File Lengkap Pokja MRMIK Standar Kemenkes 2022


Setiap rumah sakit memiliki, mengelola, dan menggunakan informasi untuk meningkatkan luaran ( outcome ) bagi pasien, kinerja staf dan kinerja rumah sakit secara umum.

Dalam melakukan proses manajemen informasi, rumah sakit digunakan metode pengembangan yang sesuai dengan sumber daya rumah sakit. Proses manajemen informasi tersebut juga mencakup:

  1. Misi rumah sakit,
  2. Layanan yang diberikan,  
  3. Sumber daya,
  4.  Akses ke teknologi informasi kesehatan, dan
  5. Dukungan untuk menciptakan komunikasi efektif antar Professional Pemberi Asuhan (PPA)
Untuk memberikan asuhan pasien yang terkoordinasi dan terintegrasi, rumah sakit bergantung pada informasi tentang perawatan pasien. Informasi merupakan salah satu sumber daya yang harus dikelola secara efektif oleh pimpinan rumah sakit.

Pelaksanaan asuhan pasien di rumah sakit adalah suatu usaha proses yang kompleks yang sangat bergantung pada komunikasi dan informasi. Komunikasidilakukan antara rumah sakit dengan pasien dan keluarga, antar Professional Pemberi Asuhan (PPA), serta komunitas di wilayah rumah sakit. Kegagalan dalam komunikasi adalah salah satu akar masalah pada insiden keselamatan pasien yang paling sering dijumpai. Sering kali, kegagalan komunikasi terjadi akibat tulisan yang tidak terbaca, penggunaan singkatan, simbol dan kode yang tidak seragam di dalamrumah sakit.

Seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangannya, rumah sakit diharapkan mampu mengelola informasi secara lebih efektif dalam hal:
  • mengidentifikasi kebutuhan informasi dan teknologi informasi; 
  • mengembangkan sistem informasi manajemen;
  • menetapkan jenis informasi dan cara memperoleh data yang diperlukan;
  • menganalisis data dan mengubahnya menjadi informasi;
  • menyebarkan dan melaporkan data serta informasi;
  • melindungi kerahasiaan, keamanan, dan integritas data dan informasi;
  • mengintegrasikan dan menggunakan informasi untuk peningkatan kinerja. Walaupun komputerisasi dan teknologi lainnya dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi, prinsip teknologi informasi yang baik harus diterapkan untuk seluruh metode dokumentasi. Standar ini dirancang untuk digunakan pada sistem informasi berbasis kertas serta elektronik.
Informasi rumah sakit terkait asuhan pasien sangat penting dalam komunikasi antar PPA, yang didokumentasikan dalam Rekam Medis. Rekam medis (RM) adalah bukti tertulis (kertas/elektronik) yang merekam berbagai informasi kesehatan pasien seperti hasil pengkajian, rencana dan pelaksanaan asuhan, pengobatan, catatan perkembangan pasien terintegrasi, serta ringkasan pasien pulang yang dibuat oleh Profesional Pemberi Asuhan (PPA). Penyelenggaraan rekam medis merupakanproses kegiatan yang dimulai saat pasien diterima di rumah sakit dan melaksanakanrencana asuhan dari PPA. Kegiatan dilanjutkan dengan penanganan rekam medis yang meliputi penyimpanan dan penggunaan untuk kepentingan pasien atau keperluan lainnya.

Dalam pemberian pelayanan kepada pasien, teknologi informasi kesehatan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas, efisiensi dan keamanan dalam proses komunikasi dan informasi.

Standar Manajemen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan ini berfokus pada:
  1. Manajemen informasi
  2. Pengelolaan dokumen
  3. Rekam medis pasien
  4. Teknologi informasi kesehatan (TIK)
Bagi Yang menginginkan File pokja MRMIK standar kemenkes 2022 mulai dari regulasi sampai implementasi silahkn whatsapp 081242949477

Iwansyah
Iwansyah Seorang Penulis Pemula Yang Mengasah Diri Untuk Menjadi Lebih Baik

1 comment for "File Lengkap Pokja MRMIK Standar Kemenkes 2022"