  Mengirigasi luka abdominal dan mengganti pembalut luka klien setiap tiga jam
E. Menghitung luaran urine klien

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 141:
Jawaban : D
Rasional: Ketika melimpahkan tugas keperawatan, perawat perlu memperhatikan kemampuan dan latar belakang pendidikan perawat pelaksana. Memandikan klien di atas tempat tidur, membantu klien berpindah secara sering dab memeriksa TTV dapat dilakukan oleh tenaga pembantu perawat. Perawat vokasi memiliki keahlian dalam mengganti pembalut luka.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, penugasan kepada perawat vokasi. Ingatlah pada latar pendidikan dan fungsi posisi pekerjaan yang dibahas dalam peraturan praktik keperawatan dan manual prosedur perlu menjadi rujukan untuk mendelegasikan tugas. Pilihan A, B, C, dan E dapat dihilangkan karena hal-hal tersebut adalah tugas non-invasif yang dapat dilakukan tenaga pembantu perawat.

Soal latihan KBS #UKOMNers  Manajemen Kep 142:
Petunjuk dan pertimbangan manakah yang perlu digunakan untuk merencakan pelimpahan dan penugasan aktivitas keperawatan ?
A. Menastikan keamanaan klien
B. Permintaan staf keperawatan
C. Pengelompokan ruang dalam unit rawat
D. Jumlah klien yang diperkirakan segera pulang
E. Mengantisipasi perubahan dalam ruang perawatan

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 142:
Jawaban : A
Rasional:
Ada petunjuk dan peraturan yang mengatur pelimpahan tugas dan perencanaan penugasan perawat terhadap perawatan klien. Hal ini termasuk diantaranya: memastikan keselamatan klien, memastikan kemungkinan adanya variasi kemampaun kerja individual dalam tim, memastikan tugas mana dan kepada siapa tugas tersebut dapat dilimpahkan, menyesuaikan tugas dengan penerima limpahan tugas sesuai deskripsi dan kebijakan; memberikan perintah yang jekas, singkat, akurat dan lengkap. Memastikan pemahaman penerimapelimpahan tugas; menerima ekspresi kepercayaan diri dari penerima limpahan tugas, dan memberikan umpan balik segera setelah tugas terlaksana, dan menjaga keberlanjutan layanan keperawatan sebanyak mungkin. Permintaan staf keperawatan, kenyamanan kerja sebaimana pengelompokan kamar klien, dan mengantisipasi perubahan dalam unit tidak secara detail dibahas sebagai syarat melimpahkan kerja dan merencanakan penugasan.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, petunjuk yang digunakan saat melimpahkan dan merencanakan tugas. Baca setiap pilihan dengan teliti dan gunakan teori Hirarkial Maslow. Perhatikan bahwa pilihan yang tepat secara langsung berhubungan dengan kebutuhan dan keamanan klien.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 143:
Seorang perawat menyampaikan tugas kepada pembantu perawat yang akan merawat klien dengan pengekangan tangan (pengaman tangn). Perawat tersebut mengintruksikan pembantu perawat untuk memeriksa integritas kulit klien pada area pergelangan tangan yang dikekang. Seberapa sering seharusnya pemeriksaan tersebut direncanakan?
A. Setiap 30 menit
B. Setiap 2 jam
C. Setiap 3 jam
D. Setiap 4 jam
E. Setiap 6 jam

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 143:
Jawaban : A
Rasional: Perawat sebaiknya mengintrusikan pembantu perawat untuk memeriksa alat pengaman dan integritas kulit klien setiap 30 menit. Status neurovaskular dan sirkulasi darah harus diperiksa setiap 30 menit. Sebagai tambahan, alat pengaman harus dilepas setiap 2 jam sekali untuk memberikan kesemapatan otot melentur dan melancarkan sirkulasi darah. Petunjuk penggunaan alat pengaman harus selalu dijadikan pedoman pengekangan tangan.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjeknya, Pemeriksaan integritas kulit yang terpasang kekang pengaman. Dalam situasi ini, memilih pilihan yang menyebutkan pemeriksaan tersering adalah yang terbaik.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 144:
Seorang perawat manager (kepala unit/ruang perawatn) merencanakan penugasan klinik untuk satu hari Staf keperawatan yang dapat dilibatkan untuk merawat klien dengan herpes zoster adalah... kecuali.
A. Perawat yang belum pernah terkena penyakit roseola
B. Perawat yang belum pernah terkena penyakit gondok
C. Perawat yang belum pernah terkena penyakit cacar air
D. Perawat yang belum pernah terkena penyakit gabak
E. Perawat yang belum pernah terkena penyakit rubella

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 144:
Jawaban : C
Rasional: Herpes zoster disebabkan oleh pengaktifan kembali virus Variella zoster, virus penyebab cacar air. Seseorang yang belum pernah terinfeksi  virus Varicella zoster atau belum mendapatkan vaksin Varicella zoster akan rentan terhadap cacar air. Pekerja kesehatan yang tidak yakin dengan ketahanan tubuhnya harus mendapatkan titer Varicella sebelum berinteraksi dengan penderita penyakit yangg disebabkan oleh virus Hepers zoster.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek,transmisi virus herpes zoster. Dengan mengingat penyebab herpes zoster adalah virus Varicella zoster yang aktif kembali dan mengakibatkan cacar air akan mengarahkan anda kepada pilihan yang tepat

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 145:
Saat menyusun penugasan kepada sebuah tim yang beranggotakan seorang perawat teregistrasi (Ners), satu perawat vokasi (Diploma), dan dua orang pembantu perawat. Klien manakah yang dapat dipercayakan perawatannya kepada diploma ?
A. Klien yang akan dilakukan pengambilan hitung urine
B. Klien yang membutuhkan bantuan untuk berpindah
C. Klien dengan ventilator yang membutuhkan pemeriksaan dan penghisapan (suction) secara berkala
D. Klien dengan cedera tulang belakang yang membutuhkan kateterisasi urine setiap 6 jam sebagaimana diresepkan
E. Klien membutuhkan bantuan untuk ke toilet

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 145:
Jawaban : D
Rasional: Ketika mendelegasukan tugas keperawatan, perawat perlu memperhatikan keahlian pendidikan staf keprawatan yang dilibatkan. Pengambilan hitung urin, membantu berpindah dan ke kamar kecil dipercayakan kepada pembantu perawat, sebagaimana terdapat dalam pilihan jawaban. Klien yang membutuhkan pemeriksaan dan penghisapan (suction) secara berkala sepatutnya depercayakan kepada Ners. Seorang perawat diploma memiliki keahlian dalam kateter urin, sehingga klien dapat dipercayakan kepadanya.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, secara prinsip berkaitan dengan pelimpahan kewenangan dan penugasan, dan dengan memperhatikan pendidikan dan posisi pekerjaan sebagaimana ditetapkan dalam peraturan kurikulum dan kompetensi perawat. Catat kata memeriksa dalam pilihan C. Hal ini dapat mengingatkan bahwa klien harus ditangani oleh seorang Ners. Pilihan A, B dan E dapat dikesampingkan karena pembantu perawat dapat mengerjakn itu.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 146:
Seorang perawat teregistrasi (Ners) merencanakan penugasan untuk para klien di ruang perawatan. Ners tersebut hendak mempercayakan empat klien kepada seorang Ners lain, seorang perawat vokasional, dan dua pembantu perawat dalam sebuah tim. Klien manakah yang dapat dipercayakan kepada perawat vokasional ?
A. Klien yang membutuhkan hitung urine 24 jam
B. Klien dengan luka abdomen yang membutuhkan perawatan hidrasi luka teratur
C. Klien berusia lanjut yang membutuhkan bantuan mandi di tempat tidur dan bantuan berpindah secara teratur
D. Klien dengan ventilator yang membutuhkan pemeriksaab dan penghisapan (suction) berkala
E. Klien yang tidak stabil dengan kemungkinan yang tidak dapat diduga

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 146:
Jawaban : B
Rasional: Ketika mendelegasukan tugas keperawatan, perawat perlu memperhatikan keahlian pendidikan staf keprawatan yang dilibatkan. Perawat vokasional memiliki keahlian dalam melakukan hidrasi luka dan mengganti pembalut luka, jadi klien dapat dipercayakan padanya. Melakukan penghitungan urin selama 24 jam dan memandikan klien di temapat tidur, dan memindah posisikan klien secara teratur dapat dilakukan oleh pembantu perawat. Klien dengan kondisi tidak stabil, dan yang dengan ventilator yang membutuhkan pemeriksaan dan penghisapan (suction) berkala lebih tepat jika dipercayakan kepada seorang Ners.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan pada kata kunci, dapat dipercayakan. Gunakan prinsip pendelegasian dan penugasan, dan perhatikan tingkat pendidikan perawat. Perhatikan kata pemeriksaan pada pilihan D dan tidak stabil pada pilihan E. Hal tersebut dapat mengingatkan bahwa klien harus di bawah pengawasan seorang Ners. Pilihan A dan C dapat dikesampingkan karena klien dalam pilihan tersebut dapat dipercayakn kepada pembantu perawat. Cara ini dapat mengarahkan ke pilihan yang tepat.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 147:
Seorang perawat manajer ( kepala unit/ruang perawatan ) menghadiri sebuah konferens, dan topik diskusinya tentang gaya kepemimpinan. Manajer tersebut ingin mencari gaya kepemimpinan yang sesuai untuk menberdayakan staf-stafnya dalam meningkatkan pencapaian diri. Gaya kepemimpinan manakah yang seharusnya diadaptasi manajer perawat tersebut untuk mencapai keinginannya ?

A. Autokratik
B. Situasional
C. Demokratis
D. Laissez-faire
E. Birokratis

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 147:
Jawaban : C
Rasional: Gaya kepemimpinan demokratis dapat memacu pencapaian diri staf jeperawatan, karena gaya ini memungkina perawat untuk berkembang secara profesional. Gaya kepemimpinan autokratik sangat berorientasi terhadap penyelesaian tugas dan kendali pimpinan. Gaya kepemimpinan situasional menggunakan gaya memimpin sesuai dengan kejadian dan situasi pada saat dibutuhkan. Laissez-faire membiarkan staf untuk bekerja tanpa pendampingan ataupun pengawasan. Gaya kepemimpinan birokratis sangat terikat dan mengikuti dengan peraturan dan kebijakan.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, gaya kepemimpinan. Gunakan pengetahuan tentang gaya kepemimpinan dan mencatat bahwa kata memungkinkan staf meningkatkatkan kemampuan pencapaian diri akan mengarahkan kepada pilihan yang tepat.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 148:
Seorang Ners ( Perawat teregistrasi ) merencanakan penugasan harian. Manakah tugas yang paling tepat untuk dapat diberikan kepada pembantu perawat ?
A. Klien yang dijadwalkan mendapatkan transfusi darah
B. Klien diabetes mellitus yang direncakan KRS ( pulang )
C. Klien dengan kanker kandung kemih yang akan menjalani kemoterapi
D. Klien berusia lanjut yang membutuhkan mandi di tempat tidur
E. Klien dengan luka pada kaki dan membutuhkan perawatan luka

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 148:
Jawaban : D
Rasional: Ketika mendelegasikan tugas keperawatan, perawat teregistrasi perlu memperhatikan keahlian dan tingkat pendidikan staf keperawatan yang dilibatkan juga tingkat ketergantungan klien. Pada kasus ini, tugas yang paling sesuai untuk diberikan kepada pembantu perawata adalah untuk membantu klien lanjut usia untuk mandi di tempat tidur. Pembantu toerawat seharusnya telah terlatih untuk hal ini. Klien yang menjalani kemoterapi dan klien yang tranfusi darah membutuhkan kemampuan yang dimiliki seorang perawat vokasi/diploma. Klien dengan diabetes melitus yang direncanakan pulang akan membutuhkan persiapan pulang dengan materi manajemen diabetes dan kemungkinan kordinasi dengan pelayanan home care. Klien dengan ulkus pada kaki akan   membutuhjkan perawatan luka yang merupakan kompetensi perawat diploma.
Strategi Mengerjakan Soal: Tandai kata kunci paling tepat dalam pertanyaan dan fokus pada subjek, klien yang tepat untuk dipercayakan kepada pembantu perawat. Pertimbangkan kebutuhan setiap klien dalam pilihan jawaban, dan pilih pilihan yang tidak membutuhkan skill perawat diploma untuk menanganinya. Pembantu perawat cukup terlatih untuk membantu pemenuhan kebutuhan klien di pilihan yang paling benar.


Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 149:
Jawaban : D
Rasional: Klien dengan emfisema akan lebih tepat dipercayakan perawatannya kepada perawat diploma. Klien mengalami permasalahan pada jalan napas dan menjadi prioritas tertinggi di antara pasien lain dalam pilihan jawaban. Klien pada pilihan A, B ,da, C dapat didelegasikan pada pembantu perawat. Klien dengan kemoterapi membutuhkan kemampuan yang dimiliki perawat yang telah tersertifikasi.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata yang dapat didelegasikan. Fokus pada subjek, Klien yang dapat ditugaskan kepada perawat diploma. Singlkirkan pilihan A karena ada kata stabil dalam deskripsi klien. Kemudian, jangan hiraukan pilihan B karena dalam pilihan ini tidak terdapatdata yang menunjukan bahwa klien perlu diprioritaskan. Kemudian, pilihan E tidak perku diabaikan karena klien ini mebutuhkan perawatan dengan kemampuan yang dimiliki hanya oleh perawat yang memiliki keahlian khusus dan tersertifikasi. Dengan memperhatikan sisa pilihan jawaban yang ada, gunak teknik ABC untuk menunjukkan kepada pilihan yang tepat.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 150:
Perawat pendidik memberikan presentasi pada sebuah sesi dalam in-service-training tentang manajemen kasus kepada pada perawat ruangan. Di dalam presentasinya, manakah karateristik konsep manajemen kasus yang harus disampaikan oleh perawat pendidik?
A. Membutuhkan seorang perawat yang bertanggung jawab atas perawatan seorang klien
B. Mempromosikan penugasan staf RS dengan tepat
C. Membutuhkan manajer kasus yang dapat merencanakan tindakan perawatan kepada seluruh klien
D. Menggunakan pendekatan tim, namun seorang perawat membawahi semua
E. Seorang ners yang bertanggung jawab terhadap penyediaan perawatan sekelompok klien

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 150:
Jawaban : B
Rasional: Manajemen kasus menggambarkan sistem pelayanan kesehatan interdisipliner (antar disiplin ilmu) untuk mengupayakan pemberdayaan staf RS dan pemanfaatan sumber daya material dengan tepat. Tujuan dari manajemen kasus adalah untuk memaksimalkan pendapatan RS dengan tetap memberikan pelayanan kesehatan secara optimal kepada klien. Manajemen kasus mengelola perawatan klien dengan memberikan lingkungan perawatan yang baik untuk klien. Pilihan A, C, D, dan E bukanlah karateristik manajemen kasus.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan bahwa pilihan A, C, D, dan E terlihat mirip dan serupa, menjawab pengendalian perawatan klien oleh seorang perawat.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 151:
Seorang perawat menghadiri konferensi pendidikan tentang gaya kepemimpinan. Seorang kolega di konferensi tersebut yang bekerja pada sebuah pusat perawatan trauma menyatakan bahwa gaya kepemimpinan di tempatnya bekerja sangat berorientasi pada penugasan dan memiliki kendali penuh. Gaya kepemimpinan manakah yang digambarkan oleh perawat yang bekerja di pusat perawatan trauma itu ?
A. Autokratik
B. Situasional
C. Demokratis
D. Laissez-faire
E. Birokratis






Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 153:
Seorang Ners merencanakan penugasan keperawatan, tidak dapat melakukan tugas tersebut. Di unit tersebut betugas dua orang pembantu perawat dan seorang perawat diploma. Klien manakah yang dapat dipercayakan perawatannya kepada perawat diploma ?
A. Klien membutuhkan perubahan posisi secara berkala
B. Klien yang dipersiapkan untuk kateterisasi jantung
C. Klien yg harus dilakukan pengekangan
D. Klien yang harus istirahat total di tempat tidur yang memerlukan pengukuran urine 24 jam
E. Klien yang dipersiapkan untuk pemeriksaan x-ray dada




Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 154:
Sebagai manajer kasus kunjungan rumah, seorang perawat bertugas sebagai koodinator perawatan klien. Fungsi manakah yang harus dia jalankan untuk memenuhi perannya ?
A. Mengkoordinasikan, mengatur dan menyeimbangkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan
B. Memberikan laporan harian kepada semua anggota perawatan klien untuk menyampaikan rencana perawatan klien
C. Merencanakan pertemuan mingguan dengan semua orang yang terlibat dalam perawatan kliennya untuk mengkaji status perawatannya
D. Melaksanakan sesi pembelajaran harian kepada klien dan orang-orang terdekatnya tentang proses manajemen kasusnya
E. Menjelaskan konsep perawatan yang digunakan untuk merawat klien

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 154:
Jawaban : A
Rasional:
Peran manajer kasus adalah untuk mengorganisasikan, mengatur dan menyeimbangkan pelayanan kesehatan yang dubutuhkan klien. Meski pilihan B, C, D, dan E neruokan komponen dari tugas manajer kasus, pilihan jawaban yang benar dapat mengakomodir semua peran yang dimaksud.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan subjeknya, fungsi manajer kasus, berfokus pada kordinator perawatan klien. Catatlah bahwa jawaban yang benar adalah jawaban yang memayungi semua fungsi kordinator.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 155:
Seorang Ners (perawat teregistrasi) memberikan perintah kepada perawat vokasi (Diploma) untuk melakukan enema kepada klien yang direncanakan mendapatkan barium enema. Ners tersebut menginstruksikan untuk memberikan beberapa enema sampai dengan bersih. Perawat diploma menyampaikan kepada Ners bahwa tiga enema telah diberikan dan keluaran klien belum bersih. Apa yang seharusnya dipertintahkan Ners kepada perawat diploma ?
A. Berikan satu lagi enema
B. Berhenti memberikan enema
C. Lanjutkan pemberian enema sampai luaran bersih
D. Tunggu selama 1 jam dan lanjutkan pemberian enema
E. Mengambil alih tindakan untuk memberikan tiga kali enema

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 155:
Jawaban : B
Rasional:
Persiapan pemberian barium enema termasuk di dalamnya pemberian enema sebelum uji dilakukan. Jika perintah memberikan enema untuk pembersihan diresepkan pada pagi hari sebelum pemeriksaan, enema tidak boleh diberikan lebih dari tiga kali. Melanjutkan pemberian lebih dari tiga kali akan beresiko terjadinya gangguan ketidakseimbangan cairan dan elektrolit.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, pedoman penatalaksanaan enema. Dengan mengingat pemberian enema berulang dapat menyebabkan gangguan dan ketidakseimbangan cairan dan elektrolit akan mengarahkan pada pilihan jawaban yang benar .

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 156:
Seorang klien dengan diabetes mellitus masuk ke rumah sakit untuk operasi katarak. Tugas manakah yang dapat dilimpahkan kepada pembantu perawat ?
A. Membantu klien untuk berpindah di lorong rumah sakit
B. Mendengarkan ekpresi kehilangan atau frustasi klien
C. Menunjukkan kepada klien cara melakukan pemberian tetes mata
D. Mengulang kemampuan praktik kebersihan dan mencuci tangan dengan klien
E. Mengkaji pengetahuan klien tentang manajemen terapi

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 156
Jawaban : A
Rasional:
Membantu klien berpindah dalam area RS adalah bagian dari tanggung jawab Pembantu perawat. Mengkaji pengetahuan klien, menunjukkan pemberian tetes mata, menilai kemampuan mencuci tangan, dan melakukan komunikasi terapeutik dengan klienb membutuhkan evaluasi formatifuntuk mengkaji kesiapan klien menjalani terapi. Aktivitas-aktivitas ini adalah bagian tanggung jawaba seorang Ners. Tindakan pengkajian dan pendidikan tidak dapat didelegasikan kepada pembantu perawat.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, tugas yang dapat didelegasikan kepada pembantu perawat. Dengan mengingat bahwa tindakan pemberian tindakan pendidikan dan pengkajian klien tidak dapat didelegasikan. Sebagai tambahan, mengkaji dan memperhatikan masalah klien adalah tugas perawat diploma. Untuk memilih jawaban yang benar dapat dilakukan ddengan mengingat bahwa tugas yang dapat didelegasikan kepada pembantu perawat adalah seputar tugas non-invasif.

Soal Latihan KBS#UkomNers Manajemen Kep. 157:
seorang Ners (perawat terigestrasi) sedang mengawasi perawat diploma yang mempersiapkan klien untuk menjalani terapi dengan mesin continuous passive motion (CPM). Dalam observasinya, tindakan manakah yang menunjukkan bahwa perawat diploma telah mengerjakan tugasnya secara tidak benar?
A " perawat mempertahankan lutut klien pada bagian enngsel/sendi mesin "
B perawat memeriksa adanya penekanan pada area lutut dan pangkal paha klien..
C "perawat memposisikan lutut klien sedikit memutar keluar (ekternal rotasi)".
D "perawat memeriksa sudut ekstensi dan fleksi dan kecepatan mesin CPM sesuai dengan indikasi yang diberikan".
E "perawat mengawasi kecepatan mesin CPM sesuai indikasi pemberian".

Kunci Jawaban & Pembahasan Soal Latihan #UKOMNers Manajemen Kep. 157:
Jawaban : " C.
Rasional: Pada penggunaan mesin CPM, kaki klien harus diposisikan netral tidak dalam kondisi terputar balik ke dalam (internal) maupun ke luar (ekternal). lutut harus diposisikan pada sudut sendi mesin. Perawat harus memastikan kondisi penekanan pada lutut dan pangkal paha klien, dan mengikuti indikasi yang diberikan dan standar prosedur operasional institusi terkait sudut ekstensi dan fleksi, serta kecepatan dari mesin CPM.
"Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, tindakan yang tidak benar. Gunakan prinsip umum terkait dengan asuhan keperawatan. Hal ini akan mengarahkan pada penilaian bahwa pilihan B, D dan E merupakan tindakan yang benar. Dengan sisa pilihan yang ada, dengan mengingat prosedur tindakan ini akan mengarahkan pada tindakan yang semestinya dihindari oleh perawat diploma (vokasi).

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 158:
Seorang perawat merencanakan penugasan perawatan klien selama satu giliran dinas. Klien manakah yang dapat di delegasikan kepada pembantu perawat ?
A. Klien yang membutuhkan penggantian pembalut luka
B. Klien yang membutuhkan perpindahan posisi secara berkala
C. Klien dengan program terapi sistem pencernaan dan membutuhkan enema harian dan rektal suposutoria
D. Klien dengan diabetes mellitus yang membutuhkan terapi insulin setiap hari dan penatalaksanaan diet.
E. Klien yang membutuhkan pemasangan NGT

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 158:
Jawaban : B
Rasional: Pemberian tugas kepadapembantu perawat perlu merujuk kepada deskripsi tugas tingkat kompetensi klinis, dan hukum tertulis.Pilihan A, C, D, dan E melibatkan proses keperawatan yang membutuhkan skill seorang perawat vokasi. Klien dalam pilihan jawaban yang benar membutuhkan kemampuan pembantu perawat.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, perawatn klien oleh pembantu perawat. Dengan merefleksikan pada tugas yang dapat dilaksanakan pembantu perawat, pikirkan tugas yang dapat dilakukan dengan aman dan sesuai dengan kondisi klien. Hilangkan pilihan A, C, D, dan E karena klien dalam pilihan jawaban tersebut membutuhkan kemampuan perawat vokasi.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 159:
Seorang ( perawat teregistrasi ) Ners mendelegasikan tugas kepada staf keperawatan. Tugas manakah yang kurang sesuao untuk pembantu perawat ?
A. Mengambil spesimen urine klien
B. Melakukan pemeriksaab rutin suhu tubuh via oral
C. Menemani klien yang dipulangkan dalam perjalanan
D. Membantu klien post-kateterisasi jantung yang harus makan siang sambil tirah baring
E. Menemani klien mobilisasi di lorong rumah sakit

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 159:
Jawaban : D
Rasional: Pekerjaan yang didelegasikan kepada orang lain harus disesuaikan dengan tingkat keahlian dan lisensi. Berdasar pada pilihan yang ada, penugasan yang kurang tepat diberikan kepada pembantu perawat adalah untuk membantu makan siang klien post kateterisasi jantung yang harus tirah baring. Oleh karena klien ini beresuko besar terhadap aspirasi. Sesa pilihan jawaban yang ada tidak mengindikasikan adanya resiko terhadap klien.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata kurang sesuai dan fokus tugas untuk pembantu perawat. Gunakan prinsip ABC dan ingatlah prinsip pendelegasiantugas dalam memilih pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 160:
Seorang Ners mengintrukikan perawat vokasi untuk membantu merawat klien dengan ulkus pada area sakrum. Tindakan manakah yang paling sesuai untuk didelegasikan kepada perawat vokasi?
A. Posisikan klien untuk baring miring
B. Laksanakan prosedur perawatan luka standar untuk ulkus
C. Temui spesialis luka untuk percepat proses penyembuhan
D. Tentukan tindakan mana yang terbaik untuk penyembuhan luka klien
E. Analisis tanda dan gejala untuk menentukan masalah dan hasil proses keperawatan

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 160:
Jawaban : A
Rasional:
Tugas yang dapat dilakukan perawat vokasi adalah memposisikan klien baring miring. Tindakan ini membutuhkan keahlian dan di dalam rentang praktik perawat vokasi. Memulai tindakn perawatn luka, menemui spesialis perawatn luka, dan menentukan tidakan mana yang terbaik untuk penyembuhan klien dan menganalisa tanda dan gejala untuk menentukan masalah dan hasil tindakan klien adalah beberapa tugas di luar kemampuan perawat vokasi, meskipun perawat vokasi dapat membantu ners untuk merencanakan asuhan keperawatan. Tindakan-tindakan tersebut adalah bagian tanggung jawab Ners.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata paling sesuai. Fokus subjek tugas perawat vokasi. Dengan merefleksikan pada tugas dan tanggung jawab perawat vokasi akan mengarahkan pada jawaban yang benar. Aktivitas dalam pilihan B, C, D, dan E adalah tugas ners

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 161:
Seorang Ners menginstruksilan perawat vokasi untuk membantu merawat klien dengan ulkus pada area sakrum. Tindakan manakah yang paling sesuai untuk didelegasikan kepada perawat vokasi ?
A. Posisikan klien untuk baring miring
B. Laksanakan prosedur perawatan luka standar untuk ulkus
C. Temui spesialis luka untuk mempercepat proses penyembuhan
D. Tentukan tindakan mana yang terbaik untuk penyembuhan luka klien
E. Analisis tanda dan gejala untuk menentukan masalah dan hasil proses keperawatan

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 160:
Jawaban : A
Rasional:
Tugas yang dapat dilakukan perawat vokasi adalah memposisikan klien baring miring. Tindakan ini membutuhkan keahlian dan di dalam rentang praktik perawat vokasi. Memulai tindakn perawatn luka, menemui spesialis perawatn luka, dan menentukan tidakan mana yang terbaik untuk penyembuhan klien dan menganalisa tanda dan gejala untuk menentukan masalah dan hasil tindakan klien adalah beberapa tugas di luar kemampuan perawat vokasi, meskipun perawat vokasi dapat membantu ners untuk merencanakan asuhan keperawatan. Tindakan-tindakan tersebut adalah bagian tanggung jawab Ners.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata paling sesuai. Fokus subjek tugas perawat vokasi. Dengan merefleksikan pada tugas dan tanggung jawab perawat vokasi akan mengarahkan pada jawaban yang benar. Aktivitas dalam pilihan B, C, D, dan E adalah tugas ners

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 161:
Perawat ditugaskan untuk merawat empat klien. Dalam merencakan ronde keperawatan, apakah yang harus dikaji perawat pertama kali ?
A. Seorang klien dijadwalkan untuk foto dada
B. Seorang klien membutuhkan perawatan luka sehari-hari
C. Seorang klien pasca operasi mempersiapkan rencana pemulangan klien
D. Seorang klien mendapatkan oksigen nasal yang kesulitan bernapas selama shift sebelumnya
E. Seorang klien berusia lanjut yang sering memerlukan ambulasi

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 161:
Jawaban : D
Rasional: Jalan napas selalu menjadi prioritas utama, dan perawat akan melakukan asuhan untuk klien yang pertama kali mengalami masalah jalan napas. Dijelaskan dalam pilihan A, B, C dan e klien memiliki kebutuhan dengan prioritas menengah.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata strategis pertama kali. Gunakan teori Hierarki kebutuhan Maslow dan ABC untuk menjawab pertanyaan. Ingat bahwa saluran napas selalu prioritas utama. Ini akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 162:
Perawat yang bekerja di IGD ditugaskan untuk melakukan triage pada klien yang ke gawat darurat pada dinas malam. Perawat harus memprioritaskan klien dengan kondisi berikut di bawah ini?
A. Seorang klien mengeluh nyeri otot, sakit kepala, dan malaise
B. Seorang klien yang terkilir pergelangan kaki ketika dia jatuh sewaktu bersepatu roda
C. Seorang klien dengan laserasi kecil pada jari telunjuk sewaktu memotong terong
D. Seorang klien dengan nyeri dada yang menyatakan bahwa ia hanya makan pizza dengan saus yang sangat pedas
E. Seorang klien dengan influenza dan demam

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 162:
Jawaban : D
Rasional: Dalam gawat darurat, triage melibatkan penilaian klien secara singkat untuk mengklasifikasikan klien sesuai dengan perawatan dan termasuk menetapkan prioritas keperawatan. Jenis penyakit atau cedera, keparahan masalah, dan sumber daya yang tersedia mengatur proses. Klien dengan trauma, nyeri dada, gangguan pernapasan berat atau serangan jantung, amputasi tungkai, dan defisist neurologis akut, atu yang telah menderita percikan kkimia untuk mata, diklasifikasikan sebagai kondisi darurat dan menjadi prioritas nomor satu. Klien dengan kondisi patah tulang sederhana, asma tanpa gangguan pernapasan, demam, hipertensi, sakit abdomen, atau batu ginjal memiliki kebutuhan mendesak, diklasifikasikan sebagai prioritas nomor dua. Klien dengan kondisi seperti laserasi minor, keseleo atau gejal flu diklasifikasikan sebagai non mendesak dan merupakan prioritas nomor tiga.
Strategi Mengerjakan Soal: Catat kata strategis memprioritaskan. Gunakan ABC untuk mengarahkan anda ke pilihan yang benar. Seorang klien mengalami nyeri dada selalu diklasifikasikan sebagai prioritas nomor satu hingga infark miokard telah dikesampingkan

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 163:
Manajer perawat telah menerapkan perubahan dalam metode asuhan keperawatan dari bentuk fungsional ke keperawatan tim. Petugas melawan terhadap perubahan dan tidak mengambil bagian aktif dalam proses perubahan. Apakah pendekatan yang terbaik dalam menangani petugas tersebut ?
A. Mengabaikan perlawanan
B. Memaksa petugas tersebut
C. Menyediakan sistem reward positif bagi petugas tersebut
D. Menemui petugas tersebut mendorongnya mengungkapkan perasaan secara verbal mengenai perubahan yang terjadi
E. Memberikan hukuman untuk petugas tersebut

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 163:
Jawaban : D
Rasional:
Konfrontasi merupakan strategi penting untuk mengatasi perlawanan di atas. Pertemuan tatap muka untuk menghadi masalah akan memungkinkan verbalisasi perasaan. Identifikasi masalah dan isu-isu, dan penembangan strategi untuk memecahkan masalah. Pilihan A dan E tidak akan mengatasi masalah. Pilihan B dapat menghasilkan perlawanan tambahan. Pilihan C dapat memberikan solusi sementara untuk perlawanan, tapi tidak akan menyelesaikan masalh tersebut secara khusus.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata strateegis terbaik. Pertama pilihan A, B dan E dapat dihilangkan karena rata-rata mengabaikan di pilihan A, pemaksaan di pilihan B, dan hukuman di pilihan E. Dari pilihan yang tersisa, pilih pilihan yang benaratas pilihan C karena pilihan yang benar secara khusus membahas langkah-langkah pemecahan masalah.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 164:
Seorang perawat telah menerima tugas untuk pertukaran dinas. Setelah melakukan putaran awal dan memeriksa semua klien, siapakah klien yang harus diberikan perawatan pertama kali ?
A. Seorang klien dengan ambulasi
B. Seorang klien dijadwalkan untuk terapi fisik pada 01:00
C. Seorang klien dengan demam yang mengeluarkan keringat dan gelisah
D. Seorang klien pasca operasi yang baru saja menerima obat penurun obat rasa sakit
E. Seorang klien dengan kesulitan menelan dan minuman

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 164:
Jawaban : C
Rasional:
Perawat harus merencanakan asuhan pada klien yang mengalami demam dan mengeluarkan keringat serta gelisah pertama kali karena kebutuhan klien ini adalah prioritas . Klien dengan ambulasi, klien yang dijadwalkan untuk terapi fisik di kemudian hari, dan seorang denga kesulitan menelan makanan dan minuman tidak menjadi kebutuhan prioritas perawatan. Menunggu untuk pengibatan nyerisebelum memberikan perawatan kepada klien pasca operasi adalah tindakan terbaik.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata strateegis pertama kali dan menggunakan prinsip-prinsip yang berkaitan dengan prioritas. Perhatikan kata-kata mengeluarkan keringat dan gelisah akan membantu dalam mengarahkan anda untuk pilihan ini.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 165:
Perawat sedang memandikan klien di tempat tidur, ketika itu petugas pembantu rumah sakit memasuki ruangan klien dan memberitahu perawat bahwa terdapat klien yang mengeluh nyeri dan membutuhkan obat penghilang rasa sakit. Apakag tindakan keperawatan yang paling tepat ?
A. Menyelesaikan memandikan dan kemudian mengelola pengobatan nyeri untuk kliennya.
B. Meminta petugas pembantu untuk mengetahui kapan obat nyeri terakhir diberikan kepada klien.
C. Meminta petugas pembantu untuk memberitahukan klien yang sakit bahwa obat akan diberikan segera setelah proses memandikan selesai.
D. Menutupi klien, meninggikan sisi rel, memberitahukan klien bahwa Anda akan kembali segera, dan memberikan obat nyeri untuk klien lainnya.
E. Selesai memandikan dan meminta petugas pembantu untuk memberitahu klien terkait pengobatan nyeri

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 165:
Jawaban : D
Rasional:  perawat bertanggung jawab untuk perawatan yang diberikan kepada klien yang ditugaskan. Tindakan yang tepat dalam situasi ini adalah untuk memberikan keamanan kepada klien yang sedang mandi di tempat tidur dan mempersiapkan diri untuk mengelola pemberian obat nyeri . Pilihan A, C, dan E menunda pemberian obat nyeri untuk klien. Pilihan B bukan tugas tanggung jawab petugas pembantu.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata-kata "paling tepat" dan gunakan prinsip-prinsip yang berkaitan dengan prioritas perawatan. Pilihan A C dan E menunda pemberian obat penghilang rasa sakit dan pilihan B bukan merupan tanggung jawab dari petugas pembantu. Tindakan paling tepat adalah merencanakan untuk mengelola obat.

Soal latihan #UKOMNers Manajemen Keperawatan 166:
Perawat sedang merawat klien yang tidak sadar di rumah sakit dan dijadwalkan untuk terapi elektrokonvulsif. Perawat mencatat bahwa surat surat persetujuan belum diperoleh untuk prosedur. Berdasarkan informasi ini, apakah rencana terbaik perawat yang harus dilakukan ?
A. Lembar persetujuan tidak perlu diperoleh
B. Lembar persetujuan seharusnya diperoleh dari keluarga
C. Lembar persetujuan perlu diperoleh dari klien
D. Penyedia perawatan kesehatan akan memberikan lembar persetujuan
E. Lembar persetujuan diinformasikan perlu diperoleh dari klien dan keluarga

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Manajemen Keperawatan 166:
Jawaban : C
Rasional: Klien tidak sadar yang dirawat tidak kehilangan hak mereka untuk lembar persetujuan. Klien harus dipertimbangkan secara hukum yang kompeten sampai mereka telah dinyatakan tidak kompeten melalui proses hukum. Penentuan terbaik bagi perawat untuk hal ini adalah memperoleh lembar persetujuan dari klien.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, lembar persetujuan. Pengetahuan mengenai proses RS dan hak-hak klien akan akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.


Soal latihan KBS #UKOMNers Gadar 167:
Perawat mendengar seorang klien meminta tolong, ia kemudian bergegas menuju ruang klien, dan menemukan klien terbaring dilantai. Perawat kemudian melakukan pemeriksaan, membantu klien naik kembali ke tempat tidur, memberitahukan kejadian tersebut kepada penyedia layanan kesehatan, dan melengkapi laporan kejadian. Pernyataan yang manakah yang harus didokumentasikan oleh perawat tentang kejadian tersebut ?
A. Klien terjatuh dari tempat tidur
B. Klien memanjat pengaman tempat tidur
C. Klien ditemukan terbaring di lantai
D. Klien gelisah dab berusaha turun dari tempat tidur
E. Klien terjatuh saat hendak kembali ke tempat tidur
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Daeurat 167:
Jawaban : C
Rasional: Pelaporan kejadian harus lengkap terdapat nama, usia dan diagnosis klien. Laporan harus tersususn atas deskripsi faktual tentang kejadian, cedera yang dialami dan akibat yang ditimbulkan. Pilihan jawaban yang tepat adalah satu-satunya yang menggambarkan fakta situasi yang diketahui perawat. Pilihan A, B, D, dan E adalah interoretasi kejadian bukanlah informasi faktual sebagaiman yang ditemui perawat.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, pendokumentasian kejadian , dan membaca informasi dalam pertanyaan untuk dapat memilih jawaban yang benar. Ingat, untuk fokus pada informasi faktual saat mendokumentasikan dan mencegah menuliskan interpretasi. Hal ini akan mengarahkan ke jawaban yang benar.
Soal latihan KBS #UKOMNers Gadar 168:
Seorang klien dibawa ke unit gawat darurat oleh tim paramedis ( emergency medical services/EMS ) setelah ditabarak oleh sebuah mobil. Nama klien belum diketahui, dan klien tersebut menderita cedera kepala berat dan patah tulang multipel, dan kehilangan kesadaran. Tindakan kraniotomi darurat harus dilakukan. Berkaitan dengan aspek informed consent untuk prosedur pembedahan, manakah tindakan yang paling benar ?
A. Mendapatkan keputusan pengadilan untuk tindakan pemebedahan
B. Meminta tim paramedis untuk menandatangani persetujuan tindakan
C. Pindahkan korban ke ruang operasi untuk tindakan pembedahan
D. Hubungi polisi untuk mengidentifikasi klien dan memberitahukan kepada keluarganya
E. Membutuhkan fingerprint klien pada lembar informed consent.
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Daeurat 168:
Jawaban : C
Rasional: Secara umum, ada dua situasi di mana persetujuan tindakan terhadap klien dewasa tidak diperlukan. Situasi pertama adalah keadaan gawat darurat, dan penundaan pertolongan akan mengakibatkan cedera lanjut atau kematian. Situasi kedua adalah ketika klien menyerahkan pemasrahan atas dirinya untuk menyetujui semua tindakan yang dioerlukan. Pilihan A akan menunda tindakan pada kondisi gawat darurat, dan pilihan B dan E terlihat tidak pantas dilakukan. Meskipun tindakan pada pilihan D mungkin dilakukan, tetapi hal ini bukanlah tindakan yang terbaik.
Strategi Mengerjakan Soal: Perlu dicatat bahwa kata kunci paling benar. Perlu diingat bahwa saat kondisi darurat dan penundaan tindakan untuk meminta persetujuan akan menyebabkan kematian akan mengarahkan kepada jawaban yang benar.
Soal latihan KBS #UKOMNers Gadar 169:
Perawat mengamati hasil gas darah arteri klien dan mencatat hasil sebagai berikut : pH 7,45,  PCO2 30 mm Hg,   dan HCO3 dari 20 mEq/L. Perawat menganalisis hasil dan mengindikasikan kondisi berikut di bawah ini ?
A. Asidosis metabolik, terkompensasi
B. Alkalosis respiratorik, terkompensasi
C. Alkalosisi metabolik, tidak terkompensasi
D. Asidosis respiratorik, tidak terkompensasi
E. Alkalosis respiratorik, tidak terkompensasi
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Darurat 169:
Jawaban : B
Rasional: pH normal adalah 7,35-7,45. Dalam kondisi bernapas, efek berlawanan akan terlihat pada pH dan PCO2 tersebut. Dalam situasi ini, pH lebih tinggi dari nilai normal dan PCO2 rendah. Dalam kondisi alkalosis pH tinggi. Oleh karena itu nilai-nilai diidentifikasi dalam pertanyaan menunjukkan bahwa alkalosis respiratorik terkompensasi. Oleh ginjal melalui ekskresi ginjal bikarbonat. Karena pH te;ah kembali ke nilai normal, kompensasi telah terjadi.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek hasil gas darah arteri. Ingat ketidakseimbangan pernapasan, anda akan menemukan respon yang berlawanan antara pH dan PCO2 seperti ditunjukkan dalam pertanyaan. Oleh karena itu, anda dapat menyingkirkan pilihan yang mencerminkan masalah metabolik primer. Juga, ingat bahwa pH meningkat dalam kondisi alkalosis dan kompensasi dapat dibuktikan dengan pH normal. Pilihan yang benar mencerminkan kondisi alkalosis respiratorik dan terkompensasi serta menggambarkan nilai-nilai gas darah seperti yang ditunjukkan dalam pertanyaan.
Soal latihan KBS #UKOMNers Gadar 170:
Seorang klien datang ke IGD dengan riwayat 3 hari mual dan muntah. Klien mengalami hipoventilasi dan memiliki laju pernapasan 10 x/menit. Monitor Elektrokardiogram (EKG) menunjukkan takikardia, dengan detak jantung 120 x/menit. Gas darah arteri diambil dan perawat melihat hasil, manakah hasil yang menunjukkan kondisi klien ?
A. pH menurun dan CO2 meningkat
B. Peningkatan pH dan CO2 menurun
C. Penurunan pH dan HCO3 menurun
D. Peningkatan pH dengan HCO3 meningkat
E. Peningkatan pH dan HCO3 yang normal
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Darurat 170:
Jawaban : D
Rasional:
Klien yang mengalami mual dan muntah kemungkinan besar terjadi alkalosis metabolik akibat hilangnya asam lambung sehingga menyebabkan pH dan HCO-3 meningkat. Gejala yang dialami oleh klien meliputi hipoventilasi dan takikardia. Pilihan A mencerminkan kondisi asidosis respiratorik. Pilihan B mencerminkan kondisi alkalosis respiratorik, dan pilihan C mencerminkan kondisi asidosis metabolik. Pilihan E mencerminkan alkalosis respiratorik, tidak terkompensasi.
Strategi Mengerjakan Soal: Fokus pada subjek, hasil gas darah arteri. Catatan dalam pertanyaan adalah klien muntah. Ingat kembali bahwa muntah adalah kemungkinan besar menyebabkan alkalosis metabolik, akan membantu anda mengarahkan untuk pilihan yang benar.
Soal latihan KBS #UKOMNers Gadar 171:
Perawat memeriksa hasil laboratorium untuk kadar serum diagoxin yang diresepkan untuk klien pada hari sebelumnya dan mencatat hasilnya adalah 2,4 ng/mL. Apakah tindakan perawat yang harus dilakulan dengan segera ?
A. Meminitor denyut nadi klien
B. Memberitahu penyedia layanan kesehatan
C. Mencatat nilai normal pada lembar catatan klien
D. Mengelola dosis obat berikutnya sesuai jadwal
E. Mendokumentasikan hasil temuan

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Darurat 171:
Jawaban : B
Rasional: Rentang terapi normal untuk digoxin adalah 0,5-2ng/mL. Level 2,4 ng/mL adalah melebih kisaran kisaran terapeutik dan menunjukkan toksisitas. Perawat harus memberitahukan penyedia layanan kesehatan tentang dosis lanjut digoxin. Pilihan yang menindikasikan nilai normal pada lemabaran catatan klien adalah salah karena nilai yang ada tidak normal. Dosis berikutnya sebaiknya tidak diberikan karena tingkat serus digoxin melebihi kisaran terapeutik. Pemeriksaan denyut nadi klien terbatas dalam situasi ini. Tergantung pada waktu akhir saat pengkajian, status pengkajian klien saat ini lebih berguna.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata strategis segera. Untuk memilih dengan benar, anda harus terbiasa dengan rentang terapi pengobatan dan perhatikan bahwa kadar 2,4 ng/mL adalah kondisi toksisitas, ini akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.
Soal latihan KBS #UKOMNers Gadar 172:
Klien tiba di IGD mengeluh nyeri dada sejak 4 jam yang lalu. Hasil spesimen darah troponin T menunjukkan kadar 0,6 ng/mL. Apakah indikasi hasil pemeriksaan di atas ?
A. Kadar normal
B. Nilai yang rendah indikasi pemungkin gastritis
C. Kadar yang menunjukkan infrakmiokard
D. Kadar yang menunjukkan adanya pencetus angina
E. Kadar yang tidak menunjukkan infrak miokard
Darurat 172:
Jawaban : C
Rasional: Troponin adalah protein yang secara teratur ditemukan dalm otot lurik. Troponin berfungsi bersama-sama dalam apartus kontraktul untuk otot lurik di otot rangka miokardium. Jumlah peningkatan troponin dilepaskan ke dalam aliran darah ketika infark menyebabkan kerusakan miokardium. Nilai troponon T lebih  tinggi dari 0,1-0,2 ng/mL. Konsisten dengan infarka miokard. Kadar troponin T yang normal lebih rendah dari 0,6 ng/mL
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan bahwa subjek pertanyaan berkaitan dengan Troponin  T. Mengetahui kadar normal dan kadar yang lebih tinggi 0,1-0,2 ng/mL. Konsisten dengan infark miokard akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.
Soal latihan KBS #UKOMNers Gadar 173:
Seorang klien dengan terapi 1000 mL dextrose 5% dalam natrium klorida 0,9% tergantung pada jam 15:00. Perawat melakukan observasi pada 15:45 mendapatkan klien mengeluh sakit kepala berdebar dan dyspneic, mengalami menggigil, dan khawatir, dengan denyut nadi meningkat. Kantong intrvena (IV) tersisa 400 mL. Apakah tindakan yang dilakukan pertama kali oleh perawat ?
A. Memperlambat infus IV
B. Mendudukkan klien di tempat tidur
C. Melepaskan kateter IV
D. Memanggil penyedia layanan kesehatan
E. Menghentikan infus IV
Jawaban : A
Rasional: Gejala klien sesuai beban sirkulasi yang meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan mencatat bahwa 600 mL telah habis dalam waktu 45 menit. Tindakan pertama perawat adalah memperlambat infus. Tindakan lain mungkin mengikuti rangkaian alarm. Perawat dapat mengangkat tempat tidur bagian kepala untuk membantu pernapasan klien, jika perlu. Perawat juga memberitahukan penyedia layanan keehatan. Kateter IV tidak dilepas; itu mungkin diperlukan untuk engelolaan pemberian obat untuk mengatasi masalah.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata strategis pertama kali. Ini menjelaskan anda bahwa satu atau lebih semua pilihan berhubungan dengan tindakan yang benar atau perawat perlu mempriotitaskan sesuai dengan urutan waktu. Anda harus dapat mengenali tanda-tanda beban sirkulasi yang berat. Dari pernyataan ini, pilih pilihan yang menyediakan intervensi khusus untuk kelebihan beban sirkulasi.
Soal Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Darurat 174:
Perawat memiliki resep untuk pemberian infus dekstrose 5% dalam cairan 1000 mL IV dengan kalium klorida 20 mEq dan perlu menambahkan obat ke kantong IV. Apakah tindakan yang segera dilakukan oleh perawat setelah penyuntikan kalium klorida ke lubang kantung IV?
A. Memutar kantung dengan lembut
B. Melekatkan tabung ke klien
C. Memberi keterangan tabung dengan larutan IV
D. Memonitor larutan untuk perubahan warna kekuningan
E. Memperlambat tetesan infuse
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Darurat 174:
Jawaban : A
Rasional: Setelah menambahkan obat ke dalam larutan IV, perawat harus memutar kantung dengan lembut untuk mencampur obat merata dalam larutan. Perawat kemudian memberi label selesainya obat. Perawat kemudian dapat melengalapi tabung larutan IV seharusnya diperiksa terkait perubahan warna sebelum ditambahkan obat ke dalam larutan. Terakhir letakkan pipa ke klien.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata strategis segera. Ini berarti urutan waktu yang tepat, dan anda  perlu untuk memprioritaskan. Bayangkan dan pikirkan melalui langkah-langkah penambahan obat untuk kantong IV, dan membuat pilihan yang sesuai.
Soal latihan KBS #UKOMNers Gadar 175:
Perawat menentukan bahwa klien mengalami reaksi transfusi, apakah tindakan yang harus diambil selanjutnya ?
A. Lepaskan selang intravena (IV)
B. Jalankan larutab dekstrosa 5%
C. Jalankan normal saline pada laju vena-terbuka
D. Memeriksa kultur ujung perangkat kateter dilepaskan dari klien
E. Mendokumentasikan hasil temuan
Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Darurat 175:
Jawaban : C
Rasional: Jika perawat mencurigai reaksi tranfusi, perawat menghentikan tranfusi dan infus normal saline pada laju vena terbuka menunggu resep dokter lebih lanjut. Mempertahankan kepatenan IV dan membantu volume intravaskular klien. Perawat tidak melepas infus IV karena tidak ada akses rute IV. Mendapatkan kultur ujung perangkat kateter dilepas dari klien tidak benar. Pertama, kateter seharusnya tidak dihilangkan. Kedua, kultur ditunjukkan ketika infeksi, bukan reaksi tranfusi. Normal saline adalah larutan pilihan dibanding larutan yang mengandung dekstrosa karena saline dapat menyebabkan sel-sel darah dapat menggumpal.
Strategi Mengerjakan Soal: Perhatikan kata strategis selanjutnya. Mengetahui bahwa infus IV tidak harus dihilangkan dalam menghilangkan pilihan secara langsung mengarahkan perawat untuk menghentikan alat. Ingat kembali bahwa normal saline, bukan dekstrosa, digunakan ketika mengelola unit darah akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar.

Soal Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Darurat 176:
Perawat sedang mempersiapkan jalur intravena yang mengandung kalium klorida dosis tinggi dan berencana untuk menggunakan pompa infus intrvena. Perawat membawa pompa ke samping tempat tidur, bersiap untuk memasang kabel pompa ke dinding, dan mencatat bahwa tidak ada wadah yang tersedia diberhenti kontak. Apakah tindakan yang harus dilakukan oleh perawat?
A. Memulai jalur intravena tanpa menggunakan pompa
B. Hubungin unit instalasi listrik untuk membantu
C. Pasang kabel pompa di steker yang tersedia di atas westafel kamar
D. Gunakan kabel penyambung dari ruang perawat lubang pompa
E. Periksa kabel listrik dan gunakan peralatan di dekat westafel.

Kunci & Pembahasan Latihan KBS  UKOM Ners  Keperawatan Gawat Darurat 176:
Jawaban : B
Rasional: Peralatan listrik harus dijaga dalam keadaan baik dan harus beralasan; jika tidak menyebabkan bahaya fisik. Jalur intravena yang berisi dosis kalium klorida harus diberikan oleh pompa infus. Perawat perlu menggunakan sumber daya RS untuk bantuan. Sebuah kabel sambungan biasa tidak boleh digunakan karena menimbulkan resiko kebakaran. Penggunaan peralatan listrik di dekat westafel juga menghadirkan bahaya.
Strategi Mengerjakan Soal: Catat subjek, keselamatan listrik. Ingat kembali masalah keamanan akan mengarahkan anda ke pilihan yang benar. Menghubungi departemen pemeliharaan adalah satu-satunya pilihan yang benar karena pilihan lain tidak mempertimbangkan praktik yang aman ketika melaksanakan tindakan listrik. Selain itu, kalium klorida adalah larutan IV, pompa harus digunakan.


Untuk mendapatkan File Aslinya baik dalam bentuk Word maupun PDF silahkan Watshapp nomor hp admin 081242949477
Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

Post a Comment for "Soal dan Pembahasan UKOM Profesi Ners "